Lucu, Iklan Adsense di Kolom Komentar

June 13, 2018
Salah satu produk terbaru Google Adsense adalah Auto Ads. Hanya dengan meletakkan satu kode, maka iklan adsense akan muncul di lokasi-lokasi tertentu yang dianggap strategis dan menguntungkan. Saya juga menggunakan iklan Auto Ads, walaupun belum melihat perubahan yang signifikan pada blog saya sendiri.

Saya sudah sering membaca di forum bahwa iklan bisa muncul di mana saja, termasuk di kolom komentar. Dalam pikiran saya mungkin iklan akan terselip di antara dua komentar pembaca. Tapi karena saya sendiri jarang memperhatikan, jadi kurang tahu.

Beberapa hari yang lalu, saya mengunjungi blog salah satu teman blogger. Saya lihat ada 5 iklan di halaman yang saya kunjungi. Tapi karena saya tahu dia menggunakan auto ads, jadi wajar saja. Selain itu posisi iklannya juga tidak bertumpuk, jadi masih enak dilihat.

Tapi ada satu iklan yang menarik perhatian saya. Bukan bunyi iklannya. Tapi posisi dan tampilan iklan tersebut, yaitu iklan yang berada di kolom komentar.

Jika iklan muncul di antara dua komentar, seperti iklan infeed, menurut saya biasa saja. Tapi iklan muncul di dalam komentar salah satu pembaca. Sehingga kesannya, iklan itu dimasukkan oleh yang menulis komentar.


Bagi saya sebagai publisher adsense, saya sih maklum saja, itu iklan otomatis. Tapi bagi yang tidak mengerti, bisa mengira sang komentator memasukkan promosi dan link ke dalam komentar yang ia tulis.

Sebenarnya sih, tidak ada larangan untuk posisi iklan demikian. Toh pengaturan dari adsense sendiri, bukan pemilik blog atau komentator. Tapi saya melihatnya jadi lucu aja. Iklan pun ternyata bisa nyempil di sana.

Tentu saja, posisi iklan ini juga bisa berubah. Pada waktu yang berbeda, saat saya membuka artikel yang sama, iklan ini sudah tidak berada di komentar tersebut lagi. Begitu pula saat membaca lain yang membuka halaman tersebut.

Mungkin memang demikianlah dunia periklanan. Selama kita tidak berbuat kecurangan, maka tidak ada yang dirugikan. Baik Advertiser dan publisher, akan sama-sama untung jika iklan bisa dilihat oleh pembaca. Ada kalanya pembaca pun diuntungkan jika iklan sesuai dengan minat dan keinginan.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
June 13, 2018 at 11:18 AM delete

nah, saya tidak begitu memahami hal tersebut berhubung addblockplus terpasang dengan sempurna.. :)

kakve-santi(dot)blogspot(dot)com

Reply
avatar
June 21, 2018 at 8:19 PM delete

Hmm,,, tidak semua perangkat saya padang adblocker.

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *