Present Continous Tense dalam Bahasa Inggris

Present continous tense digunakan untuk tindakan yang terjadi sekarang atau untuk tindakan yang belum selesai. Tense ini juga digunakan saat aksi bersifat sementara. Rumus yang digunakan untuk membentuk kalimat present continuous tense adalah:

S + Am/Is/Are + Verb –ing (Continuous Form)

Present continuous tense dibentuk dengan subjek ditambah bentuk partikel saat ini (-ing) dari kata kerja utama dan present continuous tense dari kata kerja menjadi: am, is, are. Salah satu contoh sederhana dari kalimat ini adalah: Dia sedang berenang. "He" adalah subjeknya, "is" adalah present tense dari kata kerja to be dan "swimming" adalah kata kerja present participle. Beberapa bentuk lain dari bentuk kata kerja ini yaitu  “I am singing at church today” “The boys are playing ball after school”.


Selain itu berikut ini adalah contoh dasar dari penggunaan present continuous tense. Bentuk kata kerja di setiap kalimat digarisbawahi :

  • The baby is sleeping in his crib.
  • We are visiting the museum in the afternoon.

Present continuous tense dapat digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang sedang terjadi saat ini atau untuk mengungkapkan sesuatu yang tidak sedang terjadi saat ini. Contoh penggunaan ini meliputi:

  • You are not watching the movie.
  • Rose is not reading a book.

Present Continuous Tense juga dapat digunakan untuk menunjukkan bahwa sesuatu akan atau tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Contoh penggunaan ini meliputi:

  • Are you visiting your cousin this weekend?
  • Is John playing football today?

Dari semua contoh dan penjelasan yang diberikan, kamu dapat menarik garis Pentingnya present continuous tense. Seperti yang Anda lihat, present continuous tense paling sering digunakan dalam tata bahasa Inggris untuk mendeskripsikan tindakan berkelanjutan, sesuatu yang belum selesai. Tense ini juga penting karena merupakan struktur kalimat sederhana yang dapat menunjukkan tindakan atau peristiwa yang terjadi saat ini, di masa mendatang, atau terkadang bahkan di masa lalu. Nah, bagaimana? Apakah saat ini kamu sudah merasa wawasanmu bertambah? Jika kamu ingin lebih banyak tau dan belajar lebih luas kamu bisa mengikuti program les bahasa Inggris EF sesuai dengan kebutuhanmu.

2 comments

  1. Pasti sangat bermanfaat pembelajaran seperti ini Nisa.. Malah kupikir, dengan profesimu sebagai guru, mengisi blog dengan materi seperti ini juga akan sangat membantu proses belajar seseorang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin Bahasa Arab, sekarang Bahasa Inggris ya, Pak, hehe 😂😂

      Kadang saya merasa kurang lancar kalo menulis pelajaran, biasa ngomong 😅

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon