Pengalaman Salah Transfer Isi Saldo All Operator

Selama ini, saya terbiasa isi pulsa sendiri daripada beli di counter pulsa. Mungkin karena saya malas jalan, bagi saya isi pulsa lewat HP sendiri lebih praktis dan mudah.

Isi Pulsa Dari HP Sendiri

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk isi pulsa dari HP sendiri, misalnya lewat mobil banking, paytren, tokopedia, maupun jadi agen All Operator. Kebetulan, saya punya semua akun tersebut.
Dari berbagai media tersebut, saya paling sering isi pulsa lewat All Operator. Alasannya, karena aplikasinya sangat simpel dan ringan. Untuk transaksi, saya hanya perlu sinyal internet tidak perlu pulsa. Selain aplikasi yang disediakan, transaksi juga bisa dilakukan lewat WA dan SMS. Untuk jaga-jaga, saya aktifkan semuanya.

Agar bisa bertransaksi saya harus memastikan ada saldo yang cukup pada akun All Operator saya. Biasanya saya mengisinya sekalian banyak. Saldo tersebut saya gunakan terutama untuk keperluan pribadi. Tapi saya juga menjual pulsa dan token PLN kepada teman yang membutuhkan.

Pagi itu saya kehabisan kuota. Saldo All Operator saya hanya tinggal 12769. Hanya bisa digunakan untuk satu kali isi pulsa 10ribu. Saya pun mencari wifi untuk isi saldo.

Isi Saldo Lewat Transfer

Selama ini saya terbiasa mengisi saldo langsung ke pusat agen All Operator. Awalnya memang melakukan pendaftaran secara online. Maka untuk isi saldo pun juga lewat transfer. Sudah lebih dari 5 tahun saya melakukannya, selama ini tidak ada masalah.

Sebelum melakukan transfer, harus mengirim mengirim pesan untuk mendapatkan tiket berisi kode unik. Hari itu saya berniat isi saldo sebesar 1 juta rupiah. Saya pun mendapat balasan berupa nominal berisi kode unik yang harus ditransfer serta bank tujuan transfer. Ada pilihan bank Mandiri, BRI, BNI, dan BCA.

Kali ini saya saya melakukan transfer lewat bank BRI. Seperti biasa, saya menggunakan aplikasi Internet Banking supaya lebih praktis. Apalagi nomor rekening tujuan sudah tersimpan sebelumnya, maka saya tidak perlu repot mengetik ulang. Tidak menunggu lama uang pun berhasil dikirim.

Biasanya, akan ada pemberitahuan jika saldo sudah masuk. Berhubung saya meminta tiket menggunakan aplikasi dari All Operator, maka notifikasi pun akan masuk ke sana. Hanya saja, berhubung kuota saya sedang habis dan saya terputus jaringan dengan wifi, maka saya belum mendapat notifikasi. Tidak perlu dipikirkan, nanti masuk sendiri.

Isi Pulsa Bisa Lewat SMS

Pas malam harinya, saya baru kepikiran untuk isi kuota internet. Rupanya tidak nyaman juga jika tidak punya kuota sama sekali. Sebelum beli kuota, saya harus isi pulsa pada kartu kuota saya dulu. Tapi bagaimana mau isi pulsa jika tidak ada kuota?

Tentu saja saya masih bisa isi pulsa dengan SMS dari nomor utama saya. Selain dengan aplikasi yang memerlukasn kuota internet, isi pulsa All Operator juga bisa menggunakan SMS. Saya pun melakukan pengisian pulsa sebesar Rp 10rb.

Tidak berapa lama saya mendapat pemberitahuan bahwa pulsa sudah masuk. Saya juga mendapat SMS yang menyatakan bahwa transaksi berhasil. Yang membuat saya kaget adalah, bahwa saldo All Operator saya sekarang kurang dari 10.000. Bukannya pagi tadi saya sudah isi saldo, jangan-jangan saldonya tidak masuk.

Saya sempat panik. Saya cek lagi nominal yang harus saya transfer. Tepatnya Rp 1.008.063. Saya mencoba melihat jumlah uang yang telah saya transfer. Tapi saya tidak menyimpan bukti transfer di pagi hari. Karena selama ini tidak ada masalah, saya jarang menyimpan bukti transfer.

Saya mencoba tenang dan melakukan isi kuota dengan pulsa 10 ribu tadi. Setelah kuota terisi, saya login ke akun BRI internet banking untuk melihat riwayat transaksi. Saya telah melakukan transfer di pagi hari sebesar Rp 1.008.603. Ternyata saya salah memasukkan kode unik. Pantas saja saldo tidak kunjung masuk.

Parahnya lagi, saya tidak menyimpan bukti transaksi. Berbeda dengan BNI mobile banking yang memiliki menu untuk melihat bukti transfer sebelumnya, di BRI internet banking menu tersebut tidak tersedia jika tidak disimpan langsung setelah transaksi. Jika ditanya bukti transfer, mungkin saya harus mencetak rekening koran. Bagaimana pun juga, satu juta bukanlah uang yang sedikit.

Pengaduan Salah Isi Saldo

Sebelum berpikir kemana-mana, saya harus mencoba menghubungi cs dulu lewat pengaduan. Meskipun kejadiannya pagi dan saya baru sadar di malam hari, semoga masih bisa diproses.

Saya pun mengirim pesan singkat di aplikasi.

k. Tadi pagi 2 agustus 2019 sekitar pukul 8an saya salah transfer ke bri semestinya, Rp 1008063, tapi saya transfer 1008603, tolong diproses.

Saya pun langsung memperoleh balasan pesan otomatis

Pesan anda telah kami terima, mohon ditunggu dan sedang kami proses. Terima kasih

Saya pun menunggu dan berdoa, satu menit kemudian saya mendapat balasan lagi.

Mitra TLM Reload, saldo sudah bertambah Rp 1008603.


Saya tidak hanya mendapat pesan lewat aplikasi tapi juga lewat pesan WhatsApp yang menyatakan bahwa saldo sudah masuk. Rasanya saya lega sekali karena tidak jadi kehilangan uang satu juta rupiah.

Kejadian ini sebenarnya murni kesalahan saya. Maka saya sangat salut dengan CS All Operator yang begitu cepat menanggapi keluhan saya. Saya mun jadi makin percaya untuk menjadi agen All Operator ini.

Bagi sebagian orang, mungkin hal ini terjadi karena proses pengisian saldo yang terkesan rumit melalui transfer dan kode unik. Tentu transaksi tunai di counter All Operator untuk mengisi saldo jauh lebih mudah dan praktis. Tapi jujur saja, bagi saya pribadi, saya memang menyukai transaksi online. Jika untuk isi saldo saja saya harus berangkat, maka yang demikianlah yang merepotkan bagi saya.

Dalam transaksi online, unsur kepercayaan memang sangat diutamakan. Untuk jadi agen All Operator misalnya, ada banyak bertebaran di internet. Tapi saya tidak tahu, mana yang jujur dan mana yang tidak. Oleh karenanya, saya pun malas berpaling ke agen lain walaupun menawarkan harga yang lebih murah. Saya bertahan dengan yang selama ini saya gunakan karena unsur kepercayaan yang kuat.

Pendaftaran Gratis

Bagi yang kepo dengan All Operator yang saya gunakan bisa download brosurnya di sini.
Bagi berminat untuk menjadi agen, bisa melakukan pendaftaran gratis.

Kirim SMS dengan format

DAFTAR#NAMA#ASAL#NO HP

Contoh

DAFTAR#PUNCELL#JAKARTA#085212345678

Kirim ke 0852-8273-9173 (SMS khusus pendaftaran)

Demikianlah pengalaman saya salah transfer saat pengisian saldo All Operator. Semoga bermanfaat.

6 comments

  1. Kalau di liat dari screenshotnya, penanganan masalahnya cepat dan saldo langsung masuk ke akun. Cuma satu menitan.

    Berarti databasenya rapih nih, ngelacak datanya bisa cepet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makanya saya betah pakai yang ini. Meskipun ada penawaran lain dengan promo harga sedikit lebih murah. Beda seratus duaratus mah biasa untuk harga pulsa.

      Delete
  2. Wahhh bisa buka usaha nih, jadi jualan pulsa atau konter kecil kecilan wueheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada teman yang beli pulsa sih, saya jualin aja. Tapi kalo buka konter kayanya engga deh. Adik saya sudah jualan soalnya, hehe.

      Delete
  3. Mudah2an insiden 10 ribu ini membawa hikmah yah Mbak... :)

    Ketika diminta kode unik, saya sering hati2 sekali, liatin nominal uniknya berkali - kali, sampai kayak orang liatin kuman gitu,soalnya saya atut kalau salah kirim dan kan ujung2nya bikin Galau mendadak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Nilai kode uniknya sih ngga seberapa. Tapi jumlah uang sebenarnya yang bikin galau. Jika aplikasi menggunakan menu copy, biasanya langsung saya copy aja. Supaya tidak salah ketik.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon