Cara Membalas Email Secara Otomatis (AutoReply) di Gmail

Sampai saat ini saya masih mengikuti pembelajaran Bahasa Arab secara online lewat WhatsApp. Setiap pekan ada PR yang harus diselesaikan dan dikirim lewat WA dan email. Setelah mengirim email, biasanya saya selalu langsung memperoleh email balasan. Email balasan tersebut berisi pernyataan konfirmasi bahwa email telah diterima.

Setiap pekan, email balasan yang saya terima isinya selalu sama. Waktu dibalasnya pun tepat setelah saya berhasil mengirim email. Oleh karenanya, saya yakin bahwa email yang saya terima adalah email balasan yang dikirim secara otomatis atau AutoReply.

Berhubung email tersebut juga menggunakan gmail seperti saya, maka saya pun penasaran bagaimana cara membalas email secara otomatis di gmail. Setelah ditelusuri, ternyata caranya mudah saja.

Cara Membalas Email Secara Otomatis di Gmail

Login ke akun gmail
Pilih setelan/setting di sebelah kanan atas atau kunjungi
https://mail.google.com/mail/u/0/#settings/general

Akan tampil menu general setting.
Silakan scrool ke bawah sampai menemukan Vacation Responder
Pilih Vacation Responder On
Tentukan First Day, atau tanggal pertama ingin mulai digunakannya email balasan otomatis.
Tentukan Last Day atau tanggai terakhir, boleh juga dikosongkan.
Tulis Subject atau Judul email balasan
Tulis email balasan yang ingin disampaikan.

Cara Membalas Email Secara Otomatis (AutoReply) di Gmail

Jika ingin membatasi agar email balasan hanya terkirim kepada email yang ada di kontak saja, silakan ceklist Only sent response to people in my contact. Jika ingin email balasan agar terkirim kepada semua email yang masuk, maka abaikan.

Terakhir, klik Save Changes.

Bagi yang penasaran apakah pengaturan tersebut sudah berhasil atau belum, bisa mencobanya dengan mengirim email dari email lain ke email yang sudah diatur tersebut. Jika berhasil, email balasan akan langsung diterima.

Ada beberapa alasan penggunaan email balasan otomatis. Diantaranya adalah :

- Sedang liburan. Sesuai namanya, vacation responder adalah email otomatis yang digunakan ketika yang bersangkutan sedang libur dan tidak bisa membalas email secara langsung. Isi email otomatis biasanya berisi pernyataan bahwa yang bersangkutan sedang libur dan akan segera merespon isi email setelah selesai liburan

- Konfirmasi Email Diterima. Seperti halnya email tugas PR yang saya kirim setiap pekan, tentu saya berharap agar email tersebut memang benar-benar terkirim. Maka adanya email balasan membuat saya yakin bahwa email memang benar-benar sampai. Isi balasannya pun sekedar konfirmasi bahwa email sudah diterima. Saya memang tidak mengharapkan balasan yang lain, karena komunikasi lebih banyak dengan WA

- Email Perusahaan. Beberapa perusahaan menggunakan email balasan otomatis. Seperti halnya email autoreply dari bantuan Google Adsense. Isinya biasanya menyatakan konfirmasi email sudah diterima dan menyatakan bahwa akan ada tindakan lanjut.

Setelah mengetahui beberapa alasan di atas saya belum memutuskan untuk menggunakan email balasan otomatis. Karena untuk saya pribadi hal tersebut belum penting. Tapi setidaknya, sekarang saya sudah tahu bagaimana mengirim email balasan secaraa otomatis di gmail.

0 komentar

Post a Comment

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar