Recommended : 4 Aplikasi Kamus Bahasa Banjar

Hari ini, entah kenapa saya memikirkan Bahasa Banjar. Sebagai orang Banjar, saya menyadari bahwa sedikit demi sedikit Bahasa Banjar mulai terkikis dengan Bahasa lain. Atau lebih tepatnya, beberapa kosakata Banjar mulai tergantikan dengan Bahasa Indonesia. Tentu saja hal ini terutama terjadi di perkotaan. Sedangkan di pedesaan Bahasa Banjar masih cukup kental.

Saya sendiri sering mencampur Bahasa Banjar dengan bahasa lain dalam percakapan. Mungkin karena saya semakin banyak berinteraksi dengan bahasa lain. Tapi hal tersebut tidak serta merta membuat saya lupa akan Bahasa Banjar.

Saya pun jadi penasaran dan tergerak untuk menelusuri Bahasa Banjar di internet. Ternyata tidak sedikit orang lain yang sudah membahasnya. Saya bahkan bisa menemukan 4 aplikasi Kamus Bahasa Banjar di Play Store.

1. Kamus Bahasa Banjar (Translate Bahasa Banjar) dari Linus Studio

Kamus ini menyediakan 3 menu yaitu:

- Indonesia - Banjar

Berisi susunan kata dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Banjar yang ditulis berurutan sesuai alfabet dari A sampai Z. Selain itu juga terdapat menu pencarian dengan memasukkan kata yang diinginkan.

- Banjar - Indonesia

Berisi susunan kata dari Bahasa Banjar ke Bahasa Indonesia yang ditulis berurutan sesuai alfabet dari A sampai Z. Selain itu juga terdapat menu pencarian dengan memasukkan kata yang diinginkan.

- Tentang Bahasa Banjar
Berisi penjelasan tentang Bahasa Banjar yang diambil dari Wikipedia

2. Kamus Bahasa Banjar (KaBanjar) dari Karamunting ID

Kamus ini tampilannya cukup sederhana. Hanya ada dua menu yaitu Banjar ke Indonesia dan Indonesia ke Banjar. Cukup mengetikkan kata yang ingin dicari artinya pada menu pencarian.

3. Kamus Bahasa Banjar Offline dari Azklabs Mobile

Kamus ini berisi kosa kata dari Bahasa Banjar ke Bahasa Indonesia. Untuk melakukan pencarian hanya tersedia dari Bahasa Banjar ke Bahasa Indonesia, namun tidak ada sebaliknya.

Kelebihan aplikasi ini adalah adanya Quiz menebak arti kosa kata Bahasa Banjar. Permainan ini bisa membantu meningkatkan kemampuan dalam memahami Bahasa Banjar. Saya sebagai orang Banjar sendiri tidak selalu menang dalam memainkannya.

Selanjutnya juga ada menu untuk menambah kosa baru yang belum ada dalam aplikasi tersebut.

4. Kamus Bahasa Banjar dari Media Banjar

Selain menyediakan terjemahan dari Bahasa Banjar ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya, kamus ini juga menyertakan terjemahannya dalam Bahasa Inggris. Dengan kata lain seseorang bisa belajar tiga Bahasa Sekaligus dengan aplikasi ini, yaitu Bahasa Banjar, Bahasa Indoonesia, Bahasa Inggris. Ketiganya jadi mencakup bahasa daerah, bahasa nasional, dan bahasa asing.

Selain itu menu pencarian yang muncul juga bisa menampilkan hasil pencarian yang cukup kompleks pada menu bidang makna. Menu ini sangat cocok bagi yang ingin mencari variasi penggunaan kata.

Setiap aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Belum semua kosa kata bahasa Banjar ada dalam aplikasi kamus tersebut. Masih ada ruang untuk terus mengembangkannya. Agar bisa menulis reviewnya saya sengaja menginstal keempat aplikasi kamus tersebut. Lagi pula ukurannya sangat kecil dan tidak sampai 10 MB, jadi tidak memberatkan HP.

Menurut saya pribadi, bagi yang sekedar ingin tahu arti kosa kata Bahasa Banjar yang sederhana, bisa dengan aplikasi pertama atau kedua. Bagi orang Banjar yang ingin menguji kemampuan Bahasa Banjarnya, mungkin bisa mencoba aplikasi ketiga karena ada Quiz atau permainannya. Sedangkan bagi yang ingin memahami lebih mendalam lagi, bisa mencoba aplikasi yang keempat.

0 komentar

Post a Comment

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar