Untungnya Ada Autosave di Blogger

autosave
Saat kuliah dan mulai sering memegang laptop, ada satu shortcut yang selalu saya ingat, yaitu ctrl+s yang berguna untuk menyimpan. Mengapa hal ini menjadi penting? Karena saya tidak mau apa yang saya tulis tiba-tiba hilang sebelum saya berhasil menyimpannya.

Hal ini bukan sekali dua dialami oleh teman saya. Saat sedang asik menulis tugas kulias di Microsoft Word, tiba-tiba aplikasi yang digunakannya tertutup. Entah karena laptop yang tiba-tiba mati atau pun hal lainnya. Rasanya nyesek banget setelah cape-cape mengetik dan kemudian, blash, semua menghilang.

Biasanya hanya bisa berharap pada autosave di Ms Word. Sayang autosave pun kadang tidak menyimpan banyak.

Saat mulai aktif ngeblog, saya menemukan fitur baru di Microsoft Office, yaitu Microsoft OneNote. OneNote ibarat sebuah folder yang berisi banyak buku. Sangat mudah untuk pengorganisasian. Kelebihan utamanya bagi saya adalah saya tidak perlu tombol save untuk menyimpan apa yang saya tulis. Semua yang saya ketik akan langsung tersimpan secara otomatis.

Oleh karenanya, saya sangat suka menulis artikel di MS OneNote sebelum diposting ke blogger. Saya lebih fokus menulis di OneNote karena tidak terganggu dengan internet. Selain itu saya pun jadi punya backup terhadap artikel blog yang saya tulis. Saya juga membuat folder khusus untuk setiap blog yang saya miliki.

Hanya saja, saya bukan orang yang menyalakan laptop setiap hari. Ada kalanya ide itu datang dan saya sedang ada waktu luang. Saya pun mulai rajin menulis langsung di beranda blogger secara online. Apalagi tampilan baru blogger benar-benar memudahkan untuk menulis artikel lewat layar HP.

Dulu, alasan lain saya tidak menulis langsung di beranda blogger adalah perkara jaringan. Pernah suatu ketika saya menulis langsung di blogger. Rupanya jaringannya sedang jelek. Apa yang saya tulis pun hilang melayang tanpa sisa. Karenanya saya lebih suka menulis offline di MS OneNote.

Sekarang, jaringan internet sudah lebih stabil. Apalagi dengan adanya blogger baru. Ketika saya menulis artikel langsung di blogger apa yang saya tulis akan otomatis langsung tersimpan. Saya tidak perlu mengklik tombol save untuk menyimpan apa yang saya tulis. Walau kadang saya masih melakukannya di akhir tulisan untuk kenyamanan hati.

Dengan adanya autosave di blogger, saya merasa lebih nyaman saat menulis artikel di blogger. Saya tidak lagi merasa was-was apa yang saya tulis tiba-tiba menghilang. Oleh karenanya, beberapa artikel di blog ini dihasilkan dari ketikan di HP saja.

Namun masih ada satu hal yang saya sayangkan. Kolom komentar belum memiliki fitur autosave. Entah berapa kali saya menulis komentar panjang namun tak sempat diposting malah hilang karena jaringan atau chrome di HP yang menutup tiba-tiba. Biasanya kalo sudah begitu, saya merajuk dan tak jadi menulis komentar.

Mungkin autosave memang belum bisa diterapkan pada semua hal. Tapi saya bersyukur dengan adanya autosave di blogger. Setidaknya bisa meningkatkan motivasi saya untuk menulis.

Bagaimana dengan teman-teman? Di mana menulis biasanya?

2 comments

  1. Hi Kak Nisa, aku dari tahun lalu saat kembali menulis di blog, lebih sering ngetik di hp pakai app Blogger Pro Free. App itu nyaman dipakai, nggak ada auto-save sih tapi nggak pernah crash jadi tenang kalau ngetik.
    Tapi aku juga ngerasa bahwa web blogger di hp sekarang udah lebih baik, apalagi dengan adanya fitur auto-save. Aku ngerasain banget manfaat fitur ini walaupun keseringan masih sama seperti kakak, menekan tombol "save" buat jaga-jaga siapa tahu nggak kesimpan hahaha tapi fitur ini bermanfaat banget.
    Semoga ada fitur auto-save juga buat komentar karena aku juga suka kesal ketika udah mengetik panjang lebar lalu nggak ke post karena internet error, jadi harus ngetik ulang lagi, kan malas dan udah keburu lupa habis nulis apa tadi 😂😂
    Kalau di beberapa blog basis WP yang pernah aku lihat, bisa auto-save gitu, jadi pas kita klik tombol back, komentar kita masih ada di box. Enak ya kalau kayak gini hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru tahu ada aplikasi Blogger Pro Free. Ngga pernah make. Seringnya langsung ngetik di web, tapi di HP.

      Emang nyebelin banget, kalo sudah nulis panjang-panjang, terus hilang. Kalo sudah lupa, saya jadinya komentar pendek aja 😅

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon