Pengalaman Bayar Listrik Pasca Bayar Dengan Tokopedia

April 09, 2018
Rumah lama kami masih menggunakan listrik pasca bayar. Saat ini rumah tersebut tidak ada yang menghuni dan rencananya mau disewakan. Biasanya mama yang membayar tagihannya ke kantor PLN Astambul.

Sore itu mama bilang mengalami masalah saat akan melakukan pembayaran di pagi hari. Padahal hari itu sudah tanggal 20, tanggal terakhir untuk melakukan pembayaran sebelum dikenakan denda. Oleh karenanya mama meminta saya untuk melakukan pembayaran online.

Saya pun mencoba melakukan pembayaran tagihan listrik dengan aplikasi Paytren. Pertama saya mengecek dulu jumlah tagihannya dengan memasukkan id pelanggan. Setelah jumlah tagihannya mucul, saya mengklik tombol bayar. Seperti biasa, saya pun memasukkan PIN untuk memverifikasi transaksi.

Sayangnya, saya malah mendapat SMS balasan gagal.

"Gagal Bayar. Anda harus cek tagihan terlebih dahulu validasi 60 menit."

Saya tidak mengerti maksud dari SMS ini. Saya mencoba sekali lagi dengan cara yang sama, namun mendapat balasan yang sama.

Saya mencoba melakukan pengecekan tagihan di situs resmi PLN. Sayang saya tidak menemukan laman untuk cek tagihan listrik pasca bayar. Mungkin karena saya kurang gigih mencarinya.

Tapi saya tidak putus asa untuk masalah pembayaran PLN ini. Masih banyak aplikasi lain yang terpasang di HP saya.

Kali ini saya mencoba aplikasi Tokopedia. Karena setahu saya, situs jual beli ini juga sudah menambahkan fitur pembayaran tagihan PLN pasca bayar.

Cara Bayar Tagihan Listrik Lewat Tokopedia

Buka aplikasi Tokopedia
Pilih Listrik PLN
Pilih Tagihan Listrik
Masukkan No.Meter/ID Pelanggan
Klik Bayar

Pengalaman Bayar Listrik Pasca Bayar Dengan Tokopedia

Akan muncul rincian tagihan berupa nama pelanggan, jumlah tagihan, biaya administrasi, dan total yang harus dibayar.

Adapun biaya administrasi untuk pembayaran tagihan listrik sebesar Rp 2.500,-

Kemudian pilih metode pembayaran.

Saya sendiri punya riwayat melakukan pembayaran dengan virtual account BNI, maka saya pun kembali memilih metode tersebut.

Batas waktu pembayaran maksimal selama 24 jam.


Seperti biasa, saya langsung melakukan pembayaran ke Tokopedia menggunakan BNI internet banking. Karena sesama rekening BNI, maka biaya transfer tentu saja gratis.

Tidak berapa lama, saya memperoleh notifikasi dari Tokopedia bahwa pembayaran telah berhasil dilakukan.

Pengalaman Bayar Listrik Pasca Bayar Dengan Tokopedia

Untuk memastikan bahwa transaksi benar-benar sudah berhasil, saya melakukan pengecekan tagihan dengan Paytren. Saya diperiksa, saya memperoleh balasan bahwa tagihan sudah dibayar. Dengan kata lain, tagihan listrik tersebut memang telah berhasil saya bayar lewat Tokopedia.


Sebagai catatan, saat menulis artikel ini saya jadi teringat sesuatu. Sebenarnya bisa saja saya bayar tagihan listrik langsung dari BNI internet banking. Tak perlu lewat Tokopedia. Tapi sore itu pikiran saya kurang lancar. Jadinya ngambil jalan berputar. Yang penting, tagihan sudah terbayar dan mama bisa tenang.

Demikianlah pengalaman bayar tagihan listrik pasca bayar lewat aplikasi Tokopedia. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

12 Comments

  1. Untung urusan bayar listrik sudah ditangani sama yayang.. jadi nggak pernah khawatir..hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya masalah bayar-membayar ini memang urusan perempuan. Dan saya perempuan.

      Delete
  2. kalau saya mah, di rumah pakai Token, jadi belinya lewat atm bca atau mobile banking.

    itupun yang beli si kumendan, saya juga gak pernah mikirin. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenetulan yang saya bayarkan ini adalah rumah lama. Jadi masih pake pasca bayar. Efek sampingnya, murah, hehe.

      Delete
  3. Sekarang bayar2 tagihan ga harus antri2 ya mbak. Sambil duduk manis di rumah aja langsung beres. Asal ada kuota :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Saya melakukannya sambil duduk di teras dan memandangi lalu lintas yang lewat di depan rumah saya, hehe.

      Delete
  4. Lihat nominal yang Mbak muat disebuah gambar diatas, saya kaget, kok murah bangtzzz...... untung ada penjelasan bahwa rumahnya tidak ditunggu, kalau ditunggu,,mmmm siap2 nominalnya menjadi gede dimasa akan datang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada yang nungguin rumahnya, maka nominalnya akan menjadi nol bagi saya. Karena yang bayar tagihan adalah orang yang menyewa rumah tersebut, hehe.

      Delete
    2. hahaha...tambah lebih murah bebannya jadi NOL Rupiah. :)

      Delete
  5. Bayarin listrik saya dong mas, hahaha

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *