Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

Pernahkah Anda membaca suatu istilah dan tidak mengerti artinya, namun melewatinya saja karena merasa tidak penting bagi Anda. Namun seiring berjalannya waktu Anda terlalu sering bertemu istilah tersebut sampai merasa kesal sendiri karena tidak mengerti topik yang dibahas. Saya pernah mengalaminya, dan istilah tersebut bernama SEO On Page dan SEO Off Page.

Saya paham pengertian SEO yang kepanjangannya adalah Search Engine Optimization yang maksudnya adalah usaha untuk mengoptimalkan hasil penelusuran pada mesin pencarian. Tapi kadang saya tidak mengerti dan sering terbolak balik antara maksud SEO On Page dan SEO Off Page.

Mungkin karena saya tidak terlalu peduli terhadap SEO, maka kedua istilah tersebut menjadi tidak penting bagi saya. Tapi tergabung dalam grup dan berteman dengan sesama blogger menyebabkan istilah tersebut kadang muncul. Yang paling menyebalkan adalah, kadang saya tidak mengerti isi pembicaraan karena kedua istilah ini yang masih rancu di kepala saya.

Untuk menghilangkan kekesalan, saatnya browsing di internet dan membuat ringkasan.
Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

SEO On Page

SEO On Page adalah usaha optimisasi SEO yang dilakukan dari dalam website atau blog.

Ada beberapa poin di dalamnya, meliputi:

- URL domain
- Template
- Tag Judul
- Meta Tag
- Deskripsi
- Format Heading H1-H3
- Keyword
- Konten
- Internal Link
- Image ALT Tag
- Optimisasi URL artikel
- Bolt, Italic, Underline
- Sitemap
- AMP
- dll

Intinya adalah segala sesuatu yang dilakukan blogger terhadap blognya agar memperoleh posisi terbaik di mesin pencari.

SEO Off Page

SEO Off Page adalah usaha optimisasi SEO yang dilakukan di luar website.

Ada beberapa poin juga, meliputi:

- Sosial media
- Backlink
- Tools SEO
- Share Gambar
- dll

Intinya adalah segala sesuatu yang dilakukan dari luar blog.

Perbedaan utama keduanya adalah On dari dalam dan Off dari luar.

Setelah ditelusuri dan dibaca, ternyata perbedaan keduanya sangat mudah untuk dipahami. Dengan begitu, saya sudah memiliki gambaran kasar jika ada orang yang menyebutkan kedua istilah tersebut.

Dari berbagai list di atas, rupanya saya sudah melakukan beberapa optimasi SEO On Page, walaupun saya baru mengerti maksudnya sekarang. Mungkin karena saya terbiasa melakukannya jadi tidak terlalu terasa.

Saya tidak berniat untuk menjelaskan maksud dari list tersebut satu persatu. Karena jujur saja, tidak semua istilah turunan yang ada dalam daftar tersebut saya pahami maksudnya. Maklum, saya hanya membuat ringkasan dari artikel yang saya baca. Misalnya Format heading H1-H6, sampai sekarang saya tidak mengerti maksudnya. Tapi karena saat ini hal tersebut tidak penting bagi saya, maka biarkan sajalah.

Karena menulis artikel ini, membuat saya membuka-buka kembali artikel lama. Sekitar tahun 2012 saat pertama kali kenal dengan SEO rupanya saya suka membahas topik ini. Jika sudah ada yang tidak relevan, maklum karena artikel lama.

Bagi sebagian blogger mungkin SEO tidaklah penting. Tapi pemahaman dasar untuk mengerti pembicaraan tetaplah penting. Setidaknya, bagi saya.
Baca Juga

Post a Comment

12 Comments

  1. Format H1-H6 itu subheading Nisa. Sub judul krn dalam Seo walau nilainya tidak besar, penggunaan sub heading membantu seo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maafkan saya Pak. Sebenarnya saya masih belum ngeh subheading itu bendanya yang mana =D

      Delete
  2. Cuma menyimak dari Ulasang Master Of Blogging Diatas. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak ada master blogging di sini. Hanya orang yang sedang belajar.

      Ambil yang perlu, yang lain boleh disisihkan dulu, =D

      Delete
    2. Wah kalau begitu, salah kamar nich saya, hahaha,,,,( bercanda - bercanda ) :)

      Delete
  3. Kalimat diatas, "Karena saya terbiasa melakukannya jadi tidak terlalu terasa." adalah inti keterampilan SEO. Saya tidak menyebutnya sebagai ilmu tapi keterampilan, karena SEO pada tingkat yang benar adalah menyatu dengan manusianya. Sebelum menyatu, maka hanya teori saja.

    Kalau masih teori, maka penerapannya akan sangat kaku, dan kekakuan ini seringkali melahirkan tindakan yang salah. Sudah salah lalu berteori dengan klaim sebagai sebuah pendekatan seolah teorinya sudah menjadi "hukum SEO" dan diikuti orang, lhaaaa... apa gak kasian yang ikut? hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang bilang, SEO itu selalu berkembang. Saya tidak membebani diri saya untuk mengikuti perkembangannya. Minimal saat orang membahas sesuatu, ngerti lah topiknya, hehe.

      Delete
  4. SEO itu memang penting,tapi jangan terlalu di pikirkan,jika kita pintar membuat artikel dengan baik pasti SEO nya dapet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin asal ngerti dasarnya, selanjutnya artikel lebih utama.

      Delete
  5. Proses belajar....sepotong demi sepotong ujung ujungnya ketemu keseluruhan pengertiannya seperti menyusun teka teki jigsaw, itulah salah satu keuntungan ngeblog hE hE hE

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget. Ngeblog itu dinikmati aja. Belajar satu hal, pahami, kemudian baru belajar yg lain.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar