Tampilan Baru Iklan Tautan Adsense

Hari ini saya baru memperhatikan ada yang baru pada tampilan iklan yang muncul di laman artikel blog ini. Rupanya tampilan baru tersebut ada pada tampilan iklan tautan.

Saya sendiri tidak pernah melakukan perubahan pada tampilan unit iklan tautan. Mungkin karena saya terlalu malas untuk melakukan modifikasi. Format yang saya gunakan adalah format default yang berwarna biru.

Meskipun saya tidak melakukan perubahan apapun. Tapi Google selalu melakukan perubahan. Diantaranya adalah tampilan unit iklan tautan yang sekarang berbentuk seperti ini.


Ini bukanlah pertama kalinya Google melakukan perubahan pada tampilan unit iklan tautan. Dulu juga pernah ada modifikasi yang menampilkan warna gradasi. Salah satu teman blogger pernah memperlihatkannya dalam grup.

Maka jika sekarang muncul tampilan baru lagi, ini bukanlah sesuatu yang aneh. Segalal sesuatu pasti pengalami perubahan. Yang tidak pernah berubah adalah perubahan itu sendiri.

Perubahan tampilan iklan tautan Adsense ini hanyalah salah satu jenis perubahan yang dilakukan Google. Ada perubahan lain yang dilakukan dan banyak menarik perhatian seperti perubahan alogaritma yang menyebabkan posisi berbagai situs jungkir balik, ada yang naik dan ada yang turun.

Saya sebagai seorang blogger dan publisher adsense hanya bisa berharap bahwa perubahan ini juga akan membawa kebaikan kepada saya. Selain itu, saya pun berusaha untuk berubah menjadi lebih baik lagi.

2 comments

  1. Bulan Agustus 2018 saat Google update algoritma, semua blog saya bertumbangan.. kehilangan hampir 50% traffic.

    Bulan Maret 2019 ini, saat dilakukan perubahan algoritma lagi, situasi seperti kembali ke sebelum update bulan Agustus. Trafiknya membaik.

    :-D Senang dan sedih memang merupakan bagian dari kehidupan ..Sesuatu yang memang harus diterima oleh para blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asalkan keinginan blogging tetap ada, traffik yang turun naik tidak akan menjadi penghalang untuk menulis. Walaupun saya pribadi juga menulisnya tetap jarang.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon