Perlukah Update Aplikasi di Android?

Di antara beberapa keluhan yang saya temukan di Play Store adalah aplikasi error setelah diupdate. Padahal pengembang menyarankan pengguna untuk selalu menggunakan versi yang paling update. Jadi perlukan pengguna mengupdate aplikasi di android dengan versi terbaru?

Sewaktu HP android saya masih baru dan memory nya masih banyak, saya selalu rajin melakukan update aplikasi dengan versi terbaru. Sekarang karena memory HP sudah terbatas, saya jarang sekali melakukan update aplikasi.


Menurut saya pribadi, update aplikasi bukanlah kewajiban, namun suatu pilihan. Ada beberapa alasan pengguna tetap menggunakan versi lama, namun dalam beberapa keadaan tertentu pengguna memilih untuk mengupdate dengan versi terbaru.

Beberapa Alasan Untuk Tidak Update Aplikasi di Android

1. Memory HP terbatas

Ini adalah alasan utama saya malas mengupdate berbagai aplikasi yang saat ini terinstal di HP saya. Pada saat kita melakukan update aplikasi, biasanya versi terbaru ukurannya lebih besar daripada versi lama. Hal ini akan membuat memory HP semakin banyak terpakai. Maka saya memilih untuk tidak mengupdate aplikasi.

2. Versi Lama Masih Bagus

Update biasanya dilakukan untuk menambahkan fitur baru atau pun memperbaiki bug pada versi sebelumnya. Saat saya merasa aplikasi lama masih bagus untuk digunakan, saya merasa tidak perlu untuk mengupdate aplikasi. Maka saya cukup bertahan dengan versi lama.

3. Versi Baru Tidak Kompatibel dengan HP Lama

Beberapa aplikasi, ketika melakukan update tentu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Akibatnya malah menjadi tidak kompatibel dengan HP keluaran lama. Oleh karenanya, pengguna HP lama malas melakukan update.

4. Setelah Update Sulit Untuk Downgrade

Aplikasi resmi, biasanya didownload lewat Play Store. Versi yang tersedia di sana tentunya adalah versi terbaru. Ada kalanya setelah melakukan update pengguna merasa tidak puas dan ingin kembali ke versi sebelumnya. Sayangnya, untuk kembali ke versi sebelumnya tidaklah mudah. Mau tidak mau harus mencarinya dari penyedia aplikasi luar.

Beberapa Alasan Untuk Melakukan Update Aplikasi di Android

1. Versi Lama Sudah Tidak Bisa Digunakan

Beberapa update yang dilakukan pengembang mengharuskan pengguna untuk mendownload update ke versi terbaru. Biasanya pernah saya alami pada aplikasi WhatsApp dan BRI moble banking. Karena kedua aplikasi tersebut penting untuk saya gunakan, maka mau tidak mau saya pun harus melakukan apdate ke versi terbaru

2. Ingin Menikmati Fitur Baru

Meskipun versi lama masih bagus, beberapa fitur baru tentu hanya bisa digunakan pada aplikasi versi terbaru. Mau tidak mau, jika ingin menikmati fitur ini saya pun melakukan update pada aplikasi yang saya gunakan. Misalnya pada aplikasi BNI mobile banking beberapa waktu yang lalu.

3. Aplikasi versi lama sudah kurang responsif

Saya memang sudah lama tidak melakukan update aplikasi. Beberapa aplikasi pun jarang digunakan. Termasuk aplikasi Shopee beberapa waktu yang lalu. Alasan utamanya karena aplikasinya sangat lambat. Namun ternyata, setelah saya melakukan update, aplikasi menjadi lebih lancar digunakan. 

Demikianlah berbagai alasan untuk melakukan update atau pun tidak. Pilihan tetap di tangan pengguna. Apakah kamu selalu melakukan update aplikasi di android? Tulis di kolom komentar ya.

3 comments

  1. Hemm kadang saya juga tidak update aplikasi Nisa.. alasannya sama dengan yang sudah disebutkan di atas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kita samaan ya, jarang melakukan update aplikasi. Yang penting masih bisa dipake, hehe 😅

      Delete
  2. Aku tim yang selalu update aplikasi, Kak hahaha. Namun, ada beberapa aplikasi yang aku prioritaskan untuk diupdate terlebih dahulu seperti aplikasi-aplikasi yang sering dipakai. Kalau yang jarang dipakai, updatenya nanti-nanti kalau udah agak lama 😂

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon