Pengalaman Pakai FLIP Gratis Transfer Uang Antar Bank

Selama ini saya mempunyai beberapa rekening tabungan pada bank yang berbeda. Setiap rekening tersebut saya alokasikan untuk tujuan yang berbeda. Untuk memudahkan transaksi saya pun menginstal aplikasi mobile banking pada remua rekening tersebut.

Dalam hal belanja online, saya tidak mengalami kesulitan karena saya bisa memilih rekening tujuan sesuai dengan rekening yang saya miliki. Oleh karenanya, saya tidak pernah terkena biaya transfer antar bank.

Meski begitu, bukan berarti saya tidak pernah mengeluarkan biaya Rp 6.500 untuk biaya transfer bank. Justru saya kena charge saat melakukan transfer dari rekening saya ke rekening saya yang satunya lagi karena berbeda bank.

Kesannya ribet banget ya, transfer ke rekening bank sendiri. Seperti saya katakan sebelumnya, setiap rekening tersebut fungsinya berbeda. Terutama ketika ingin transfer ke rekening khusus tabungan. Jika misalnya harus ngambil uang di ATM BRI kemudian memasukkannya di bank Muamalat lewat teller, rasanya jauh lebih ribet. Saya memilih jalur praktis dengan cara transfer lewat mobile banking. Oleh karenanya saya dikenai biaya Rp 6.500.

Kegiatan ini pun rutin tiap bulan saya lakukan. Jika diakumulasi entah sudah berapa ratus ribu habis hanya untuk biaya transfer antar bank. Maka begitu saya bertemu dengan aplikasi Flip, saya langsung penasaran dan mencobanya.

Asal Mula Kenal Flip

Awalnya saya sedang berselancar melihat-lihat beranda Facebook. Kemudian saya melihat iklan Flip di sana. Dalam hati saya bertanya-tanya, memangnya bisa transfer gratis antar bank. Namun saat saya baca komentarnya, rata-rata positif, dan ada yang sudah menggunakannya sejak 2016.

Tentu saja saya sempat ragu dengan aplikasi transfer jika menggunakan aplikasi ketiga. Maka saya pun langsung mencari tahu mekanismenya. Ternyata Flip memang aman.

Pada dasarnya, Flip hanya sebagai perantara. Cara kerjanya sangat sederhana, namun bisa menghemat biaya transfer sebesar Rp 6.500 setiap transaksinya. Misalnya, saya ingin transfer uang dari rekening BNI ke Muamalat

Pertama, saya mengirim uang dari rekening BNI saya ke rekening BNI milik Flip, gratis tanpa biaya. Kemudian Flip mengirim uang dari rekening Muamalat miliknya ke rekening Muamalat tujuan, gratis tanpa biaya. Demikianlah cara kerja Flip sehingga bisa transfer secara gratis.

Download, Instal, Registrasi, dan Aktivasi Flip

Setelah yakin dengan apa yang saya baca di internet dari berbagai review, saya pun mendownload aplikasi Flip dan menginstalnya di HP saya. Aplikasinya ringan, hanya 17 MB saja.

Agar bisa menggunakan aplikasi ini saya harus melakukan regsitrasi dan aktifasi. Seperti biasa, registrasi menggunakan email dan nomor Handphone. Sedangkan aktifasi, harus upload foto KTP dan wajah. Terkesan agak ribet, tapi prosesnya mudah saja bagi saya.

Pengalaman Pertama Menggunakan Flip

Proses transaksi transfer menggunakan Flip harus sesuai dengan jam kerja yaitu Senin sd Jumat 08.00 - 18.00 WIB. Saya pun mencobanya pada senin pagi. Saya melakukan transfer dari BNI Syariah ke Bank Muamalat. Kedua rekening tersebut adalah milik saya sendiri.

Pada aplikasi dijelaskan bahwa proses transfer biasanya berlangsung sekitar 20 menit atau lebih. Biasanya tergantung dari antrian transfer pada waktu itu. Tapi jangan khawatir. Setelah mengirim uang ke Flip, tidak perlu menunggu sambil melihat layar Flip. Meskipun aplikasi ditutup, proses transfer akan tetap dijalankan.

Transaksi pertama yang saya lakukan berhasil kurang dari satu jam. Biasanya akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa transaksi telah berhasil. Saya pun telah menghemat uang sebesar Rp 6.500.

Untuk menghemat uang transfer, aplikasi Flip ini memang sangat membantu sekali. Maka sejak saat itu saya selalu menggunakan Flip untuk transfer antar bank, terutama saat keadaan tidak mendesak.

4 comments

  1. QWahhh dengan adanya aplikasi, transaksi jadi lebih mudahj dan gampang yaa

    ReplyDelete
  2. dunia semakin canggih, apa apa bisa kita lakukan melalui gadget, terutama untuk urusan transfer.

    Sitem keamanan mobile banking, gimana sih mbak...? saya khawatir disadap orang lain. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecanggihan tersebut digunakan untuk memudahkan urusan kita, asal jangan disalahgunakan.

      Selama ini, saya aman-aman saja menggunakan mobile banking. Asal kita selalu menjaga kerahasiaan semua data dan tidak memberikannya kepada siapa pun. Selain itu jangan sembarangan instal aplikasi yang tidak jelas di hp.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon