Cara Cepat Menghapus Label di Blogspot

Beberapa hari yang lalu saya membaca artikel di salah satu blog dimana penulisnya mengatakan bahwa ia tidak sengaja menghapus beberapa artikel saat akan menghapus label. Jika dibandingkan dengan saya yang hanya tidak sengaja menghapus komentar, tentu yang saya alami tidak seberapa.

Saat membaca artikel tersebut, saya juga teringat label di blog saya yang sepertinya sudah mulai berantakan. Sebenarnya sudah saatnya untuk berbenah, tapi saya terlalu malas dan inginnya cepat selesai.

Saya pun jadi membayangkan teman blogger yang tanpa sengaja menghapus postingan artikel tersebut. Sepertinya saya bisa membayangkan langkah yang dia ambil hingga tanpa sengaja mengklik tombol hapus. Niat hati menghapus label, tapi malah menghapus artikel. Masalahnya, setelah tombol hapus diklik, tidak ada peringatan apapun dan artikel langsung terhapus. Tidak bisa dikembalikan sama sekali.

Oleh karenanya, saya pun kepikiran untuk menulis artikel tentang cara menghapus label di blogspot. Bagi yang ingin mempraktekkannya, harap dibaca dan diikuti dengan seksama. Jangan sampai salah langkah dan malah menghapus artikel.

Cara Cepat Menghapus Label di Blogspot

Kali ini, sebagai contoh, saya ingin menghapus label Widget dari blog ini. Dengan kata lain, semua artikel yang memiliki label Widget, labelnya akan saya hapus, tapi artikelnya tetap ada.

Sebagai catatan, tutorial ini belum menggunakan tampilan blogger baru dan masih menggunakan tampilan blogger lama.

Buka Beranda Blogger
Pilih Postingan
Klik Semua Label

Pilih Label yang ingin dihapus (misal : Widget)

Semua postingan dengan label Widget akan muncul.
Ceklis bagian atas untuk memilih semua artikel

Klik icon label (mirip bookmark)
Pilih Widget

Label Widget telah terhapus. Sudah tidak ada lagi artikel dengan label Widget

Untuk memastikan bahwa postingannya masih ada dan hanya labelnya saja yang terhapus, silakan cari salah satu judul artikel.

Sebagai tambahan, ketika kita memilih sebuah label dalam langkah ini, sebenarnya ada dua kemungkin yang terjadi, yaitu menambah atau menghapus label.

Ketika artikel yang diceklis sudah mengandung label yang dipilih, maka label akan terhapus. Sebaliknya, ketika artikel yang dipilih belum mengandung label tersebut, maka label akan ditambahkan. Dengan kata lain, cara diatas juga bisa digunakan untuk menambahkan label pada banyak artikel sekaligus.


Demikianlah cara cepat menghapus label postingan di blogspot. Harap berhati-hati dan jangan pernah mengklik kata hapus. Karena hal tersebut bukan hanya menghapus label namun juga menghapus artikel.

Catatan:

Saat ingin menghapus lebih dari satu label, pastikan artikel yang diceklis sebelumnya sudah di unceklis agar tidak terikut sertakan dalam label yang baru.

Update :
Blogger lama hanya bisa digunakan sampai bulan Agustus 2020. Tapi berhubung artikel ini sudah terlanjur ditulis, jadi saya posting saja.

Semoga bermanfaat.

2 comments

  1. makasih mbak atas responnya. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, terinspirasi dari artikelmu. Hanya saja sebentar lagi blogger lama sudah tidak bisa dipake.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon