Mengapa Menonaktifkan SafeSearch Google?

Mengapa Menonaktifkan SafeSearch Google?
Saat sedang browsing di internet, saya biasanya melihat tulisan SafeSearch Aktif di pojok kanan atas halaman Google. Meskipun tidak ingat kapan mengaktifkannya, saya membiarkan saja pengaturan tersebut karena menurut saya cukup bagus.

Sejujurnya, saya juga kurang tahu dan tidak begitu merasakan perbedaan saat SafeSearch aktif dan tidak. Mungkin karena selama ini saya merasa tidak mengalami masalah dengan hasil penelusuran yang ada. Dengan kata lain, apa yang saya cari sudah tersedia dalam keadaan safesearch aktif.

Pernah suatu ketika saya sedang mencari gambar di situs Pixabay. Saya hanya mencari gambar biasa tentang bioskop. Rupanya dari beberapa gambar tersebut, ada gambar yang diblokir dengan tulisan Safesearch. Meskipun ada sedikit penasaran tentang gambar yang ditutup tersebut, saya tidak iseng membukanya. Toh, gambar yang saya inginkan sudah ketemu.

Bermula dari hal tersebut, saya jadi ingin tahu lebih jauh mengenai safesearch. Saya pun memasukkan kata kunci Safesearch Google Chrome di halaman pencarian Google. Artikel paling atas adalah halaman support google yang berisi penjelasan tentang safesearch.

Memblokir hasil ekplisit di Google menggunakan SafeSearch
Anda dapat memfilter hasil penelusuran eksplisit di Google, seperti pornografi, dengan setelan SafeSearch. SafeSearch tidak 100% akurat. Namun, SafeSearch dapat membantu Anda menghindari hasil penelusuran yang eksplisit dan tidak pantas di ponsel, tablet, atau komputer.

Adapun artikel lainnya yang masih berada di halaman satu Google, semua membahas bagaimana cara menonaktifkan safe search Google.

Ada apakah gerangan?
Mengapa banyak yang membahas cara mematikan safesearch?
Apakah banyak orang yang tidak suka dengan safesearch hingga berusaha menonaktifkannya?
Karena penasaran, saya pun menelusuri artikel tersebut satu-persatu.

Artikel pertama yang saya baca membahas mengenai Safesearch yang merupakan situs pencarian abal-abal. Dalam artian, situs ini justru mengarahkan pengguna ke halaman yang tidak diinginkannya. Secara umum, safesearch yang diabahas di sini berbeda dengan yang berada dihalaman Google, jadi kita abaikan saja.

Artikel berikutnya menceritakan bahwa safesearch yang kita temui selama ini memang bukan pengaturan yang dilakukan secara personal. Melainkan pengaturan dari pemerintah melalui kominfo sehingga para pengakses internet dari Indonesia akan mendapati halaman safesearch aktif. Tujuannya tentu saja untuk memblokir situs-situs yang tidak pantas.

Adapun alasan seseorang berusaha menonaktifkan safesearch ada beragam. Ada yang beralasan bahwa jika safesearch aktif, hasil penelusuran kadang kurang maksimal sesuai yang diinginkan. Adapun alasan lainnya mungkin bisa pembaca pikirkan sendiri.

Jika membaca tutorial yang ada, menonaktifkan safesearch tidaklah sulit. Apalagi jika menggunakan VPN yang sudah kerap dilakukan bagi para blogger. Adapun untuk saya pribadi, saya tidak berniat untuk mematikannya. Saya sudah cukup senang dengan hasil penelusuran yang ada. Bagaimana dengan Anda?

12 comments

  1. Tos mba... saya juga membiarkan aktif, karena tidak tau cara mematikannya hehehe

    ReplyDelete
  2. Aku malah nggak tau sama sekali
    Kayaknya dari awal nggak pernah pake dan nyalain itu deh, syukurlah wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Safe search memang aktif sendiri, karena kita di Indonesia. Tapi kalo pake vpn kayanya ngga aktif deh.

      Delete
  3. ga mikirin Nisa..baru kepikir abis baca tulisan ini. Sebelumnya sih ga pernah meluangkan waktu tuk melihat 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena bagi kita, efeknya tidak signifikan, jadi ngga diperhatikan.

      Delete
  4. wah baru tahu nih kak safesearch google, ternyata google membatasi konten yang ditampilkan di hasil pencarian ya, mantap juga dia ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, setidaknya laman hasil pencarian jadi lebih bersih.

      Delete
  5. saya gak pernah pake gugel kalo buat nyari2 sesuatu
    saya pakenya duckduckgo.. jadi masih bisa liat foto2nya vinnie kuntadi dengan leluasa

    ihik.. ihik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah juga pake duckduckgo, tapi saya lebih suka pake google.

      Delete
  6. Saya tau cara mematikannya tapi, Ada Anissa yang terkadang memakai perangkat perangkat saya buat ngeblog, jadi saya biarkan saja he he he...kan malu kalau browsing yang gak gak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarin aja, ngga usah dimatikan. Biar hati lebih nyaman, hehe.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon