Gagal Ekstrak File Rar di Laptop, Apa Solusinya?

Apakah kalian suka download file rar dari internet? Suka sih relatif, tapi kalo pernah mungkin iya. Lalu pernahkah kalian gagal saat ingin mengekstrak file tersebut? Saya pribadi sering malah.

Pernah suatu ketika mendownload anime yang mau ditonton. Setelah sekian ratus mega kuota terpakai dan download berhasil, file gagal untuk diekstrak. Sungguh menyebalkan sekali.

Dulu saya memikirkan hanya ada dua kemungkinan kenapa file tersebut gagal untuk diekstrak.

1. File yang diupload memang sudah rusak dari sananya.
2. File rusak atau corrupt saat proses download.

Solusi kasus pertama adalah dengan mencari file di situs lain yang semoga saja filenya tidak rusak. Perlu kesabaran memang.

Solusi kasus kedua, download ulang dan pastikan proses tidak terganggu. Supaya file tidak corrupt lagi.

Meski disebut solusi, kedua cara di atas tetap menyebalkan. Karena saya tetap harus melakukan proses download sekali lagi. Waktu dan kuota kembali terkuras.

Kabar baiknya, beberapa hari yang lalu, saya menemukan alasan ketiga file tidak bisa diekstrak.

3. Aplikasi winrar di laptop tidak update

Alasan ketiga ini kesannya sepele banget dan hampir tak pernah saya pikirkan. Berbeda dengan file zip yang bisa diekstrak langsung tanpa aplikasi khusus, file rar hanya bisa diekstrak dengan aplikasi winrar. Tentu saja, aplikasi winrar sudah terinstal di laptop saya.

Saya baru saja membeli template baru untuk blog. File template tersebut dalam bentuk rar. Penjual pun menyarankan untuk melakukan ekstrak dengan aplikasi winrar 5.5 atau yang lebih baru.

Awalnya, saya coba saja langsung ekstrak dengan aplikasi winrar yang sudah ada di laptop. Dan, tara,,, hasilnya gagal.

Sesuai saran penjual, saya pun langsung download dan instal aplikasi winrar terbaru yang ukurannya tidak sampai 10 MB. Setelah aplikasi terinstal, proses ekstrak pun menjadi lancar.

Setelah kejadian tersebut, saya pun jadi berpikir ulang. Jangan-jangan proses gagal ekstrak yang banyak saya alami selama ini bukan karena file nya yang rusak. Tapi karena aplikasi winrar saya yang tidak update.

Memang demikianlah manusia. Kadang kita menyalahkan orang lain atas kegagalan yang kita alami (misalnya nayalahin yang upload file), padahal kesalahan ada pada diri sendiri (tidak update aplikasi). Semoga jadi pembelajaran untuk diri saya pribadi dan bermanfaat bagi pembaca.

4 comments

  1. Saya malah jarang gagal extak file Rar,mungkin karena Rar yang di intall di laptop versi yang baru,dan saya enggak pernah download anime. hehehe.

    Paling sering download source kodingan.

    Pernah sih gagal extrak tapi ada tulisannya file Corrupt.

    nanti kalau ngalamin kegagalan, saya coba cek versi rar-nya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah ngga ngerti source coding, hehe.

      Tapi jika file yang didownload lumayan besar, mending cek versi winrar, kan lumayan daripada harus download ulang.

      Delete
  2. wah ternyata winrar juga perlu di update ya kak, saya kira asal pakai aja di laptop hehehe :D bisa jadi pelajaran berharga nih buat kedepannya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Updatenya jika versi yang digunakan sudah terlalu jadul. Tidak perlu setiap ada versi baru harus update.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon