Cara Cepat Menghapus Banyak Komentar di Blog

Hari ini saya berkunjung ke Maniak Menulis. Artikel terbaru disana menyatakan bahwa kolom komentar terpaksa kembali dimoderasi karena Maniak Menulis baru saja diserang oleh komentar spam yang banyak sekali. Semua artikel ada komentar spamnya. Hmm,,, pasti sangat menjengkelkan sekali.

Blog ini sendiri juga sering dapat komentar spam, tapi tidak sampai semua artikel secara berbarengan. Tapi tentu saja jumlahnya pernah mencapai puluhan yang akan sangat menyebalkan jika harus dihapus satu-satu.

Lalu adakah cara cepat menghapus banyak komentar spam di blog? Untuk blog dengan platform blogger, inilah cara yang saya lakukan untuk menghapus banyak komentar spam sekaligus.

Masuk ke beranda Blogger
Pilih Komentar

Dalam satu halaman, saya biasanya memilih 100 komentar yang ditampilkan. Angka ini bisa dirubah menjadi 50, 25 dan 10.

Jika komentar spam yang muncul sampai seratus atau memenuhi halaman tersebut, maka silakan ceklis bagian atas komentar disamping tulisan Hapus Konten. Dengan begitu, semua komentar yang berada dihalaman itu akan terceklis. Selanjutnya silakan klik Hapus atau Spam. Dengan sekali klik semua komentar tersebut akan bersih.


Jika komentar spam lebih dari seratus, ulangi langkah tersebut. Jika kurang dari 100, silakan pilih 50, 25, atau yang mendekati. Kemudian ulangi cara di atas.

Jika komentar spam hanya ada belasan, dapat juga dengan melakukan ceklis manual pada setiap komentar spam yang masuk. Dibagian akhir, klik Hapus atau Spam. Ceklis manual ini juga berguna agar jangan sampai komentar biasa ikut terceklis dan dihapus.

Untuk membersihkan folder komentar spam, juga dapat dilakukan hal yang serupa. Cukup contreng sekali di bagian atas kemudian hapus semua isi folder dengan sekali klik.

Cara ini menurut saya cukup efektif untuk menghapus banyak komentar sekaligus. Tapi tentu saja, cara ini memang tidak bisa menghalangi seseorang yang meninggalkan spam di kolom komentar. Pemilik blog tetap harus rajin mengecek kolom komentar jika ada spam yang bercokol di sana.

Sebagai blogger, inilah yang saya lakukan terhadap kolom komentar di blog ini. Tentu saja setiap orang memiliki cara masing-masing dalam mengelola kolom komentar di blognya. Bagaimana dengan Anda?

0 komentar

Post a Comment

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar