IAPD Migrasi dari Google Plus ke Facebook

February 07, 2019
Setiap kali membuka Google Plus, kini ada pemberitahuan di bagian atas bahwa layanan Google Plus akan dihentikan mulai tanggal 2 April 2019. Pemberhentian google plus tersebut akan berpengaruh terhadap banyak hal, salah satunya adalah komunitas Google Plus.

IAPD adalah salah satu komunitas Google Plus yang saya ikuti. IAPD merupakan singkatan dari Indonesian Adsense Publisher Discussion. Sesuai namanya, IAPD adalah grup diskusi yang berisi para penayang Google Adsense. Di dalam grup ini, tidak hanya masalah adsense yang dibahas, tapi juga seputar blog dan Youtube. Selain itu grup ini menjadi wadah silaturrahmi bagi sesama anggotanya.

IAPD didirikan oleh Mba Indri Lidiawati yang merupakan admin dari blog Juragan Cipir. Anggota blog Juragan Cipir adalah orang-orang yang pertama kali tergabung dalam IAPD. Selanjutnya anggota IAPD terus bertambah hingga lebih dari seratus ribu anggota. Sedangkan Mba Indri selaku owner dari komunitas ini menghilang dari dunia blogging selama 3 tahun terakhir.

Saat mendekati masa-masa penutupan Google Plus, para anggota IAPD pun berusaha mencari wadah pengganti agar grup diskusi ini tidak mati. Banyak anggota yang telah merasakan manfaat adanya komunitas ini. Saya yang hanya menjadi anggota pasif pun banyak mendapatkan manfaat dengan membaca isi diskusi di dalam forum. Oleh karenanya, sangat disayangkan jika tidak ada forum pengganti.

Dari berbagai usulan, akhirnya disepakati bahwa IAPD akan bermigrasi dari Google Plus ke Facebook. Hal ini pun telah disetujui oleh Mba Indri yang sekarang sudah mulai kelihatan lagi di forum diskusi. Silakan kunjungi link berikut grup IAPD yang baru di Facebook.

Proses migrasi dari Google Plus ke Facebook tentunya memakan waktu yang tidak sedikit. Tapi saya berharap forum ini tetap rame seperti biasanya dan memberikan pencerahan pada para anggotanya.

Penghentian layanan Google Plus memang tidak bisa dibatalkan. Tapi bukan berarti kita berada di jalan buntu. Masih ada layanan lain yang bisa digunakan untuk wadah diskusi dan silaturrahmi. Oleh karenanya, happy blogging.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

6 Comments

  1. Kirain cuma akun google plus saya doang yang ditutup, jadi semua yah ditutupnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, semua akun google plus akan ditutup April mendatang.

      Delete
  2. Iya NIsa.. memang sayang kalau sampe ditutup. Saya bakalan kehilangan tempat buat cari teman berantem... wkwkwkw...

    Meskipun kadang menyebalkan, tetapi saya pikir, IAPD harus coba tetap ada walau di medium lain. Sayang sekali kalau sampai punah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Pak. Meskipun cuma jadi silent reader, saya suka berkunjung ke IAPD.

      Delete
  3. Kalau saya gak begitu aktif di g.plus, bahkan hampir gak pernah. Cuma untuk share post saja. Tapi sebenarnya saya kurang suka kalau profil blogger menggunakan profil g.plus, soalnya kalau klik nama org yg berkomentar harus pergi ke g.plus dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Profil blogger yang menggunakan G Plus biasanya dapat langsung share artikel baru secara otomatis. Mungkin karena itu juga banyak yang pakai. Tapi berhubung sekarang Google plus mau ditutup, saya mengembalikan profil untuk blog menjadi profil blogger saja.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *