Beli Tiket Pesawat Lewat Paytren, Bisa Tengah Malam

December 25, 2017
Membeli tiket pesawat memang bukan hal yang baru bagi saya. Bahkan beberapa orang teman malah suka minta belikan tiket pesawat pada saya. Berhubung cukup dilakukan dengan cara menyentuh layar smartphone, maka hal tersebut bukan masalah.

Hampir pulul 23.00, saya bahkan sudah terlelap. Handphone saya berdering, karena seorang rekan guru minta tolong agar dibelikan tiket pesawat untuk besok. Belum larut malam, maka saya pun menyanggupinya. Percakapan selanjutnya diteruskan lewat WhatsApp.

Seperti biasa, saya lebih senang beli tiket pesawat lewat aplikasi Traveloka. Mungkin karena bisa refund dan banyak pilihannya.

Setelah fix memilih jam penerbangan dan mengisi data penumpang, saya pun sampai pada halaman pembayaran. Ada beberapa cara pembayaran yang bisa digunakan. Tapi pembayaran lewat transfer tidak bisa dilakukan karena sudah lewat pukul 21.00.

Metode lain menggunakan kartu kredit, klik BCA atau mandiri tidak bisa saya lakukan. Yang memungkinkan hanyalah pembayaran lewat ATM. Tapi rumah saya jauh dari ATM. Lagi pula, mana mau saya malam-malam keluar rumah.

Saya pun menchat teman saya tersebut dan menceritakan perihal pembayaran tersebut. Siapa tahu dia bisa ke ATM, jadi bayar sendiri saja.

Rupanya dia pun juga kesulitan ke ATM. Kemudian bertanya bagaimana jika belinya besok pagi aja. Kira-kira masih bisa atau tidak. Jika melihatnya banyaknya rute penerbangan yang tersedia saat itu, saya bilang insya Allah masih bisa.

Tapi rupanya, Ayahnya yang mau memesan tiket pesawat tersebut berpikir lain. Kebetulan seminggu yang lalu punya pengalaman serupa. Mencari tiket pesawat di pagi hari dan tiket pesawat penerbangan Surabaya - Banjarmasin pada hari itu sudah habis. Ayahnya pun terpaksa terbang keesokan harinya. Beliau tidak mau kejadian tersebut terulang lagi.

Sambil berpikir, saya pun teringat dengan aplikasi Paytren. Bukankah di sana juga bisa beli tiket pesawat. Kebetulan saya juga punya akunnya.

Sebenarnya saldo Paytren saya juga tingggal sedikit. Tapi saya bisa melakukan pengisian saldo malam itu juga dengan melakukan transfer lewat BNI mobile banking. Setelah itu mencari tiket pesawat dan menemukan penerbangan yang sama dengan yang saya temukan di Traveloka.

Setelah memastikan waktu penerbangan dan nama penumpang kepada teman saya tersebut. Akhirnya saya melakukan pembelian dan langsung bayar dengan saldo Paytren.
Etiket yang saya terima pun saya kirim kepada teman saya lewat WA. Tentu saja tampilannya berbeda dengan etiket Traveloka. Tapi yang penting, kode booking, jadwal penerbangan, dan nama penumpang tertera di sana.

Sebelumnya, saya sudah pernah beli tiket pesawat di Paytren. Tapi selama ini saya lebih suka beli lewat Traveloka, karena biasanya ada diskon dan bisa melakukan refund. Tapi pada saat terdesak tengah malam seperti saat itu, ternyata Paytren lebih bisa diandalkan.

Dalam belanja online, saya memang tidak terpatok pada satu aplikasi saja. Pada dasarnya, setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam situasi kali ini, Paytren lebih unggul, karena saya bisa bayar tiket pesawat tengah malam.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

9 komentar

Write komentar
Kang Nata
AUTHOR
December 25, 2017 at 5:48 PM delete

woww.....transaksi sukses via Paytren tengah malam lg.....saat orang2 tertidur nyenyak.

sungguh baik hati ibu guru yg satu ini, suka menolong.

Reply
avatar
Andi Nugraha
AUTHOR
December 25, 2017 at 6:27 PM delete

Keren, disaat orang lain tertidur, bahkan bisa jadi pelayanan tiket lain istirahat, tapi di paytren bisa ya.. Memang keren, dan di jaman yang serba teknologi sekarang ini memang sangat membantu dengan adanya paytren ya..

Reply
avatar
Riyan Pedia
AUTHOR
December 25, 2017 at 10:09 PM delete

informasi bermanfaat bagi saya, sapa tahu besok-besok kepepet jadi bisa menggunakan cara Mbak Khairunnisa. hehe....

Reply
avatar
December 25, 2017 at 11:17 PM delete

Namanya juga teman Kang. Barang siapa yang memudahkan urusan orang lain, maka Allah akan memudahkan urusannya :)

Reply
avatar
December 25, 2017 at 11:18 PM delete

Benar sekali. Makanya saya suka pake aplikasi ini.

Reply
avatar
Kang Nata
AUTHOR
December 26, 2017 at 1:53 PM delete

betul dan super sekaliiii.... :)

Reply
avatar
December 28, 2017 at 11:25 PM delete

Yang saya salut itu ketepatan Bu guru dalam mencari solusi.

Saya jadi banyak belajar di sini.

Reply
avatar
December 29, 2017 at 2:24 AM delete

Tidak berpatokan hanya pada satu aplikasi mungkin adalah salah satu kuncinya. 😊

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon