Nomor WhatsApp Diambil Orang Lain, Kok Bisa?

Suatu hari ada yang posting di grup WhatsApp (WA) memberi kabar bahwa nomor WA salah seorang rekan kami telah diambil dan digunakan orang lain. Oleh karenanya agar berhati-hati dengan nomor tersebut supaya tidak tertipu.

Yang saya pikirkan waktu itu adalah, Kok bisa nomor WA diambil oleh orang lain. Padahal semestinya memerlukan kartu SIM nomor WA tersebut agar bisa login di HP yang berbeda.

Saya pun tidak banyak memikirkannya, toh bukan urusan saya. Yang bersangkutan pun telah memiliki nomor WA yang baru.

Beberapa hari yang lalu, adik saya mengirimkan pesan WA. Dia memberi kabar bahwa nomor WA miliknya tiba-tiba terganti. Begitu saya tanya alasannya, katanya ada pemberitahuan yang menyatakan bahwa ada yang mengaktifkan nomor WA nya di HP lain. Saya pun mulai bisa memikirkan kronologis kejadiannya.

Kronologis Nomor WhatsApp Digunakan Orang Lain.

Adik saya mempunyai nomor telepon yang sudah lebih dari 10 tahun ia gunakan. Nomor itu juga yang digunakannya sebagai nomor WA. Semenjak adanya internet, ia jarang menggunakan nomor tersebut untuk telepon maupun SMS. Kami memang tinggal serumah, tidak ada alasan untuk menelpon. Apalagi sosial media sudah lama menjadi alat komunikasi pengganti.

Karena terlalu lama tidak digunakan dan tidak melakukan pengisian pulsa ulang, nomor tersebut akhirnya tidak aktif lagi tanpa ia sadari. Ia mencoba menelpon operator, namun nomor tersebut tetap tidak bisa diaktifkan. Akhirnya ia membeli nomor ponsel baru.

Meskipun nomor tersebut tidak aktif lagi, namun akun WA yang menggunakan nomor tersebut tetap bisa digunakan tanpa masalah. Maka ia pun tetap menggunakan nomor WA yang lama.

Beberapa hari yang lalu, salah satu pelanggan toko menelpon nomor tersebut karena adik saya tidak membalas pesan WA. Ternyata panggilan tersebut diangkat dan dijawab oleh suara laki-laki. Ia pun menceritakannya kepada adik saya.

Karena penasaran, saya pun menelpon nomor tersebut. Rupanya nomor adik saya yang telah mati, dihidupkan lagi oleh operator dan dijual sebagai nomor kartu SIM baru. Kini nomor itu dimiliki oleh orang lain.

Awalnya kami mencoba untuk membeli kartu SIM tersebut dari pemiliknya yang baru. Sayangnya orang tersebut sepertinya tinggal di tempat yang agak terpencil dan tidak tahu cara mengirim paket. Akhirnya kami memutuskan untuk merelakannya.

Pada malam harinya lah, adik saya memberi kabar bahwa nomor WA nya telah berganti, karena digunakan oleh orang lain. Rupanya pemilik barunya memutuskan untuk menggunakan nomor tersebut sebagai nomor WA.

Sempat kesal juga, karena pemilik baru tersebut sebenarnya sudah tahu bahwa adik saya selama ini masih menggunakan nomor WA tersebut. Tapi dia tetap menggunakan nomor tersebut di WA nya. Kesannya dia malah dengan sengaja mengambil alih akun WA adik saya.

Efek Nomor WA Diambil Orang Lain

Keesokan harinya kakak saya mengirim pesan WA dan menanyakan foto cowo yang ada di akun WA adik saya. Saya pun menceritakan kronologisnya dan memberikan nomor WA baru adik saya. Saya yakin beberapa teman adik saya pun akan banyak yang bingung dengan perubahan pemilik akun WA tersebut.

Saya pun jadi mengaitkan pengalaman tersebut dengan beberapa kejadian lain yang pernah saya dapati. Misalnya ketika nomor lama teman saya muncul sebagai akun WA orang lain.

Diantara orang-orang yang suka gonta-ganti nomor, beberapa diantaranya mempertahankan nomor WA yang sama. Hanya saja, kejadian tidak mengenakkan seperti yang dialami adik saya bisa saja terjadi.

Dari kejadian tersebut, saya pun mulai bisa memahami bagaimana nomor WA bisa menjadi milik orang lain yang bahkan tidak dikenal sama sekali.
Baca Juga

Post a Comment

16 Comments

  1. ya.itulah bahayanya kalau no.hape buat Wa tidak di isi pulsa, akhirnya tidak aktif lalu di gondol oleh orang lain.

    Kalau menurut saya sih, cepat ganti no Wa, kasih pemberitahuan kepada orang yang sudah memiliki kontak WA kita, biar mereka ngak salah komunikasi. :)

    # saran saja sih,hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya memang langsung diganti. Apalagi jika sampai disalahgunakan untuk hal yang tidak baik.

      Delete
  2. Baiknya saat ganti nomor, pada wa dilakukan jg proses ganti nomor

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sebaiknya memang begitu. Daripada terjadi hal yang tidak diinginkan.

      Delete
  3. Mau tanya bro. Kalo diambil alih apakah foto dan pesan juga bisa dibaca yang punya akun baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak bang soalny no wa adek ku yg mati tetep centang satu walau udh diambil orang

      Delete
  4. Mau nanya dong kak, soalnya kejadian adik kakak sama kayak saya. Pertanyaannya isi chat di wa kita itu bakalan terlihat gak di orang lain itu. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk isi chat sebelumnya tidak akan bisa dilihat. Tapi chat yang baru masuk tentu akan muncul. Selain itu, kontak yang ada dalam grup bisa dilihat, jika nomor wa tersebut sebelumya terdaftar dalam grup.

      Delete
  5. Berarti seseorang yang menggunakan no lama kita hanya dapat melihat grup dan kontak yang ada di grup, tanpa ada chat didalamnya.
    Terima kasih kak infonya ��

    ReplyDelete
  6. Kejadiannya persis sama dengan yg saya alami,ribet apalagi no wa saya di pake oleh orang lain itu no wa buat kerja

    ReplyDelete
  7. Istri saya juga mengalaminya, nomornya tiba2 sudah keluar dari grup keluarga dan di hpnya ada keterangan watsapp meminta ferivikasi nomor dan begitu cek kontaknya sudah berubah menjadi foto orang lain

    ReplyDelete
  8. Hati2 untuk menghindari penipun, yg pernah simpan nomor wa, segera hapus kontak dan blokir nomor WA tsb

    ReplyDelete
  9. Bisa tidak kalau no nya kita ke galeri simpati kita non aktifkan

    ReplyDelete
  10. Saya mau tanya kak. Kejadian ini sama dengan kejadian saya saat ini. Nomor wa tersebut sudah digunakan oleh org lain, tapi saya coba chat dia masuk dan centang biru. Ditelpon melalui wa pun aktif dan sempat diangkat tapi org tersebut diam saja ddan malah mematikannya. Dan sempat dihubungi beberapa kali namun bgtu.

    ReplyDelete
  11. Halo, saya juga mau tanya. Baru saja saya dichat orang menanyakan nomor telepon saya. Saya bertanya balik dapat dari mana nomor telepon saya dan dia screencapture bahwa nomor saya membuat group WA (yang bahkan saya aja ga ada groupnya). Saya membuat tahun 2017 yang mana nomor teresebut sudah saya gunakan. Saya langsung bilang dilaporkan saja groupnya karena saya tidak pernah membuat group tersebut. Ini gimana caranya biar kita tau ternyata nomor kita dikloning ya?. Terima kasih.

    ReplyDelete
  12. No wa istri saya diminta verifikasi wa. Karena no wa katanya udah tidak aktif.
    Pas diganti tapi no malah ada di wa orang lain, udah gtu gambar profilnya malah masih wa yg pernah digunakan
    Tolong itu gmna ya solusinya,...saya takut disalahgunakan.

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar