3 Alasan Situs Tidak Bisa Dipercaya

3 Alasan Situs Tidak Bisa Dipercaya
Bangku kuliah adalah pertama kalinya saya mengenal dunia internet. Para dosen menyarankan untuk mencari rujukan di internet. Tapi mereka tidak mengizinkan mengambil sumber dari blog, alasannya tidak bisa dipercaya.

Setelah beberapa tahun mengenal blog dan internet, saya pun mulai bisa memilah situs yang bisa dipercaya dan tidak bisa dipercaya. 

Berikut adalah 3 Alasan Situs Tidak Bisa Dipercaya

1.  Konten Tidak Masuk Akal

Bagi saya, isi dari situs yang tidak masuk akal dan menyesatkan adalah alasan utama untuk tidak mempercayai suatu situs atau website. 

Misalnya ada artikel yang berjudul "Breaking News, Telah Lahir Nabi ke 26". Tanpa harus melihat sumbernya, saya sudah auto tidak percaya dengan situs tersebut. Isinya sudah jelas-jelas kebohongan. Tidak perlu membuang waktu untuk membaca artikelnya.

2. Alamat dan URL Situs Palsu

Mungkin hampir semua orang pernah dapat SMS penipuan yang menyatakan bahwa Anda telah memenangkan hadiah puluhan juta rupiah. Alamat situsnya biasanya adalah alamat blog gratisan. Cukup dengan membacanya, saya langsung tidak percaya.

Oleh karenanya, situs resmi biasanya menggunakan domain berbayar. Pengguna pun akhirnya lebih mudah membedakan situs resmi dengan situs palsu.

3. Orang di Balik Situs

Maksudnya adalah pemilik, pengelola dan atau penulis di situs tersebut. Bahkan situs resmi sekalipun bisa kehilangan kepercayaan pembaca jika penulis situs dianggap tidak dapat dipercaya.

Hal tersebut akhir-akhir ini terjadi pada situs KPU. Situs KPU adalah situs resmi yang dikelola olah petugas KPU. Tapi penemuan adanya beberapa kesalahan input menyebabkan kepercayaan kepada situs ini berkurang. 

Meskipun masih menjadi situs resmi, hasil sementara saat ini belum bisa dijadikan pegangan. Rakyat Indonesia lebih banyak yang menanti hasil putusan akhir yang akan diumumkan bulan depan.

Demikianlah beberapa alasan situs tidak dapat dipercaya. Ketiga alasan tersebut berkaitan dan saling mempengaruhi. Selain itu alasan tersebut juga tidak mutlak, terutama mengenai alamat situs. 

Tidak semua domain berbayar bisa dipercaya, dan juga tidak semua domain gratis tidak dapat dipercaya. Hal ini berkaitan erat dengan konten dan pemilik situs. Keputusan akhir kembali kepada pembaca apakah ingin percaya atau tidak. Seperti Anda yang membaca artikel ini, percaya atau tidak kembali kepada diri Anda sendiri.

8 comments

  1. Saya percaya tulisan yang dibuat di Maringenet walau hanya sebuah blog. Alasannya, saya cukup kenal dengan pemiliknya yang selain pandai juga tidak neko-neko saat menulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoho, kebalikan dari artikel di atas, mengenal pemilik situs bisa menjadi salah satu alasan untuk mempercayai suatu situs.

      Delete
  2. wah ternyata ada ciri-ciri nya ya kak situs palsu dan situs asli yang oroginal kredibel, jadi lebih paham nih saya agar bisa bedakan situs tidak bisa dipercaya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terutama situs yang berhubungan dengan keuangan, harus berhati-hati supaya tidak tertipu.

      Delete
  3. 1. Selamat yah Mbak sudah ganti template, hehehe....

    2. Poin ke-1, 2 dan 3 setuju sekali, terutama yang pertama, kalau ngak masuk akal mendingan kabooorrr saj, dari pada ntar kita masuk kali, hahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya, baru ganti template. Masih diotak-atik.

      Kalo masuk kali basah dong ya,,,

      Delete
  4. Setelah membaca beberapa tips diatas jadi tahu gambaran situs yg dapat dipercaya dan tidak, Nuhun Sob

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon