338 URL Membutuhkan Peningkatan

Setelah membaca artikel di Maniak Menulis tentang analisis di Google Search Console, saya pun juga menengok kesehatan blog ini. Sempat bingung juga, bagian mana yang ada kriteria buruk dan baiknya. Maklum, tidak terbiasa dengan analisis ini.

Akhirnya nemu juga Data Web Inti. Di sini ada grafik dan jumlah URL baik dan buruknya. Alhamdulillah tidak buruk, hanya saja 338 URL memerlukan peningkatan. Tidak ada satu pun URL yang mendapat peringkat baik.


Hanya ada satu masalah blog ini, yaitu masalah LPC lebih dari 2,5 detik. Jika dirata-ratakan, waktunya sekitar 3,6 detik.

Ada beberapa penjelasan terkait kecepatan ini. Diantaranya adalah link youtube dan iklan. 

Terkait Youtube, membuat saya jadi ciut sendiri. Padahal saya berencana membuat lebih banyak video sebagai materi di blog. Ternyata malah menambah waktu loading. Meski begitu saya tidak berencana menghapus video yang sudah ada.

Masalah iklan, tentu gubungannya dengan iklan adsense. Selain iklan di tengah artikel, sisanya saya serahkan pada autoads. Duh, sepertinya saya tidak mau ambil pusing.

Selain dua hal di atas, juga ada pembahasan tentang javascript. Jujur saya tambah pusing dan ngga ngerti. Bahkan definisi LPC saja saya masih ngga mudeng.

Akhirnya setelah membaca dan mencerna beberapa hal, saya memutuskan untuk tidak melakukan apapun. Tidak ada perubahan yang saya lakukan terhadap blog selain menulis seperti biasa.

Karena jujur saja, jika saya mengotak-atik atau mengganti template, saya tidak yakin kecepatannya akan semakin bagus. Jangan-jangan malah berubah buruk. Belum lagi saya memang sedang tidak mood untuk otak-atik template. 

Niat awal saya memang hanya ingin menjenguk search console. Setidaknya, blog saya tidak berada di zona buruk. Masih berada di zona kuning alias zona tengah. Masih bisa untuk dipertahankan meski perlu peningkatan.

Ada satu hal lagi yang membuat saya bingung. Mengapa hanya 338 URL yang muncul. Padahal artikel di blog ini sudah lebih dari 400. Sebuah pertanyaan lain yang saya tidak tahu jawabannya. Tapi saya juga terlalu malas untuk memikirkannya.

Untuk saat ini, mari lanjut menulis saja.

0 komentar

Post a Comment

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar