Google Doodle Ikut Rayakan Pemilu 2019

Hari ini 17 April 2019, negara Indonesia menggelar pesta demokrasi berupa pemilihan umum (pemilu). Pemilu kali ini mencakup pemilihan presiden dan calon legislatif. Setelah berbulan-bulan disuguhi dengan berbagai kampanye politik, hari ini rakyat Indonesia menentukan pilihannya.

Google pun ikut berpartisipasi dengan mengeluarkan Google versi Pemilu Indonesia 2019. Tampak peserta pemilu yang sedang berbaris untuk memasukkan surat suara ke kotak suara. Masing-masing orang memegang lima lembar surat suara sesuai jumlah surat suara yang akan dicoblos hari ini. Bahkan tampak seorang ibu di kursi roda yang ikut pemilu. Ini menampakkan antusiasme yang besar untuk menyalurkan suara.

Ketika gambar Doodle tersebut diklik, pengguna akan diarahkan ke halaman penelusuran Google tentang "cara memilih #Indonesia". Hasil pencarian paling atas berisi penjelasan tentang cara memberikan suara dan bagaimana tata cara memilih yang benar pada pemilu 2019.

Berbeda dari hasil penelusuran biasanya yang hanya berisi sedikit ringkasan dan link rujukan. Hasil paling atas yang mencul tersebut berisi penjelasan yang cukup lengkap dan rinci. Dengan membaca halaman tersebut saja sudah bisa memahami ringkasan lengkap tentang pemilu.

Di bagian bawahnya terdapat Doodle Video tentang pemilu 2019 di Indonesia. Video ini berasa dari Chanel Youtube milik Doodle Video. Video ini berbahasa Inggris dan menjelaskan tentang pemilu tahun ini. Sayangnya video berdurasi pendek ini lebih banyak berisi tulisan dan bukan animasi, sehingga kurang menarik untuk ditonton.

Hari ini sepertinya akan menjadi hari yang panjang. Hari ini juga akan menjadi hari yang menentukan kemana langkah Indonesia 5 tahun ke depan. Semoga Allah memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

2 comments

  1. Google tahu yang dirasakan rakyat indo ya kak 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pikir setelah nyoblos kita akan segera tahu hasilnya. Ternyata KPU menunda pengumumannya hingga 22 Mei. Mungkin Google nanti akan ngucapin selamat jika pengumumannya sudah resmi.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon