Dollar ke Rupiah Langsung di Google

Saat ini, saat ingin mengetahui tentang sesuatu, hal pertama yang saya lakukan adalah membuka Google untuk mencari tahu. Termasuk di dalamnya ketka saya ingin mengetahui nilai nukar dari dollar ke rupiah. Saya pun memasukkan kata kunci "dollar to idr"

Hasil pencarian teratas tidak hanya menunjukkan situs yang menampilkan kurs dollar saat ini, tapi gratik nilai tukar dollar terhadap rupiah selama satu bulan serta konversi dari dollar ke rupiah dan sebaliknya.

Untuk satu bulan terakhir, nilai tukar dollar terhadap rupiah bertahan di atas 14.000. Jika nilai minimum pembayaran adsense adalah 100 dollar, apakah berarti sekarang sudah berada di angka Rp 1.400.000?

Saya pun cukup berada di halaman Google untuk mencari nilai rupiah yang ingin saya ketahui. Padahal sih cuma iseng aja, jika BPK adsense sebesar 0,02 dollar, berapa rupiah kira-kira?

Meski masih berada di halaman Google, tidak lupa sumber data tersebut disebutkan. Seperti data mata uang ini yang disediakan oleh Morningstar. Selain dollar ke rupiah, pengguna juga bisa memilih mata uang lainnya.

Saat ini mesin penelusuran Google memang semakin canggih. Dulu, ketika memasukkan pencarian, hasil yang muncul hanya berupa list website yang memuat informasi tersebut. Tapi sekarang hasil pencarian teratas di halaman pertama bisa memunculkan apa saja sesuai apa yang kira-kira dimaksud oleh pengguna.

Ada kalanya hasil teratas berupa gambar, video, game di playstore, perkiraan cuaca, dan lain-lain. Termasuk di dalamnya nilai tukar mata uang.

Sebagai mesin pencari nomor satu, Google selalu melakukan inovasi pada halaman mesin pencarinya. Tidak hanya alogaritma Google yang terus berubah, cara Google manampilkan hasil juga berubah dan beragam.

Semestinya kita belajar dari Google. Meski sudah menjadi nomor satu, tetap melakukan perubahan dan inovasi.

2 comments

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon