Aplikasi Webtoon Versi Terbaru, Tidak Bisa Screenshoot?

February 20, 2019
Webtoon adalah aplikasi baca komik yang cukup saya sukai. Kelebihannya dibandingkan dengan situs baca komik lainnya adalah Webtoon juga menampilkan komik-komik karya anak bangsa yang tidak kalah bagusnya jika dibandingkan dengan komik karya negara lain.

Beberapa komik favorit saya diantaranya : 7 Wonders, Eggnoid, Flawless, dan We Are Pharmacists. Jangan tertipu dengan judulnya, komik-komik tersebut semuanya berbahasa Indonesia.

Seperti biasa, pada Rabu pagi yang saya baca biasanya adalah Flawless. Setelah selesai membaca komiknya, biasanya saya juga membaca komentarnya untuk melihat tanggapan para pembaca lainnya. Ada beberapa komentar yang menjadi komentar terbaik.

Salah satu komentar terbaik kali ini berbunyi : "Beruntung banget, baru bukak udah di kasih wallpaper elios, untung ver Webtoon ku masih ver lama :v"

Saya pun jadi bertanya-tanya. Memangnya ada apa dengan webtoon versi terbaru. Tapi ketika gambar Elios (tokoh utama dalam cerita Flawlees) disinggung, pikiran saya langsung menuju ke screenshoot.

Ternyata benar saja. Dari beberapa komentar lain yang saya baca, rupanya webtoon versi terbaru tidak bisa discreenshoot atau dicapture. Padahal selama ini banyak pembaca yang suka mengambil SS (Screenshoot) gambar yang bagus untuk dijadikan wallpaper maupun untuk update status.

Saya pun mencoba melakukan ss pada layar webtoon saya. Bukannya memperoleh gambar SS, malah muncul peringatan: " Tidak dapat mengambil tangkapan layar. Foto layar gagal, mungkin ruang penyimpanan tidak cukup, atau aplikasi ini atau unit Anda tidak mengizinkannya."

Saya yakin sekali bahwa ruang penyimpanan Hp masih tersedia. Sesuai yang dikatakan oleh pembaca lainnya, Webtoon versi terbaru tidak bisa discreenshoot. Kebetulan punya saya memang versi terbaru karena saya cukup rajin untuk mengupdate berbagai aplikasi yang ada di android saya.

Lalu apakah kita benar-benar berada di jalan buntu untuk masalah screenshoot layar webtoon?

Sebenarnya tidak juga. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk memperoleh gambar dari webtoon tersebut.

1. Minta SS dari teman yang masih menggunakan webtoon versi lama.

Jika memiliki teman yang juga penggemar Webtoon. Dan kebetulan dia masih menggunakan webtoon versi lama. Silakan menita tolong dengannya untuk SS gambar yang diinginkan. Kemudian minta kirimkan lewat WA.

Tapi tentu saja cara ini bukan yang paling efektif. Karena kita memerlukan bantuan orang lain dan tidak bisa langsung dikerjakan sendiri.

2. Buka Webtoon lewat Browser (Chrome atau Mozilla, dll)

Meskipun sudah tersedia aplikasi Webtoon, Webtoon tetap bisa dibuka lewat browser seperti Google Chrome, Mozilla atau lainnya. Saya sendiri lebih suka pake Chrome.

Kunjungi situs Webtoon di https://m.webtoons.com/id/
Anda bisa membaca komik sepuasnya di sana sama seperti di aplikasi Webtoon. Dan pastinya, gambar di sini bisa discreenshoot sesuka hati.

Versi Webtoon yang terbaru bukanlah penghalang dari koleksi gambar-gambar bagus dari Webtoon. Meskipun saya juga tidak terlalu sering melakukan SS. Setidaknya saya tidak mempermasalahkan versi terbaru yang mencegas SS. Siapa tahu jika diperbaharui lagi, SS dapat dilakukan dengan mudah.

Daripada mikirin SS, saya lebih senang bisa membaca komik bagus setiap hari. Semoga para Author selalu diberi kesehatan sehingga bisa menghasilkan karya terbaik setiap pekannya.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

4 Comments

  1. Masih demen baca Eggnoid ternyata, saya malah gak ngerti jalan ceritanya walaupun beberapa kali ketemu authornya dan ngobrol bareng. Oh iya waktu itu udah saya sampein ada salam dari fans nya di kalimantan yaitu Khairunnisa. kemarin sempat kepikir salam baliknya di rekam terus di kirim lewat WA sebagai kenang-kenangan. tapi saya terlambat melakukannya, maybe next kalau ketemu lagi mau saya rekam spesial khusus buat bu guru. Setujukah?


    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, seneng banget saya kalau Mas Andi berkenan mau ngasih. Terima kasih salamnya sudah disampaikan. Eggnoid memang masih menjadi salah satu komik favorit saya.

      Delete
  2. Saya belum pernah coba2 buka aplikasi ini Mbak, padahal dulu saya suka sekali baca yang seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru Kang bacanya. Walaupun kuota berkurang jadinya, hehe.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *