Kenapa Harus Reset Meteran Pulsa Listrik?

Beberapa hari yang lalu ada petugas PLN yang datang ke rumah. Awalnya mama yang menghadapi mereka dan menjawab pertanyaan yang diberikan. Sayangnya mama ngga ngerti mereka ngomong apaan. Untungnya saya ada di rumah dan bisa menjawab pertanyaan mereka.

Sebenarnya mereka nanya simpel saja. Apakah saya baru-baru ini ada membeli pulsa listrik dan belum memasukkan kodenya ke meteran listrik. Saya jawab saja tidak. Saya pun bertanya mengapa mereka menanyakan hal tersebut.

Rupanya petugas PLN akan melakukan reset pada meteran pulsa listrik di rumah saya. Takutnya jika ada kode pulsa listrik yang belum sempat dimasukkan, malah hangus jadinya jika langsung dilakukan reset, kan sayang. Berhubung saya menjawab tidak, maka petugas pun bisa melaksanakan tugas mereka tanpa khawatir.

Saya pun bertanya, kenapa harus dilakukan reset?

Menurut petugas reset meteran pulsa listrik harus dilakukan minimal setiap lima tahun sekali. Jika tidak, maka nanti saya tidak bisa melakukan isi pulsa. 

Kemudian saya tanya lagi, darimana mereka tahu bahwa meteran pulsa listrik saya harus direset? Rasanya saya belum sampai lima tahun tinggal di rumah ini.

Kata petugas, mereka mendapatkan data meteran mana saja yang harus dilakukan reset. Dengan kata lain mereka hanya menjalankan tugas. Lagi pula, meski saya belum lima tahun menggunakan meteran ini, usianya bisa jadi sudah lima tahun sejak pertama kali dibuat.

Saya tanya lagi, apakah hanya meteran pulsa listrik yang direset, atau meteran listrik pasca bayar juga?

Petugas bilang, kalo meteran listrik pasca bayar, tombol mana yang harus ditekan. Saya pun ber-oh ria saja.

Saya pribadi sih iseng bertanya sekedar tahu saja. Karena sebelum dan sesudah mereka melakukan reset pada meteran pulsa listrik di rumah saya, tidak terjadi perubahan yang berarti. Pun ketika proses reset dilakukan saya masih bisa beraktivitas seperti biasa. Prosesnya tidak sampai lima menit.

Berhubung saya masih penasaran, saya pun browsing sedikit tentang reset meteran pulsa listrik ini. Menurut artikel yang saya baca, gunanya untuk mengatasi jika ada error. Dengan kata lain reset ini memang bagus dilakukan secara berkala. Tentu saja saya ngga mau mikir dan biarkan petugas PLN yang melakukannya.

8 comments

  1. Waahh bermanfaat nih mbak saya jadi tahu...Meski dirumah tidak memakai listrik pulsa tetapi setidaknya bisa buat tambah wawasan. Soalnya ditoko aku meterannya pakai yang pulsa. Malah belum pernah direset..😳😳

    Nanti aku mau coba2 tanya sama orang Pln deh tentang cara reset meteran.😊😊 Thanks mbak atas infonya.😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga bermanfaat. Saya juga baru tahu karena ada petugas yang datang. Memang lebih baik tanya orang PLN langsung, takutnya salah pencet sendiri malah error :)

      Delete
  2. Aku pakai listrik yang pakai pulsa, jadi tiap lima tahun sekali harus direset biar tidak eror ya mbak.

    Tapi aneh, aku sudah pasang listrik itu sejak 9 tahun lalu belum ada petugas yang datang. Semoga saja tidak eror sih.

    Btw, misalkan pas mau direset tapi di meteran listrik masih ada itu gimana, apakah akan ikutan hilang atau biasa lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komentator di bawah ada yang meterannya sampai error lo. Mending ditanya saja kalo ada kenalan orang PLN, supaya lebih jelas.

      Listrik yang masih ada di meteran tidak hilang kok, masih aman. Mungkin ibarat spedometer di sepeda motor yang direset jadi nol, bensin tetap aman, ;)

      Delete
  3. aku meterannya ngga pake pulsa listrik nih :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik, masih dapat listrik gratis dong kemarin :)

      Delete
  4. Betul itu mbak, reset meteran itu penting. Saya sendiri pernah mengalami kejadian tidak bisa isi ulang pulsa listrik karena meteran uadah lama pakai dan gak pernah di reset. Akhirnya saya hubungi petugas dan dilakukan penggantian meteran secara gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sudah ada yang berpengalaman. Mungkin tidak mutlah harus lima tahun ya, tapi jika sudah lama memang perlu direset supaya tidak error.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon