Pengalaman Menulis Artikel Panjang

Definisi panjang menurut setiap orang tentu berbeda. Bagi saya pribadi, menulis artikel sebanyak 1645 kata adalah artikel panjang. Setidaknya itulah jumlah kata yang saya tulis untuk artikel kemarin. Biasanya saya menulis artikel kurang dari 1000 kata di blog ini. Banyak juga yang malah tak sampai 500 kata.

Bermula dari keinginan untuk menuliskan pengalaman saya bersama Google Adsense dari awal hingga sekarang. Rupanya runtutan kejadiannya mengharuskan saya untuk menulis artikel yang panjang.

Demi kenyamanan dalam menulis, saya sengaja mengetik di laptop. Jika mengetik di HP, saya tidak yakin bisa menyelesaikannya dengan mudah. Kemudian, laptop saya letakkan di atas meja belajar lipat. Saya duduk di lantai beralaskan karpet. Meskipun tak bisa menulis di meja dan kursi kerja, setidaknya posisi ini lumayan nyaman. Maklum, saya tak punya meja kerja di rumah.

Berhubung idenya sudah ada, maka kegiatan menulis bisa berjalan lancar. Namun karena tak bisa menyelesaikannya dalam waktu singkat, mau tidak mau masih sempat diselingi kegiatan lain seperti nyamperin paman pentol yang singgah di depan rumah dan ngemil pentol dulu. Akhirnya saya menyelesaikan tulisan tersebut.

Di tengah penulisan, saya sempat berpikir untuk membagi tulisan tersebut menjadi dua part. Tapi rasanya kurang sreg. Toh banyak orang lain yang menulis lebih panjang dari pada itu. Lagi pula, apa yang saya tulis tersebut merupakan satu kesatuan artikel utuh.

Menulis artikel panjang ternyata tidak sulit jika idenya memang ada. Dan ternyata, saya pun bisa melakukannya. Namun jika dipaksakan harus menulis artikel panjang tanpa ide yang memadai, jujur saya tidak sanggup.

Seperti halnya artikel ini yang sekedar mengungkapkan rasa yang saya alami saat menulis sebuah artikel panjang. Meski yang dibahas adalah artikel panjang, namun artikel ini cukup berakhir di sini sebagai artikel pendek.

4 comments

  1. wah, rasanya saya belum ada deh postingan yang katanya segitu banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru kemarin nulis segitu. Biasanya cukup penfek aja. Tergantung ide yang mau ditulis.

      Delete
  2. Postingan lebih dari 1000 kata itu sudah banyak banget dan cukup sulit untuk membuatnya kecuali membuatnya menjadi cerita tetapi tetap saja butuh ide dan mendapatkan ide itu tidaklah mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi saya juga begitu. Kemarin bisa menulis panjang karena menceritakan pengalaman kejadian selama beberapa tahun.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon