Wajar, Situs Bisa Down atau Maintenance

Banyak hal yang semestinya sudah saya lakukan sejak beberapa waktu yang lalu namun baru hari ini saya melaksanakannya. Diantaranya adalah membuka situs info GTK untuk memprint beberapa data. Dan mungkin saat ini saya sedang tidak beruntung. Begitu saya mencoba login, saya menemui halaman Maintenance.


Padahal berkas tersebut rencananya ingin saya gunakan besok. Jika hari ini tidak bisa diprint, maka rencana ini pun akan kembali tertunda.

Sebenarnya salah saya juga. Meskipun baru mau dipakai besok, semestinya sudah saya print sejak jauh-jauh hari. Toh selama ini situsnya baik-baik saja. Pas, hari ini saya ada perlu situs malah sedang maintenance.

Tapi jangankan situs punya pemerintah yang memang kadang perlu maintenance sewaktu-waktu. Situs layanan Google saja bisa down seperti beberapa hari yang lalu. Padahal down nya tidak sampai satu jam, tapi semua layanan yang berhubungan dengan Google seperti Youtube, Gmail, Drive dan lain sebagainya tak bisa diakses. Mau login game online menggunakan Gmail pun tidak bisa.

Tapi dibalik itu semua, tentu yang harus diapresiasi adalah kerja keras tim dibalik proses dalam mengatasi kejadian tersebut. Kurang dari satu jam layanan Google sudah bisa diakses kembali. Tentu saja sebagai perusahaan besar mereka harus mempertahankan kualitas.

Hal ini tentu tidak bisa disamakan dengan situs biasa yang maintenance nya bisa beberapa hari. Atau mungkin game online yang kadang butuh beberapa jam. Saya hanya bisa berharap situs GTK bisa segera dibuka dan saya bisa login.

Bagaimana dengan blogger?

Untuk blog ini yang masih berbasis di blogspot, saya sepenuhnya masih bergantung pada Google agar masih bisa online.

Justru saya sebagai orang dibalik blog ini atau sang blogger yang sepertinya memerlukan maintenance. Salah satu di antaranya saya bisa menghilang lebih sebulan dari dunia blogging. Mungkin ini adalah artikel pembuka setelah saya mengalami maintenance.

1 comment

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon