Agar Blogging Tetap Menyenangkan

December 13, 2017
Saat ini blog bukanlah sesuatu yang asing lagi. Bahkan blog sudah menjadi sesuatu yang bernilai tinggi. Ada banyak tutorial yang memaparkan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Maka bermunculanlah para blogger baru dengan motivasi untuk menghasilkan uang. Namun ternyata menghasilkan uang dari blog tidak semudah yang dibayangkan. Penuh liku-liku dan persaingan. Sehingga muncul kalimat jargon baru, menjadi blogger tidaklah mudah dan penuh dengan perjuangan.

Sebagai seseorang yang memulai blog sebagai hobi, saya tidak setuju dengan pernyataan tersebut. Karena bagi saya blogging adalah kegiatan yang menyenangkan.

Salah satu artikel yang saya baca di blog Maniak Menulis menyebutkan, Yang Membuat Kehidupan Blogger Berat Namanya KEINGINAN.

Ketika kegiatan blogging yang semula menyenangkan sudah dimasuki dengan berbagai keinginan dan target, maka dimulailah kehidupan blogger yang berat, sulit, dan penuh rintangan.

Lalu bagaimana dengan saya sendiri? Memangnya saya tidak punya keinginan?

Sebagai manusia, saya pun punya keinginan lebih terhadap blog yang dimulai dari hobby ini. Tapi saya tidak mau keinginan tersebut menghilangkan kesenangan dan kebahagian yang diperoleh dari kegiatan blogging.

Agar Blogging Tetap Menyenangkan

Bagaimana Agar Blogging Tetap Menyenangkan?

1. Menulis Sesuatu yang Disenangi atau Minati

Ketika menulis sesuatu yang menjadi passion atau kesukaan kita, maka rasa bahagia akan muncul. Meskipun tetap ada bagian sulitnya, tapi yang namanya suka, tetap dilakukan dengan senang hati.

Karena itu pulalah, meski kadang hiatus, saya tetap akan kembali melakukan kegiatan blogging. Karena saya memang suka menulis, terutama sesuatu yang menjasi fasion saya.

Berbeda dengan menulis sesuatu yang tidak diminati maupun disukai. Bawaannya jadi sukar dan sulit. Itulah yang menyebabkan kehidupan blogging menjadi tidak menyenangkan.

2. Menulis Tanpa Ikatan Peraturan Orang Lain

Banyaknya blogger tutorial sangat membantu dalam meraih tujuan blogger, tapi juga membuat kehidupan blogger kembali tidak menyenangkan.

Dulu pertama kali bertemu blog Panduan IM, saya baca habis satu artikel tentang menghasilkan artikel agar bisa masuk dan bertahan di halaman satu Google. Penjelasannya sangat detail dan masuk akal. Maka saya pun mencoba membuat artikel berdasarkan panduan tersebut.

Akhirnya saya berhasil membuat sebuah artikel dengan judul 7 Cara Cek mutasi/Transaksi Terakhir Rekening BRI. Artikel tersebut sepertinya berhasil menduduki halaman pertama. Hasilnya memang menyenangkan. Tapi caranya tidak menyenangkan.

Menulis artikel dengan cara demikian sangat melelahkan. Saya harus melihat blog saingan, melakukan analisis dan sebagainya. Jika sedemikian ribetnya hanya untuk menghasilkan sebuah artikel di blog, sepertinya lebih baik membuat tesis saja sekalian.

Setelah itu saya kembali kepada cara menulis saya yang biasanya. Cukup menulis pengalaman yang saya alami apa adanya. Agar blogging kembali menyenangkan.

3. Menulis Tanpa Mengharap Imbalan

Imbalan bisa menjadi motivasi bisa juga menjadi beban.

Imbalan bisa berupa jumlah kunjungan yang banyak, komentar dari pembaca, atau pun penghasilan. Jika imbalan atau balasan dijadikan tujuan, maka ketika semua itu tidak tercapai, akan ada banyak keluhan. Salah satu diantaranya adalah pernyataan bahwa menjadi blogger tidaklah mudah.

Oleh karenanya ketika saya menulis, saya tidak terlalu memikirkan, berapa banyak yang akan membaca tulisan saya. Walau sebelum menulis kadang saya berpikir, tipe tulisan ini tidak akan ada yang nyari, tetap saja saya tuliskan. Karena saya memang ingin menulisnya. Namun, jika ternyata banyak yang membaca tentu saya senang.

4. Jadikan Penghasilan Sebagai Bonus

Ketika kegiatan blogging motivasinya adalah kesenangan, maka penghasilan adalah bonus yang paling menyenangkan. Itulah yang disebut sebagai hobi yang menghasilkan.

Tentu berbeda dengan blogging yang tergetnya adalah uang. Begitu ada penghasilan, wajar dong, saya sudah berusaha dengan keras.

Oleh karena itu pula pendapatan dari adsense yang sampai sekarang belum bisa setiap bulan, selalu menjadi momen yang menyenangkan buat saya. Karena bagi saya ini adalah bonus yang didatangkan dari hobi.

5. Berhenti Sejenak

Tidak ada kegiatan yang tidak menjemukan jika dilakukan terus-menerus. Bahkan makan dan tidur bisa menjadi kegiatan yang membosankan. Buktinya banyak orang yang malas makan atau suka begadang semalaman.

Hal ini juga berlaku dalam kegiatan blogging. Rasa bosan, lelah, dan lainnya kadang tetap muncul. Jika hal itu terjadi, maka yang perlu dilakukan adalah berhenti sejenak, kemudian lakukan kegiatan yang berbeda.

Untuk sesuatu yang sudah menjadi hobi, walaupun ada rasa bosan, biasanya munculnya cuma sebentar. Suatu saat kerinduan untuk blogging akan muncul lagi dan kegiatan blogging pun kembali menyenangkan.

Lalu apakah blogging yang motivasinya adalah uang adalah sesuatu yang tidak menyenangkan?

Jawabannya tidak juga. Apalagi jika tujuan bisa tercapai, tentu hal tersebut menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan sekali.

Yang menghilangkan rasa senang itu adalah jika tujuan, harapan dan keinginan tidak terpenuhi.

Lalu bagaimana supaya blogging tetap menyenangkan meskipun keinginan belum bisa diraih?

Jawabannya kembali kepada diri blogger tersebut masing-masing. Senang adalah bagian dari emosi dan perasaan setiap individu. Diri sendirilah yang memutuskan apakah akan membiarkan diri merasa sesusahan atau menikmati setiap prosesnya.

Sebagaimana artikel ini yang ditulis agar kegiatan blogging tetap menyenangkan bagi saya. Maka bisa jadi berbeda dengan diri Anda.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
December 13, 2017 at 9:14 AM delete

Ahh Nisa.... Enak sekali bacanya.... Buat saya tulisan seperti inilah yang enak sekali dibaca.

Mengalir. Jujur. Tidak ribeut. Tidak berat. Tetapi, menginspirasi orang.

Keep blogging yah Bu Guru...

Reply
avatar
December 13, 2017 at 11:56 AM delete

Wah, pujian Bapak bikin saya melambung. ^_^

Tulisan Bapak lah yang menurut saya enak dibaca, bikin ketagihan, hehe.

Reply
avatar
Kang Nata
AUTHOR
December 14, 2017 at 9:29 AM delete

saya setuju sekali dengan 5 point diatas Mbak, betul dan benar serta memang harus begitu.

tapi kalau boleh saya tambah 1 point agar ngeblognya menyenangkan adalah dengan jalan - jalan ke tempat yang baru.

dengan begitu kita akan mendapatkan inspirasi baru untuk menulis, dan biasanya akan membuat ngeblog lebih semangat dan menyenangkan. :)

Reply
avatar
December 14, 2017 at 3:40 PM delete

Wah, terima kasih atas masukannya. Jalan-jalan ke tempat baru memang selalu mengasikkan. Apalagi jika di tempat tersebut kita juga bertemu dengan orang-orang yang menyenangkan.

Reply
avatar
Pondok Jeruk
AUTHOR
December 21, 2017 at 4:39 PM delete

Wah, bu guru to? saya juga sependapat sekali dengan sampeyan. Gak muluk-muluk, jadi gak nyaman. Apalagi kalau ditambah arogansi dalam berpendapat sebagai blogger, ditambah kenyataannya biasa-biasa saja hayya... hihi

Reply
avatar
December 21, 2017 at 7:25 PM delete

Yang menyebabkan kegiatan blogging menjadi menyenangkan adalah diri kita sendiri sebagai blogger :)

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *