VCN BNI Syariah, Solusi Pengganti Kartu Kredit

October 15, 2018
Apakah Anda memupunyai kartu kredit? Saya tidak memiliki kartu kredit. Karena sehalus apapun bahasa marketing yang digunakan, bagi saya kredit adalah hutang. Dan saya tidak mau memiliki kartu hutang yang akan menarik saya untuk berhutang.

Sebagai seseorang yang memiliki rekening tabungan di bank, saya juga pernah memperoleh telpon marketing yang menawarkan kartu kredit. Setelah berbasa-basi mendengarkan, keputusan saya tetap bulat, saya tidak ingin memiliki kartu kredit.

Saat browsing di internet dan tertarik dengan suatu layanan, kadang saya juga dibenturkan dengan masalah pembayaran. Beberapa situs luar atau berskala internasional, hanya menerima pembayaran dengan kartu kredit/debit Mastercard dan Visa.

Saat dibaca sepintas, mestinya bisa dong pakai karta ATM yang sudah ada logo Mastercardnya. Kenyataannya, kartu tersebut tidak diterima. Bank lokal yang mengeluarkan kartu ATM tersebut ternyata tidak memberikan fasilitas tersebut.

Dulu saya sempat dongkol, dengan kebijakan tersebut. Mastercard apanya coba. Tapi selidik punya selidik, hal tersebut justru untuk menjaga keamanan dana nasabah yang tersimpan di rekening. Jika hanya dengan memasukkan nomor yang tertera di kartu ATM saja uang bisa ditarik, berapa banyak uang nasabah yang akan kebobolan. Kasus kartu ATM hilang bukan sekali dua. Belum lagi banyaknya orang yang gambar ATM beserta nomornya yang tersebar di dunia maya. Untuk perlindungan dana nasabah, memasukkan nomor kartu ATM saja ke situs belanja tidak akan bisa digunakan untuk pembayaran.

Sehubungan dengan hal di atas, saya pun maklum dengan keterbatasan kartu ATM yang kita miliki. Tapi itu hanya penjelasan, belum menjadi solusi saat kartu kredit diperlukan. Pada saat seperti itu, kadang pikiran untuk memiliki kartu kredit menghampiri saya. Tapi bayangan hutang masih menjadi penghalang yang ampuh.
VCN BNI Syariah, Solusi Pengganti Kartu Kredit
Tahun kemarin, saya berkenalan dengan salah satu produk BNI Syariah, yaitu Hasanah Debit Online yang menerbitkan Virtual Card Number (VCN) yang bisa digunakan untuk pembayaran yang menggunakan mastercard.

Awalnya saya ingin membeli domain di Google Domain. Sedangkan metode pembayarannya harus menggunakan kartu debit/kredit mastercard. Saya memang tidak memiliki kartu kredit, tapi saya memiliki tabungan di rekening BNI syariah. Tabungan saya tersebut sudah menggunakan ATM dengan log mastercard. Saya pun sudah mengaktifkan layanan BNI Syariah Mobile Banking.

Dengan adanya VCN BNI Syariah, saya pun akhirnya bisa melakukan pembelian domain di Google Domain. Untuk request VCN pun sangat mudah, yaitu dengan menggunakan BNI Syariah mobile banking. Dapat juga menggunakan SMS banking dan internet banking. Tapi saya pribadi lebih menyukai mobile banking BNI Syariah.

Baca juga Cara Menggunakan BNI Debit Online Lewat Mobile Banking BNI

Selain untuk pembayaran di Google Pay, VCN BNI Syariah juga bisa digunakan di marketplace seperti Tokopedia dan lainnya. Salah satu artikel di Kaskus menyebutkan bahwa VCN BNI juga bisa digunakan untuk verifikasi Paypal. Berhubung Paypal saya sudah terverifikasi sejak lama, jadi saya tidak menggunakan VCN.

Masih banyak lagi kelebihan VCN BNI Syariah. Salah satu kelebihan utamanya adalah masalah keamanan. Seperti disebutkan sebelumnya, data kartu ATM nasabah bersifat rahasia, namun mudah bisa dilihat orang lain jika kartu hilang. Sehingga nomor tersebut tidak bisa digunakan untuk pembayaran. Adapun VCN, bersifat virtual dan ada masa berlakunya. Oleh karenanya tidak bisa untuk disalahgunakan. Selain itu sebuah VCN hanya bisa digunakan untuk satu kali transaksi. Jika ingin melakukan pembayaran yang lain, maka harus kembali melakukan request VCN.

Baca Juga Kelebihan VCN BNI Syariah Hasanah Debit Online

Dengan adanya VCN BNI Syariah debit online ini, maka saya pun semakin mudah melakukan pembayaran online dengan mastercard. Godaan untuk membuat kartu kredit pun semakin jauh. VCN BNI syariah adalah solusi yang tepat untuk menggantikan kartu kredit dalam pembayaran online. Namun jika memiliki kartu kredit dengan niat memang mau ngutang, solusinya tentu sudah beda.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
Adin Ikhwan
AUTHOR
October 16, 2018 at 7:31 AM delete

bisa dipake buat grab gak ya? saya pernah nyoba tapi belum berhasil. :(

Reply
avatar
October 16, 2018 at 8:42 AM delete

Belum pernah nyoba, jadi kurang tahu juga.

Reply
avatar
Kang Nata
AUTHOR
October 21, 2018 at 10:01 AM delete

Infonya pada dan bermanfaat Mbak, saya juga tidak ada kartu kredit,pernah kepikiran buat kartu kredit ketika ada orang yang mau transfer uang via Pay pal, namu saya batalkan pembuatannya, khawatir saya nanti jadi hobi berhutang. :)

Reply
avatar
October 21, 2018 at 7:01 PM delete

Itu juga alasan saya ngga punya kartu kredit sampai sekarang.

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *