Pengalaman, Salah Isi Informasi Pajak Adsense?

Beberapa hari terakhir, sedang ramai di grup membicarakan tentang informasi pajak adense youtube. Banyak youtuber yang telah memperoleh email pemberitahuan. Saya yang bukan youtuber dan hanya mengandalkan adsense blog saja tidak memperoleh email serupa. Namun tak ada salahnya membuka beranda adsense untuk memastikan.


Ternyata juga ada notifikasi terkait informasi pajak di beranda adsense saya. Begitu notifikasi tersebut diklik, saya langsung sampai ke halaman untuk mengisi informasi pajak. Di sana dinyatakan youtuber mungkin akan kesulitan menerima pembayaran jika informasi pajak tersebut tidak diisi. Meskipun bukan youtuber, saya memutuskan untuk tetap mengisinya. Tidak lupa saya siapkan kartu NPWP terlebih dahulu jika diperlukan.

Video Mengisi Informasi Pajak di Youtube

Berhubung menggunakan bahasa Indonesia, semestinya mudah saja cara memahami kolom isian tersebut. Tapi semakin ke bawah, saya ragu harus mengisi apa. Dari pada salah, saya pun kembali ke forum di grup untuk mencari info.

Ada seseorang yang membagikan link video Youtube tentang cara mengisi informasi pajak yang benar. Saya lihat video itu baru beberapa hari dan sudah ditonton ribuan kali. Saya pun mengisi informasi pajak sesuai video tersebut.

Akhirnya, saya berhasil mengisi informasi pajak dan langsung disetujui. Saya juga memperoleh email dari Google Payments tentang informasi pajak yang telah disetujui.

informasi pajak adsense

Tapi setelah dilihat lagi hasilnya di beranda adsense, kok ada yang janggal ya. Di sana tertulis bahwa saya akan dikenakan pajak sebesar 30%. Bukannya tujuan saya mengisi informasi pajak supaya tidak kena pajak atau minimal pajak dengan nilai yang rendah. Apa yang salah?

Saya pun tersadar bahwa selama mengisi informasi pajak mengikuti tutorial tersebut, saya tidak memasukkan NPWP sama sekali.

Saya kembali ke video tutorial untuk memastikan kesalahan. Begitu saya lihat komentar teratas di video tersebut, ternyata itu adalah cara mengisi informasi pajak tanpa NPWP. Ya, salam.

Saya pun mencari video lain di Youtube tentang cara memasukkan NPWP di informasi pajak adsense. Ternyata caranya berbeda dengan video yang saya tonton sebelumnya. 

Meski begitu, saya baru saja selesai mengisi informasi pajak tanpa NPWP dan sudah disetujui. Bisakah dirubah?Apa yang harus saya lakukan?

Membuat Informasi Pajak Baru

Informasi yang sudah dikirim, tidak bisa diedit. Jika ingin merubahnya, saya harus mengirimkan informasi pajak ulang. Daripada nanti-nanti, saya putuskan untuk merubahnya saat itu juga.

Kali ini saya memasukkan nomor NPWP pada kolom TIN Asing. Saya juga memilih perjanjian pajak dengan potongan pajak paling ringan. Sedangkan untuk informasi lainnya, tidak ada yang saya rubah. Saya mengisi informasi pajak sesuai tutorial si youtube tentang cara mengisi NPWP di informasi pajak adsense.

Setelah memastikan semua informasi benar, saya pun menekan tombol kirim. Informasi pajak saya pun disetujui. Email persetujuan juga saya terima.

Kali ini, untuk Youtube, nilai pajaknya hanya 10%. Sedangkan untuk adsense blog pajaknya 0%. Sudah sesuai dengan yang saya harapkan.

Haruskah Adsense Blog Mengisi Informasi Pajak?

Sebagai pemilik blog, saya memang tidak mendapat email terkait informasi pajak ini. Tapi berhubung ada notifikasi di beranda adsense, menurut saya tidak ada salahnya untuk diisi. Lagi pula, dengan mengisi informasi pajak dengan NPWP, pemilik blog adsense bisa memilih biaya pajak sebesar 0%.

Pakai NPWP atau tidak?

Mau pakai NPWP atau tidak, keduanya bisa dilakukan, pilihannya tersedia. Hanya saja, jika kita memasukkan NPWP, nilai pajak yang harus dibayarkan ke Amerika bisa dikurangi.

Jika keduanya mengharuskan membayar pajak, saya pikir lebih baik membayar pajak ke negara sendiri. Ketika NPWP tidak diisi 30% pajak masuk ke Amerika. Sedangkan saat pakai NPWP hanya 10% ke sana. Sisanya tergantung kebijakan negara, tapi tetap masuk ke negara sendiri.

Bagi yang ingin mengisi informasi pajak, sebaiknya baca berbagai info dulu. Nonton tutorialnya pun jangan cuma satu. Jangan sampai salah isi dan harus mengulang seperti saya. Untung saja prosesnya tidak ribet dan bisa diperbaiki hari itu juga. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Post a Comment

10 Comments

  1. Ya beberapa hari ini saya lihat di grup-grup Facebook pajak adsense ini lagi banyak dibahas tapi saya tak pernah memperhatikannya soalnya tak punya adsense

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo begitu cukup sekedar tahu saja ya. Saya sendiri, sebagai pengguna adsense, mau tidak mau, harus memperhatikannya.

      Delete
  2. Makasih banget informasi lengkapnya buguru.😊😊

    Ada beberapa blog yang belum saya cek adsensenya karena beda2 email..😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas.

      Wih, banyak nih blognya. Banyak juga pemasukannya, hehe.

      Delete
  3. Coba saya cek beranda adsense ah, apakah ada pemberitahuan informasi pajak atau tidak, tapi email pemberitahuan tidak ada sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga ngga dapat email. Tapi ada notif nya pas buka beranda adsense. Tak ada salahnya dicek.

      Delete
    2. Sudah aku cek ke beranda adsense dan tidak ada pemberitahuan, mungkin admin adsense nya kasihan karena aku kalo terima pembayaran setahun lebih.😂

      Delete
    3. Selamat, berarti ngga perlu ribet mikirin. Mungkin saya dapat notif karena adsensenya pernah dikaitkan dengan Youtube, walau akhirnya nonaktif karena tidak memenuhi syarat.

      Semangat Mas, Semoga tahun ini bisa PO.

      Delete
  4. Ane adsense blog faqot. Apa kah isi. Kmren ane abaikan di dashboard 😂 di email g tau dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih kebetulan lagi rajin, jadi diisi aja. Yang diutamakan memang youtuber.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar