10 Situs Dengan Alexa Tertinggi di Indonesia Tahun 2018

October 14, 2018
Hari ini saya iseng membuka Alexa sekedar untuk melihat peringkat berbagai situs di Indonesia. Berdasarkan ingatan saya, ada banyak perubahan dalam peringkat situs tersebut, walaupun peringkat pertamanya masih sama. Entah Alexa yang memperbaharui kriteria penilaiannya, atau situs-situs tersebut yang banyak mengalami perubahan.

Berikut adalah 10 situs dengan peringkat Alexa tertinggi di Indonesia yang di cek pada bulan Oktober 2018.

10 Situs Dengan Alexa Tertinggi di Indonesia Tahun 2018

1. Tribunnews.com

Sejak kemunculannya, situs ini sudah lama bertahan di peringkat Alexa tertinggi di Indonesia. Sebagai situs berita, situs ini memang selalu update informasi setiap waktunya. Belum lagi tampilannya yang menghabiskan beberapa halaman untuk satu artikel saja. Meski kadang menyebalkan, saya juga sering membaca berita dari situs ini.

2. Google.com

Google akhirnya meraih peringkat kedua di Indonesia berdasarkan Alexa. Sampai saat ini, Google memang merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh jutaan orang Indonesia.

3. Youtube.com

Jika ingin mencari video, Youtube adalah jawabannya. Jutaan orang menonton video di Youtube setiap harinya. Maka situs berbagi video milik Google ini pun memperoleh peringkat ketiga di Indonesia menurut Alexa.

4. Google.co.id

Domain Google yang menggunakan extensi negara Indonesia ini, tentu saja juga banyak dikunjungi di Indonesia. Secara otomatis pengunjung google yang berasal dari Indonesia biasanya akan diarahkan ke Google.co.id. Walaupun ada juga yang tetap bertahan di Google.com

5. Detik.com

Sebelum tribunnews muncul, kebanyakan orang membaca berita di detik.com. Saya pun dulunya begitu. Meskipun berada di bawah tribunnews menurut Alexa, pembaca detik pun tetap berjumlah jutaan hingga sekarang.

6. Tokopedia.com

Rupanya Tokopedia adalah marketplace dengan Alexa tertinggi untuk saat ini. Selain itu iklan Tokopedia memang cukup banyak ditemui. Maka pengunjung market place ini pun juga banyak jumlahnya. Meski tidak sering, saya pun beberapa kali belanja online di sini.

7. Bukalapak.com

Buka lapak juga merupakan marketplace atau tempat belanja online yang terkenal di Indonesia. Berdasarkan perhitungan Alexa, ia berada satu tingkat di bawah Tokopedia

8. Liputan6.com

Dulu saya suka sekali menonton berita di liputan 6 di TV saat channel TV masih sedikit. Sekarang liputan6 pun juga hadir di internet dengan beragam berita. Walau saya pribadi jarang membaca berita di sini.

9. Kompas.com

Kompas merupakan situs berita yang menyajikan berbagai berita seputar Indonesia.

10. Blogspot.com

Blogspot sebenarnya adalah ekstensi untuk alamat blog gratis yang dimiliki oleh Google.


Analisis

Dari 10 top site di atas, 4 diantaranya adalah milik Google yaitu Google.com, youtube.com, google.co.id, dan blogspot.com.

Sedangkan facebook yang merupakan sosial media terbesar di Indonesia, tidak termasuk dalam list di atas. Berdasarkan Alexa, Facebook berada di peringkat 12 di Indonesia.

Berdasarkan list diatas, sepertinya memang ada pembaharuan dari metode peringkat yang diberikan Alexa. Google.com misalnya, sebenarnya jarang dikunjungi langsung dari Indonesia, karena kebanyakan orang mengakses google.co.id. Tapi jika situs turunannya diperhitungkan seperti adsense.google.com, plus.google.com, dan situs subdomain lainnya kemudian dihitung sebagai Google.com, bisa jadi itulah penyebab Google.com meraih peringkat kedua. Selain itu, tentu saja trafik bukan satu-satunya faktor yang menentukan peringkat ini.

Kemungkinan ini semakin kuat bagi saya karena masuknya blogspot.com dalam list. Padahal tidak ada yang mengunjungi situs blogspot.com. Yang ada malah diredirect ke blogger.com. Tapi jika semua blog gratis yang masih bernaung di bawah blogspot.com disatukan, tentu saja akan mengangkat peringkat blogspot.com di mata Alexa.

Alexa sendiri hanyalah salah satu alat SEO. Mereka memiliki penilaian sendiri, dan itulah penilaian mereka. Alexa bisa dijadikan rujukan, tapi bukan berarti Alexa yang paling benar. Semuanya kembali kepada sang blogger dalam menyikapi hasil yang ditampilkan.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
October 16, 2018 at 11:10 AM delete

Maringenet peringkat ke berapa Nisa... termasuk situs populer nih

Reply
avatar
October 16, 2018 at 12:03 PM delete

Peringkat Maringenet tidak dibahas, Pak. Terlalu jauh soalnya, hehe.

Reply
avatar
Kang Nata
AUTHOR
October 18, 2018 at 4:08 PM delete

situs saya.... no 11 yach Mbak... :)

Reply
avatar
October 19, 2018 at 10:03 AM delete

Oke, berarti di atas facebook yang cuma no.12 ya, hehe.

Reply
avatar
Rafi
AUTHOR
October 20, 2018 at 7:00 AM delete

kalau di cek blog saya ternyata masih jauh, pengunjung saja masih dikit. tapi gak apa apa deh. yg penting sy nulis saja. semangat buat saya. hehe.. :)

Reply
avatar
October 20, 2018 at 3:38 PM delete

Iya, yang penting nulis terus. Artikel ini hanya sekedar info.

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *