Situs Non HTTPS Rawan Diganggu Iklan Provider

Selama ini saya biasa blogging menggunakan laptop. Selain itu saya juga browsing menggunakan HP. Terutama untuk blogwalking dan baca-baca blog orang lain. Ada kalanya saya membuka beranda blogger lewat HP sekedar untuk membaca komentar.

Saat itu saya sedang membuka beranda blooger untuk membaca komentar. Saat akan membalas komentar, saya langsung mengklik judul postingan dan diarahkan langsung ke artikel blog. Saya pun dikagetkan dengan iklan melayang dari MGID yang tampil menutupi lebih dari separuh layar HP. Padahal saya tidak pernah memasang iklan tersebut.

Situs Non HTTPS Rawan Diganggu Iklan Provider

Karena menyebalkan, saya pun menutup iklan, sayang tampilan laman artikel tidak langsung pulih. Saya menutup tab dan membuka blog dengan mengetikkan alamat langsung. Blog pun tampil dengan mulus tanpa ada gangguan iklan Mgid. Hanya ada iklan adsense yang sepertii biasa. Saya pun merasa lega.

Sayangnya rasa lega tidak berlangsung lama. Karena ketika saya membuka artikel dari tautan di halaman komentar beranda blogger. Iklan tersebut kembali muncul di lama artikel. Sebenarnya apa yang salah?

Iklan Situs Non Https

Setelah saya perhatikan, ternyata link artikel dari beranda komentar menuju laman non https alias hanya http. Sedangkan jika saya mengetik langsung akan masuk ke https. Iklan hanya muncul pada halaman http dan tidak muncul pada halaman https.

Saya masih belum yakin dengan hal tersebut. Saya pun mencoba mengunjungi blog orang lain, baik yang menggunakan http maupun https. Ternyata benar saja, blog dengan http terhalang iklan, sedangkan blog dengan https tidak terganggu iklan.

Pertanyaan berikutnya, apakah hal ini hanya terjadi di HP saya atau juga dialami oleh orang lain?

Saya mencoba mencari korelasi antara iklan Mgid dengan situs non https di Google. Sayang tidak ada jawaban yang memuaskan. Saya bahkan meninggalkan komentar pada salah satu blog teman terkait hal tersebut.

Karena tidak menemukannya di Google, saya pun berkelana di forum. Meski tidak bertanya, saya membaca postingan sebelumnya, siapa tahu ada yang mirip.

Ternyata ada yang mengalami hal serupa pada blognya di forum IAPD. Dan jawaban dari salah satu anggota forum mengatakan bahwa iklan tersebut dari operator. Bisa juga disebabkan karena https belum diaktifkan.

Saya pun mulai googling tentang iklan dari operator. Ternyata banyak juga yang mengalaminya. Teman blogger saya juga membalas komentar dan mengatakan bahwa iklan tersebut dari operator. Maka fix sudah, iklan berasal dari operator, bukan blog ataupun HP error.

Iklan Dari Operator

Berbicara mengenai operator, mengapa baru kali ini saya mendapat iklan demikian?

Setelah dipikir-pikir, karena saya baru saja beralih dari kartu Three ke Indosat. Oleh karenanya baru kali ini saya mengalaminya.

Dari hasil browsing, ada beberapa operator yang memang menampilkan iklan. Ada juga cara bagaimana menghilangkan iklan tersebut, namun belum saya coba.

Yang menjadi perhatian saya adalah posisi saya sebagai pembaca yang merasa cukup terganggu dengan adanya iklan tersebut yang kadang sembarangan menurut saya. Apalagi jika iklan tersebut muncul di blog saya dan saya tidak merasa memasangnya. Mungkin pembaca lain juga ada yang terganggu dengan iklan melayang. Meskipun blog saya juga ada iklannya, saya mencoba agar iklan tersebut tidak mengganggu pembaca.

Sebagai blogger, saya pun merasakan salah satu pentingnya https bagi blog. Setidaknya, pembaca tidak akan terganggu iklan operator jika blog saya menggunakan https. Bukankah ini salah satu cara agar memberikan kenyamanan kepada pembaca.

Iklan pada situs non https hanya muncul pada operator tertentu saja. Berdasarkan pengalaman saya, pada operator Three tidak ada iklan, sedangkan pada Indosat ada iklannya. Bagaimana dengan pengalaman Anda? Apa kartu yang Anda gunakan? Apakah juga terganggu iklan?

10 comments

  1. Telkomsel ada... saya mengalami hal yang sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantas Pak Anton langsung tahu pas saya tanya. Rupanya sudah biasa ya.

      Delete
    2. Kapan bertanya yah Mbak.... ? :)

      Delete
    3. Wkatu itu langsung di blog beliau 😄

      Delete
  2. Dulu saya pernah mengalami via dekstop, via hape jarang soalnya saya pakai UC browser,hihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pake UC semua iklan diberantas ya, termasuk adsense, hehe.

      Delete
  3. Iyes, Indosat ada iklannya. Yang bikin sebal itu memang kalau ada orang lain yang berkunjung trus keganggu sama iklannya, padahal bukan kita yang pasang, tapi yang jelek kan reputassi blog kita.

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon