Cara Mengatur Sellers.Json di Google Adsense

Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah postingan di grup yang menanyakan terkait sellers.json di Google Adsense. Salah satu anggota yang baik pun menjawab dengan memberikan link langsung ke halaman bantuan Adsense. Saya yang merasa baru dengan hal ini pun ikut mengkilik link untuk mengetahui terkait sellers.json.

Menurut halaman bantuan Google Adsense, sellers.json adalah standar IAB Tech Lab yang meningkatkan transparansi dalam ekosisitem iklan dan membantu mengurangi penipuan. Penayang Adsense sebaiknya membuat informas penayang menjadi transparan.

Saya memang jarang membuka dashboard adsense lewat laptop sehingga tidak segera mengetahui adanya notifikasi tentang seller.json ini. Setelah membaca artikel tersebut, saya pun segera membuka tampilan dekstop adsense dan mengatur sellers.json sesuai petunjuk.

Cara Mengatur Sellers.Json di Google Adsense 

Login ke akun Google Adsense
Lihat notifikasi yang muncul.

Sebaiknya publikasikan informasi penjual Anda di file sellers.json Google. Buka halaman setelan akun untuk meninjau status visibilitas Anda saat ini.

Silakan klik Aksi di bagian bawah notifikasi

Pada visibilitas informasi penjual, pilih Transparan
Tambahkan nama domain bisnis Anda jika ada.
Silakan tunggu sebentar, laman akan menyimpan perubahan secara otomatis

Selain dengan cara diatas, dapat juga dengan cara berikut : 

Klik Akun
Pilih Setelan
Pilih informasi akun
Pada visibilitas informasi penjual, pilih Transparan
Tambahkan nama domain bisnis Anda jika ada.

Silakan tunggu sebentar, laman akan menyimpan perubahan secara otomatis

Bagi blogger yang menggunakan hosting sendiri seperti wordpress, selanjutnya diminta untuk membuat file sellers.json dan memasukkannya ke cpanel. Sedangkan yang masih hosting gratisan di blogspot seperti saya, cukup sampai cara di atas saja.

Bagi publisher yang memiliki banyak domain, silakan pilih domain bisnis utama untuk dimasukkan. Namun bagi yang tidak memiliki domain bisnis namun hanya mimiliki satu domain yang dimonetisasi, silakan masukan alamat domain tersebut. Adapun yang masih menggunakan domain gratis dari blogspot atau wordpress dan sejenisnya, kolom domain cukup dikosongkan saja.

Apa Manfaat dari Sellers.Json?

Menurut yang saya pahami, sesuai definisinya adalah untuk transparansi dan mencegah penipuan. Sebagai publisher kita bebas memilih merahasiakan informasi penjual atau pun menjadi transparan. Hanya saja, pengiklan tentu cenderung memilih publisher yang transparan. Agar tidak kehilangan potensi iklan, maka publisher pun dianjurkan untuk memilih transparansi pada visibilitas informasi penjual.

Untuk info lebih lanjut dan resmi terkait sellers.json silakan kunjungi halaman bantuan google Adsense.

Semoga bermanfaat.

0 Comments

Post a Comment

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar