Nomor WhatsApp Diambil Orang Lain, Kok Bisa?

Suatu hari ada yang posting di grup WhatsApp (WA) memberi kabar bahwa nomor WA salah seorang rekan kami telah diambil dan digunakan orang lain. Oleh karenanya agar berhati-hati dengan nomor tersebut supaya tidak tertipu.

Yang saya pikirkan waktu itu adalah, Kok bisa nomor WA diambil oleh orang lain. Padahal semestinya memerlukan kartu SIM nomor WA tersebut agar bisa login di HP yang berbeda.

Saya pun tidak banyak memikirkannya, toh bukan urusan saya. Yang bersangkutan pun telah memiliki nomor WA yang baru.

Beberapa hari yang lalu, adik saya mengirimkan pesan WA. Dia memberi kabar bahwa nomor WA miliknya tiba-tiba terganti. Begitu saya tanya alasannya, katanya ada pemberitahuan yang menyatakan bahwa ada yang mengaktifkan nomor WA nya di HP lain. Saya pun mulai bisa memikirkan kronologis kejadiannya.

Kronologis Nomor WhatsApp Digunakan Orang Lain.

Adik saya mempunyai nomor telepon yang sudah lebih dari 10 tahun ia gunakan. Nomor itu juga yang digunakannya sebagai nomor WA. Semenjak adanya internet, ia jarang menggunakan nomor tersebut untuk telepon maupun SMS. Kami memang tinggal serumah, tidak ada alasan untuk menelpon. Apalagi sosial media sudah lama menjadi alat komunikasi pengganti.

Karena terlalu lama tidak digunakan dan tidak melakukan pengisian pulsa ulang, nomor tersebut akhirnya tidak aktif lagi tanpa ia sadari. Ia mencoba menelpon operator, namun nomor tersebut tetap tidak bisa diaktifkan. Akhirnya ia membeli nomor ponsel baru.

Meskipun nomor tersebut tidak aktif lagi, namun akun WA yang menggunakan nomor tersebut tetap bisa digunakan tanpa masalah. Maka ia pun tetap menggunakan nomor WA yang lama.

Beberapa hari yang lalu, salah satu pelanggan toko menelpon nomor tersebut karena adik saya tidak membalas pesan WA. Ternyata panggilan tersebut diangkat dan dijawab oleh suara laki-laki. Ia pun menceritakannya kepada adik saya.

Karena penasaran, saya pun menelpon nomor tersebut. Rupanya nomor adik saya yang telah mati, dihidupkan lagi oleh operator dan dijual sebagai nomor kartu SIM baru. Kini nomor itu dimiliki oleh orang lain.

Awalnya kami mencoba untuk membeli kartu SIM tersebut dari pemiliknya yang baru. Sayangnya orang tersebut sepertinya tinggal di tempat yang agak terpencil dan tidak tahu cara mengirim paket. Akhirnya kami memutuskan untuk merelakannya.

Pada malam harinya lah, adik saya memberi kabar bahwa nomor WA nya telah berganti, karena digunakan oleh orang lain. Rupanya pemilik barunya memutuskan untuk menggunakan nomor tersebut sebagai nomor WA.

Sempat kesal juga, karena pemilik baru tersebut sebenarnya sudah tahu bahwa adik saya selama ini masih menggunakan nomor WA tersebut. Tapi dia tetap menggunakan nomor tersebut di WA nya. Kesannya dia malah dengan sengaja mengambil alih akun WA adik saya.

Efek Nomor WA Diambil Orang Lain

Keesokan harinya kakak saya mengirim pesan WA dan menanyakan foto cowo yang ada di akun WA adik saya. Saya pun menceritakan kronologisnya dan memberikan nomor WA baru adik saya. Saya yakin beberapa teman adik saya pun akan banyak yang bingung dengan perubahan pemilik akun WA tersebut.

Saya pun jadi mengaitkan pengalaman tersebut dengan beberapa kejadian lain yang pernah saya dapati. Misalnya ketika nomor lama teman saya muncul sebagai akun WA orang lain.

Diantara orang-orang yang suka gonta-ganti nomor, beberapa diantaranya mempertahankan nomor WA yang sama. Hanya saja, kejadian tidak mengenakkan seperti yang dialami adik saya bisa saja terjadi.

Dari kejadian tersebut, saya pun mulai bisa memahami bagaimana nomor WA bisa menjadi milik orang lain yang bahkan tidak dikenal sama sekali.

4 comments

  1. ya.itulah bahayanya kalau no.hape buat Wa tidak di isi pulsa, akhirnya tidak aktif lalu di gondol oleh orang lain.

    Kalau menurut saya sih, cepat ganti no Wa, kasih pemberitahuan kepada orang yang sudah memiliki kontak WA kita, biar mereka ngak salah komunikasi. :)

    # saran saja sih,hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya memang langsung diganti. Apalagi jika sampai disalahgunakan untuk hal yang tidak baik.

      Delete
  2. Baiknya saat ganti nomor, pada wa dilakukan jg proses ganti nomor

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sebaiknya memang begitu. Daripada terjadi hal yang tidak diinginkan.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon