Berapa Biaya Administrasi SMS Notifikasi Bank?

Salah satu SMS yang disukai mungkin adalah SMS notifikasi dari bank yang menyatakan bahwa ada uang masuk. SMS notifikasi adalah salah satu layanan perbankan berupa pesan singkat yang memberitahukan akan adanya suatu transaksi. Transaksi ini bisa berupa uang keluar, maupun uang masuk.


Tidak semua transaksi akan menghasilkan SMS notifikasi. Biasanya hanya transaksi dengan jumlah yang besar, misalnya lebih dari dua ratus ribu rupiah. Adapun transaksi kurang dari nilai tersebut biasanya tidak menerima notifikasi SMS. Angka batas minimal biasanya ditentukan oleh bank atau sesuai permintaan nasabah.

Jika biasanya biaya SMS ditanggung oleh pengirim pesan, maka biaya SMS notifikasi ditanggung oleh penerima pesan atau nasabah. Biayanya bervariasi tergantung provider dari d kartu SIM yang digunakan.

Baru-baru ini, ada perubahan pada biaya SMS notifikasi. Jika sebelumnya biaya diambil dari pulsa penerima, kini biayanya berupa potongan debit dari saldo rekening.

1. Bank Muamalat

Saat sedang mengecek mutasi rekening di mobile banking, saya menemukan dua buah notifikasi yang dengan keterangan biaya administrasi SMS notifikasi.

Biaya SMS notifikasi ini muncul beberapa hari setelah transaksi. Pada mutasi pertama saya telah menerima sebuah SMS notifikasi sehingga biaya adminya sebesar Rp 500. Sedangkan pada mutasi kedua saya telah menerima dua buah SMS notifikasi, sehingga biaya adminnya sebesar Rp 1000.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa biaya administrasi untuk setiap SMS notifikasi sebesar Rp 500.

2. Bank BRI

Sama halnya dengan Bank Muamalat, BRI juga memotong saldo rekening untuk biaya administasi SMS notifikasi. Riwayat mutasinya bisa dilihat lewat aplikasi internet banking di aplikasi BRI mobile. Untuk keterangan lebih lengkap bisa dilihat di internet mobile banking melalui web.

Berapa Biaya Administrasi SMS Notifikasi Bank?

Biaya administasinya setiap SMS notifikasi adalah sebesar Rp 500. Biaya administasi ini muncul di mutasi rekening beberapa hari setelah SMS notifikasi diterima.

3. Bank BNI Syariah

Untuk BNI Syariah yang saya gunakan, sampai saat ini tidak membebankan biaya administrasi SMS notifikasi ke saldo rekening. Dengan begitu biaya SMS notifikasi masih dibebankan pada pulsa nomor HP penerima SMS notifikasi.

Saya menggunakan kartu As Telkomsel. Biaya untuk menerima sebuah SMS notifikasi dari BNI Syariah sebesar Rp 660. Meskipun saya menggunakan BNI Syariah, kemungkinan hal ini juga berlaku untuk BNI biasa.

Potong Saldo atau Pulsa?

SMS notifikasi adalah salah satu layanan perbankan yang tidak gratis. Nasabah dikenakan biaya untuk setiap SMS notifikasi yang diterima. Berhubung saya hanya menerima SMS notifikasi dari ketiga bank yang saya gunakan tersebut, maka hanya ketiga bank tersebut yang bisa tuliskan. Namun secara umum menurut saya kurang lebih saja dengan bank-bank di atas. 

Jika membandingkan antara potong saldo atau pulsa, saya lebih suka potong saldo rekening. Karena biayanya lebih murah meski selisihnya tidak banyak. Selain itu, kekurangan potong pulsa adalah SMS notifikasi tidak bisa masuk jika nomor HP penerima sedang tak ada pulsa. Meski begitu, potong pulsa juga berguna bagi nomor HP dengan saldo berlebih yang jarang digunakan.

Sebagai nasabah pengguna layanan bank, memang sulit terlepas dari berbagai biaya administrasi. Apalagi rekening yang memang sering digunakan untuk berbagai transaksi. Jika ingin bebas potongan ada jenis tabungan yang bisa digunakan seperti tabunganku. Tentu saja layanannya pun juga terbatas. Pilihan ada di tangan nasabah untuk menggunakan yang mana.

6 comments

  1. karena itulah supaya saya gak kena SMS notifikasi dari BNI syariah, pulsa saya sering dikosongkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ngga pernah ngosongin pulsa. Lagi pula saya kan memang nunggu notifikasi. 😂😂
      Anggap saja potongan pulsanya biar memperpanjang masa aktif kartu, hehe.

      Delete
  2. Bank konfensional emang gak sebeerani bank digital seperti Jenius, Digibank dll yang SMS notifikasinya gratististis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ngga pake digibank dan belum pernah dapat sms notifikasi dari jenius. Jadi ngga bisa komentar. Mas Adin nasabah ya, tentu lebih banyak pengalaman.

      Delete
  3. Aku pakai Indosat, memang kalo ada info saldo masuk biasanya pulsa kena potong 600. Biasanya memang ada notif kalo saldo yang masuk diatas 500 ribu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai rekening apa Mas? Apakah BNI juga? Soalnya BRI sekarang sudah tidak potong pulsa lagi.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon