Frekuensi Radio Al Karomah Martapura

February 26, 2018
Di Kalimantan Selatan, bagi masyarakat Martapura, Banjarbaru, dan sekitarnya, radio Al Karomah Martapura adalah radio yang penting untuk didengarkan. Siaran radio ini menjadi rujukan dalam menentukan waktu shalat lima waktu.

Masjid Al Karomah Martapura merupakan mesjid yang dibangun sudah lama sekali. Para santri yang pergi ke Martapura untuk menimba ilmu agama tentu sudah tahu dengan masjid ini. Saat ini pun pengunjung yang datang ke Martapura akan menyempatkan diri untuk singgah ke mesjid yang telah mengalamai renovasi ini.

Radio Al Karomah Martapura, berhubungan langsung dengan Masjid Al Karomah dalam menyiarkan berbagai pengumuman penting terutama waktu shalat. Karena masjid Al Karomah adalah rujukan banyak orang, maka siaran radionya pun di dengarkan oleh banyak orang.

Pada bulan Ramadhan radio ini banyak didengarkan di masjid, mushalla, langgar, dan rumah-rumah. Terutama sekali untuk mendengarkan waktu berbuka dan waktu imsak.

Dulu, radio Al Karomah masih menggunakan frekuensi AM. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini radio Al Karomah sudah menggunakan frekuensi FM.

Teknologi semakin berkembang. Televisi lebih banyak menjadi tontonan. Adanya kebijakan baru menyebabkan TV pun saat ini harus menampilkan azan Magrib sesuai dengan waktu setempat. Orang yang memiliki radio pun semakin jarang. Beberapa orang berpindah patokan menggunakan TV sebagai penentu waktu Magrib atau berbuka.

Di rumah kami pun sekarang sudah tidak memiliki bentuk fisik radio. Meski begitu, kami tetap lebih suka mendengarkan radio Al Karomah Martapura untuk menentukan waktu shalat dan berbuka. Biasanya mushalla di sekitar rumah kami menyiarkan radio ini menjelang waktu Magrib. Walau pun kadang suaranya cuma terdengar sayup-sayup karena jaraknya jauh.

Saat menjalankan ibadah puasa, biasanya ada keinginan untuk berbuka tepat waktu. Maka kami pun harus mencari cara agar bisa mendengarkan siaran radio Al Karomah dengan jelas. Padahal di rumah kami sudah tidak ada radio.

Dengan teknologi yang semakin maju, sekarang siaran radio kini bisa di dengarkan lewat HP android. Yang kami perlukan hanyalah menyetel frekuensi radio Al Karomah pada aplikasi radio di android tersebut.
Frekuensi Radio Al Karomah Martapura

Untuk menggunakan radio di HP, headset harus terhubung ke HP yang berfungsi sebagai antena. Adapun frekuensi radio Al Karomah Martapura adalah 92.9 MHz. Selama saya masih di lokasi yang berada dalam cakupan siaran radio ini, suaranya bisa terdengar dengan jernih.

Zaman boleh berubah. Teknologi bisa berkembang. Tapi ada beberapa kebiasaan yang terus berlanjut. Termasuk mendengarkan siaran radio Al Karomah bagi penduduk Martapura dan sekitarnya dalam menentukan waktu shalat.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

13 Comments

  1. udah lama saya enggak pernah dengerin radio lagi, dan dirumah juga udah gak ada radio.
    sekarang lebih banyak nonton TV.

    Selamat menempuh hidup baru ya, dan makasih juga undangannya.
    sampai di bahas tuh di ASIKPEDIA tentang undangannnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Saya juga jarang mendengar radio. Biasanya hanya untuk memastikan waktu shalat.

      Aamiin. Terima kasih atas doa semuanya. Terutama Kang Nata, saya samapi kaget waktu ada yang bilang Kang Nata menulis artikel khusus soal pernikahan saya.

      Saya sudah nanya suami, kok. Katanya dia ngga bakalan cemburu. Hmm, rasa percaya dirinya tinggi sekali :)

      Delete
    3. asikk gak ada yang ceemburu.... masih bisa candaan lagi.

      Delete
  2. Wuiih.. blogger sejati. Baru saja menikah, tetap langsung aktif menulis. Konsistensi yang luar biasa sekali Nisa. Patut ditiru.

    Bagaimana kehidupan barunya 😊😊?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak sekali hal-hal baru. Saya masih harus banyak belajar, Pak. :)

      Delete
    2. Pasti.. biasa sendiri sekarang berdua... hahaha.. untuk sementara mah.. enjoy dan hepi dulu saja

      Delete
  3. Tok...tokkk....tokkkk!

    Assalamu'alaikum........Permisi, numpang tanya!! " Bu Nisanya ada " ?

    dari tadi kok ngk keliatan!! :) apa lg sibuk dengerin radio ?

    ahhhh.... mungkin sedang sibuk numbuk ramuan Jamu Spesial..... :) hehehe....

    koq komentatornya ( saya, Pak An, Mas An.... ) jadi antri gini, kayak antri ambil souvenir .... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam.

      Saya masih ada, kok. Masih bertahan dengan artikel di hari senin.

      Souvenirnya bisa diambil langsung di rumah ya :)

      Delete
  4. kalau saya sih sudah 3 tahun ngak bersentuhan dengan radio, hmmm perlu dicoba lagi ni, mana tahu ada yang seru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan didengarkan. Ngga harus beli radio kok.

      Delete
  5. mantap Radio Al Karomah Martapura, sangat bermanfaat..
    jaya selalu

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *