Komentar Tidak Sesuai Topik Artikel, Haruskah Semua Dihapus?

April 05, 2018
Kolom komentar adalah tempat blogger dan pembaca blog saling berinteraksi. Blogger lah yang menentukan bagaimana aturan di kolom komentar yang ia miliki. Beberapa di antaranya, membiarkan pembaca berkomentar secara bebas. Tanpa ada moderasi. Hanya pada saat-saat tertentu melakukan pembersihan jika ada komentar spam.

Beberapa blogger lain melakukan moderasi, sehingga hanya komentar yang direstui oleh sang blogger saja yang bisa tampil. Beberapa yang lain bahkan menuliskan aturan berkomentar di blognya di atas kolom komentar. Salah satunya adalah aturan untuk menulis komentar sesuai dengan topik artikel.

Saya sendiri termasuk yang mempersilakan pembaca berkomentar dengan bebas di blog saya. Suatu ketika, tiga orang secara bersamaan memberikan komentar yang tidak sesuai dengan topik artikel yang saya tulis. Tapi bukannya marah, saya malah tertawa membaca komentar mereka.




Padahal, artikel yang mereka baca berjudul Cara Google Maps Memprediksi Kemacetan Lalu Lintas.

Komentar seperti itu bisa muncul karena mereka sudah tahu dengan kebiasaan saya yang hanya menerbitkan satu artikel setiap hari Senin. Namun hari itu saya ingin menulis dan menerbitkan lebih.

Tidak ada larangan atau aturan yang melarang saya untuk menerbitkan artikel lebih dari satu. Hanya saja, sesuatu yang berada di luar kebiasaan itulah yang menarik perhatian mereka. Dengan kata lain, kenyataan bahwa saya menerbitkan 2 artikel di hari Senin lebih menarik untuk dikomentari dari pada isi artikel itu sendiri.

Beberapa blogger mengatakan bahwa komentar yang tidak sesuai dengan topik artikel tidak baik untuk SEO. Banyak dari mereka yang memutuskan untuk menghapusnya.

Tapi bagi saya, ketiga komentar tersebut, walaupun tidak relevan dengan topik artikel tidak sepatutnya untuk dihapus. Di sinilah seni menjadi blogger. Tidak perlu mengikuti aturan orang lain. Cukup ikuti aturan diri sendiri. Happy blogging.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

15 komentar

Write komentar
April 5, 2018 at 10:59 AM delete

Ga nahan habisnya.. sesuatu yang di luar jadwal itu aneh dan menarik.. hahahaha

Begitu juga yang ini... di luar jadwal juga yah.. sebenarnya senang melihatnya karena ada tambahan bacaan.

Kelamaan kalau nungguin seminggu sekali. Tapi, masih bisa maklum sih namanya pengantin baru. #kabur

Maaf maaf.. kalau komentar di luar topik..hahaha.. tapi saya berjanji akan "mengulanginya" kembali...:-D

Reply
avatar
Mayuf
AUTHOR
April 5, 2018 at 5:01 PM delete

Kalo saya mah tak publis aja mba buat rame hehe

Reply
avatar
triknews
AUTHOR
April 5, 2018 at 7:48 PM delete

lhoo adminya lagi masa masa pengantin baru ? semoga samawa ya....

komen tidak sesuai tidak perlu di hapus Mbak Nisa, marah tuh yang komen, laporkan saja ke KOMINFO ,,,bereskan ?

silahkan dihapus komen saya Mbak nisa, jika tidak sesuai, saya nggak apa apa..kok

Reply
avatar
April 5, 2018 at 8:17 PM delete

Sekarang lagi semangat nulis, Pak Anton. Makanya banyak yang si luar jadwal. Lama-lama mungkin jadi biasa.

Komentar yang di luar topik kadang jadi hiburan juga buat saya. Jadi tidak akan dihapus. Kecuali jika memang benar Spam.

Hmm,,, pengantin baru masanya berapa lama ya, hehe,,,

Ke Kominfo ya? tambah repot kayanya =D

Reply
avatar
April 5, 2018 at 8:18 PM delete

Iya, lebih rame, lebih asik.

Reply
avatar
vika hamidah
AUTHOR
April 6, 2018 at 11:57 AM delete

Bener mbak kita harus selalu menghargai yang udah blogwalking dan memberikan komentar ke website kita.. Karena ketertarikan seseorang trhadap sesuatu pastinya beda2.. saya aja baca yang diatas lucu banget yaa .. Bisa jadi yang ga nyambung komentarnya dia lagi sbuk dan menyempatkan di sela kesibukannya untuk sekedar menulis komentar yang baik, asalkan tidak menyudutkan ya mbak

Reply
avatar
himawan sant
AUTHOR
April 6, 2018 at 12:22 PM delete

Aku sama seperti peraturan yang ditetapkan oleh mas, tidak menghapus komentar yang masuk yang mungkin kurang relevan dengan topik.

Betul kata kak Vika diatas : tiap orang punya ketertarikan berbeda2 dalam melihat satu obyek foto atau baca satu artikel.

Reply
avatar
April 6, 2018 at 1:20 PM delete

Maaf, saya mau komen yang tidak relevan lagi, sekarang nerbitin artikelnya senin - kamis ya?

saya masih maklum lah, karena masih pengantin baru. masih e'ehmm...

tapi lumayan sama seperti Pak Anton,saya jadi gak kelamaan nunggunya.

soalnya saya akan komen yang gak relevan lagi. # :)

Reply
avatar
April 6, 2018 at 2:03 PM delete

Haha, iya memang lucu. Bahkan sampai saya bikinkan artkelnya :)

Reply
avatar
April 6, 2018 at 2:14 PM delete

Hmm,,, panggil saya mba aja ya :)

Iya, kita biarkan saja komentar tersebut nangkring.

Reply
avatar
April 6, 2018 at 2:15 PM delete

Insya Allah tetap nerbitin artikel di hari Senin. Untuk hari lainnya, tergantung susana hati.

Maka silakan juga berkomentar tergantung suasana hati =D

Reply
avatar
April 6, 2018 at 8:47 PM delete

saya buat komen moderasi supaya senang saya nak balas komen dan balas kunjungan..

jarang-jarang saya delete kecuali ada yang buat promosi lebih-lebih

Reply
avatar
April 7, 2018 at 12:12 PM delete

kolom komentar di blog saya dibebaskan, tapi kalau ada yang spam atau promosi langsung bergegas ke dashboard buat di hapus hihi

Reply
avatar
April 8, 2018 at 2:50 AM delete

Saya malah tidak menggunakan moderasi sama sekali. Tapi jika ada spam, tetap dihapus.

Reply
avatar
April 8, 2018 at 2:51 AM delete

Sama, saya juga pakai cara tersebut.

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *