Belanja Gratis Ongkir ke Luar Jawa, Benarkah?

Sudah lama tidak belanja online, karena malas buka aplikasi Shopee yang lolanya minta ampun. Hari ini saya coba mengupdate aplikasi yang memang masih pakai versi jadul tersebut. Mumpung ada kuota unlimited. Memory internal HP juga masih cukup.

Setelah diupdate, ternyata aplikasinya jadi lebih nyaman digunakan dan tidak terlalu lola lagi. Rupanya kemarin memang gara-garanya lama ngga diupdate.


Hal pertama yang saya cari adalah jas hujan wanita. Kebetulan jas hujan saya sudah sobek. Padahal September sudah masuk musim hujan. Ngga seru kan saya naik motor pake jas hujan tapi tetap kebasahan.

Sebenarnya ada banyak yang jual jas hujan di pinggir jalan. Tapi saya suka malas untuk singgah. Rasanya kurang leluasa memilih. Harganya pun tak bisa ditawar banyak. Kalo beli ke pasar atau ke mall lebih ribet lagi. Sedang tidak ingin berada di keramaian.

Setelah scrooling dan lihat-lihat, akhirnya nemu juga jas hujan yang warna dan harganya cocok. Saya sengaja mencari toko di Jawa Timur supaya ongkir ke Kalsel lebih murah. Beginilah nasib orang di luar pulau Jawa.

Di Shopee selalu ada promo gratis ongkir. Walau judulnya gratis, bagi saya yang berada di Kalimantan, tak ada ongkir yang benar-benar gratis. Yang ada cuma potongan biaya ongkir.

Setelah lama ngga belanja di Shopee, rupanya kali ini ada gratis ongkir untuk ke luar Pulau Jawa. Potongan biaya ongkirnya sampai dengan Rp 40.000. Benar-benar potongan yang besar.

Akhirnya jas hujan yang saya beli cuma dikenakan biaya ongkir Rp 12.000 sampai ke rumah. Harga ongkir semula Rp 52.000 dengan J&T dari Surabaya ke Astambul. 

Meskipun tidak benar-benar gratis, ongkir Rp 12.000 sudah benar-benar murah bagi saya. Kadang pesan Gofood aja biaya pengirimannya lebih dari itu.

Ongkir belanja online ke rumah saya memang biasanya mahal. Alasan utamanya karena saya tinggal di luar Pulau Jawa. Tentu tak bisa disamakan dengan mereka yang tinggal di Pulau Jawa dan benar-benar belanja gratis ongkir.

Oleh karenanya biasanya saya pilih seller dari Jawa Timur. Selain itu, rumah saya tidak dekat dengan Banjarmasin. Jadi, setelah sampai Banjarmasin, barang akan diteruskan ke ibukota kabupaten, baru diantar ke rumah.

Oleh karenanya, meskipun pakai kupon gratis ongkir, masih ada sisa biaya ongkir yang harus saya bayar.

Sebenarnya ada satu cara lagi supaya biaya ongkir bisa lebih murah. Yaitu dengan cara mengirim barang ke tempat kerja. Kota tempat saya bekerja jaraknya lebih dekat dengan Banjarmasin.

Tidak puas belanja sekali, saya pun masih melihat-lihat barang yang ingin dibeli. Ada softcase HP seharga Rp 15.000, motifnya cantik pula. Kebetulan flipcase HP saya sudah bulukan. Jadinya pengen beli yang baru.

Meski harganya murah, jika ditambah dengan biaya ongkir, tetap saja jadi lebih mahal. Ongkir ke rumah Rp 50.000. Jika pakai kupon gratis ongkir tersisa Rp 10.000. 

Saya pun mencoba merubah tempat pengiriman menjadi alamat kantor. Ongkir ke kantor hanya Rp 38.000. Jika pakai kupon gratis ongkir tersisa Rp 0. Saya pun memilih alamat kantor dan langsung cekout serta melakukan pembayaran dengan ShopeePay. Kali ini, benar-benar Gratis Ongkir.

Dalam sehari, saya sudah cekout dua kali. Belanja online memang bisa bikin ketagihan. Apalagi saat merasakan Gratis Ongkir yang sebenarnya.

Happy Shopping.

4 comments

  1. ah saya juga yang tinggal di Bandung, Jawa, rasanya baru 1 kali aja bener-bener dapet gratis ongkir. selain itu mah masih dikenakan biaya ongkir, paling kena potongan, dengan syarat pembelian mininal sekian puluh rribu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, begitu ya. Saya pikir benar-benar gratis ongkir tanpa biaya sedikit pun. Rupanya sama saja dengan saya, kebanyakan cuma dapat potongan. 😅

      Delete
  2. Saya salah satu pengguna shopee juga Bu guru.

    Nah, salah satu cara menyiasati belanja agar gratis ongkir adalah dengan menunggu momen spesial seperti 8 Agustus atau 9 September. Kini yang aku tunggu adalah 10 Oktober.

    Biasanya untuk mendapatkan gratis ongkir minimal belanjanya cuma 10 ribu, sedangkan biasanya 30 ribu. Terus gratis ongkir nya jika hari biasa cuma 10 ribu, kalo momen spesial 20 ribu. Dari Jakarta ke Banten memang benar-benar gratis ongkir biarpun belanja cuma 10 ribu,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mantap juga caranya. Kalo seperti itu benar-benar gratis ya.

      Besok tanggal 10, Mas. Siap-siap cekout isi keranjang dong 😂😂😂

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon