Menggunakan Emoticon di Komentar Blog

Emoticon
Pertama kali saya mengenal emoticon yaitu ketika saya mulai terbiasa mengirim pesan lewat WhatsApp. Ada banyak pilihan emoticon di sana. Penggunaan emoticon saat mengirim pesan memberikan kesan lebih akrab.

Adapun untuk komentar di blog, biasanya saya menulis komentar flat saja. Cukup dengan hurup. Kadang-kadang saja menggunakan karakter untuk membuat gambar senyum. 

Sampai saya melihat beberapa blog yang memberikan pilihan emot di kolom komentar. Saya pun mulai menggunakan template yang memberikan pilihan emot. Waktu itu kalau tak salah masih menggunakan template dari Arlina.

Meskipun fitur tersebut disediakan, saya sendiri jarang menggunakannya. Ribet, mungkin itulah pendapat saya. Saya sendiri terbiasa blogging dan menulis komentar menggunakan laptop. Bagi saya keyboard laptop itu memang paling enak untuk mengetik huruf dan angka. 

Sampai akhirnya saya mulai sering membaca blog dan berbalas komentar menggunakan smartphone. Keyboard di HP memberikan banyak pilihan emoticon. Tak perlu kode khusus. Tinggal diklik dan langsung muncul di kolom komentar. Persis saat menulis pesan di WA.

Saat ini, saat membaca kolom komentar, adalah hal yang lumrah saat melihat banyaknya penggunaan emot. Meskipun tidak ada panduan penggunaan emot di kolom komentar. 

Jika saya perhatikan emot yang muncul cukup bervariasi. Tipe emot yang muncul sepertinya tergantung keyboard yang digunakan oleh pembuat komentar. Di sisi lain template yang digunakan juga mempengaruhi tampilan emot.

Pernah saya menggunakan emot yang sama di blog yang berbeda. Tampilan emotnya pun bisa berubah. Namun berubah di sini tidak signifikan. Ibarat emot tersenyum tetap tampil tersenyum. Hanya mungkin di blog A tampilan wajahnya lebih bulat dari pada di blog B. 

Pernah juga melihat emot yang berupa tanda tanya doang. Rupanya ada juga orang yang kesulitan saat menulis emot. Menurut salah seorang teman blogger, hal ini berhubungan dengan IP adresss, chaced, dll. Ternyata perkara emot ini tidak mudah.

Saya sendiri kadang mulai menggunakan emot saat menulis komentar. Terutama jika saya menulis lewat HP. Tapi jika menulis pake laptop, saya terlalu malas untuk memikirkan kodenya.

Menulis emot di blog sebenarnya tidak hanya terbatas di kolom komentar saja. Ada juga blogger yang sering memasukkan emot dalam artikel yang ditulis seperti Creameno. Kadang saya mikir sendiri, Mba Eno ngetiknya pake HP atau laptop. Kalo pake laptop, gimana memasukkan emotnya, hehe.

Anyway, menurut saya, penggunaan emot di kolom komentar benar-benar membantu dalam menyampaikan ekspresi. Kolom komentar pun menjadi lebih hidup karenanya.

6 comments

  1. Betul Bu guru, saya juga kalo komentar suka menggunakan emot karena lebih hidup menurutku. Bisa mengekspresikan perasaan gitu.🙂😄😂😀🙂

    Ternyata kalo pakai laptop susah ya memunculkan emoticon, kalo di hape android mah mudah sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, di komputer susah. Atau mungkin saya yang ngga tahu menunya dimana 😅

      Kalo lewat hp android, emot mah suka pilih ☺😊😀😁😂

      Delete
  2. Kalau pakai laptop, saat ingin masukkan emot di tulisan, ada opsinya di blogspot 😁 di bar bagian atas tempat opsi tulisan miring, underline, dsb. Kalau sedang menulis di laptop, itu yang biasa aku lakukan 😁

    Btw, karena kebiasaan yang terbawa dari chat, maka dari itu ketika berkomentarpun rasanya nggak enak kalau nggak ada emot 😂 rasanya kok datar banget, karena itu, aku sering menyisipkan emot saat berkomentar agar nggak terasa datar dan jadi ada warnanya ðŸĪ­

    Emot favoritku yang ini 😂ðŸĪĢ🙈ðŸĪ­ðŸ˜ðŸĪĐðŸĨ°ðŸĪŠ wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ada pilihannya di blogspot ya, tapi ngga pernah saya pakai 😅. Soalnya ngga biasa kalo nulis artikel.

      Tapi kalo nulis komentar lwbih mudah 😄.

      Saya ngga punya tuh emot yang kepalanya miring, mungkin ngga ada di keyboard saya 😊

      Tapi itu kenapa ada yang kotak-kotak, error kah,,,

      Delete
    2. Iya, ada pilihannya Kak hahaha tapi kalau nggak terbiasa memang sulit ðŸĪĢ

      Eh? Kalau gitu emot aku ada yang tidak terdeteksi di hp Kak Nisa. Mungkin karena O.Snya belum support jadi ada emot yang tidak terbaca dan emot kepala miring juga nggak ada. Mungkin kalau di laptop bisa terbaca 😁 nggak masalah juga kalau nggak ada emot kok, emot hanya pemanis aja hahaha

      Delete
    3. Kalo terbaca di perangkat lain, berarti memang HP saya yang ngga suport. Tapi ngga masalah, maksudnya cukup tersampaikan. Atau saya perlu beli hp baru 😂

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon