Program Relationship Officer BCA Simak Syarat dan Ketetentuannya

Dalam dunia perbankan, penyaluran kredit, bahkan dalam koperasi, seringkali dilakukan sebagai Relationship Officer. Yang dimaksud dengan relationship officer adalah jabatan di perusahaan keuangan atau perbankan yang berkaitan langsung dengan dunia pemasaran.

Jika dilihat secara mendalam, arti penting dari seorang Relationship Officer adalah posisi yang tugasnya membangun hubungan yang merupakan cara untuk menjaga hubungan yang baik.

Sedangkan yang dimaksud dengan relationship officer adalah jabatan atau departemen yang tugasnya menjaga hubungan baik dengan klien korporasi di dunia perbankan, baik secara internal maupun eksternal di dalam perusahaan.


Perlu Anda ketahui bahwa Relationship Officer sering kali digolongkan sebagai Marketing Officer dan Reseller, yang sangat bergantung pada operasional perusahaan serta aktivitas yang terlibat dalam penjualan produk perusahaan.

Skill yang Harus Anda Kuasai Sebagai Syarat Menjadi Relationship Officer

1. Memiliki Pemahaman Analisis Pasar yang Kuat
2. Memiliki Pemahaman Sales dan Marketing
3. Mampu Menjaga Hubungan Baik
4. Berorientasi Pad Target
5. Menguasai Analisis Risiko Bisnis Kredit
6. Menguasai Produk Perusahaan
7. Menguasai Komputer dan Software
8. Berperilaku Baik dan Sopan
9. Memiliki Skill Public Speaking

Pentingnya Relationship Officer

Kemajuan industri Komunitas di suatu negara memiliki pengaruh yang besar terhadap kemajuan ekonomi negara tersebut. Perbankan merupakan salah satu industri yang berperan penting dalam perkembangan perekonomian negara dan itu dilakukan oleh relationship officer. BCA sebagai salah satu industri di bidang ini memiliki peran dalam memberikan dukungan finansial.

Untuk memenuhi peran tersebut, BCA membutuhkan Relationship Officer yang kompeten dalam menjalankan tugasnya. Beberapa  fungsi tersebut seperti pemasaran, menganalisis kemungkinan pemberian kredit kepada calon debitur, memantau likuiditas pembayaran kembali debitur, dan kemampuan menjalin hubungan baik dengan nasabah. 

Yang terpenting adalah untuk selalu memberikan solusi keuangan kepada nasabah sesuai dengan masalah dan kebutuhan mereka. BCA membuka Program Relationship Officer BCA yang bisa anda ikuti dengan syarat sebagai berikut.

Lulusan S1 dengan IPK min 2.75

Usia maks 24 tahun 

Memiliki minat di bidang kewirausahaan

Menyukai dunia marketing 

Memiliki kemampuan analisa yang baik 

Memiliki kemampuan interpersonal yang  baik 

Mampu bekerja di bawah tekanan 

Bersedia tidak menikah selama 1  tahun 

Bersedia menjalani ikatan dinas

Alur Seleksi Program Relationship BCA

1. Seleksi Administrasi

Pertama-tama, Anda dapat memasukkan identitas lengkap dan benar Anda di formulir pendaftaran untuk mendaftar sebagai relationship officer BCA.

2. Tes Online

Setelah menyelesaikan pengisian data, Anda akan diarahkan ke tes keterampilan dan kepribadian online.

3. Wawancara Rekrutmen

Setelah melewati tahap pengujian online, Anda akan melakukan sesi wawancara tim rekrutmen relationship officer BCA secara online maupun offline.

4. Wawancara User

Setelah melewati tahap wawancara rekrutmen, Anda akan melakukan sesi untuk wawancara user yang nantinya akan menjadi atasan Anda.

5. Tes Kesehatan

Terakhir yaitu Anda akan dipanggil kembali untuk melakukan tes kesehatan jika Anda telah dinyatakan lolos wawancara user.

Dalam program relationship officer BCA anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan seperti perkembangan produk dan info bisnis yang selalu update, jenjang karir yang stabil, dan banyaknya reward sesuai dengan pencapaian anda.

Setelah mengerti apa itu relationship officer mulai dari pengertian tugas dan skill apa saja yang harus dimiliki maka anda akan lebih mudah mempersiapkan apa saja yang harus dipersiapkan untuk menjadi relationship officer yang handal.



0 Comments

Post a Comment

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar