Pengalaman Menggunakan Aplikasi Blogger Untuk Android

Selama ini saya biasa blogging menggunakan laptop. Baik dalam hal menulis artikel, maupun melakukan posting. Apalagi jika harus melakukan pengaturan template dan lainnya.

Dulu sekali pernah menginstal aplikasi blogger untuk android. Tapi karena merasa menunya tidak lengkap, akhirnya saya hapus lagi.

Beberapa waktu yang lalu, salah seorang teman bercerita bahwa dia biasanya menulis artikel lewat HP saja. Alasannya karena bisa lebih fleksibel terhadap waktu dan tidak perlu tergantung laptop.

Saya pun jadi berpikir dengan kebiasaan saya blogging selama ini. Jika ada ide dan tidak bisa mengetik karena tidak ada laptop, saya biasa menulis judul artikel yang ingin saya buat di catatan HP.

Ada kalanya, karena ide tersebut terus memenuhi kepala saya, akhirnya saya tuliskan pada selembar kertas untuk kemudian akan saya ketik ulang ke laptop.

Percakapan dengan teman saya tersebut membuat saya memutuskan untuk mendownload kembali aplikasi Blogger di android.


Setelah sekian lama tidak menggunakan aplikasi tersebut, ternyata tidak ada perubahan yang berarti pada aplikasi milik Google tersebut. Masih sama tidak lengkapnya.

Dalam sebuah kata-kata bijak disebutkan, jangan suka menghina yang selain dirimu, karena setiap sesuatu ada kelebihannya.

Begitu pula aplikasi blogger ini. Kelebihannya adalah mudah untuk menulis artikel. Tampilannya yang mobile friendly menyebabkan lebih mudah untuk menulis. Maka menulis lewat aplikasi pun menjadi lebih nyaman jika dibandingkan harus membuka lewat browser di HP.

Akhirnya saya tetap menggunakan aplikasi blogger, terutama ketika ada ide, ada waktu, tapi tak ada laptop. Aplikasi blogger untuk android adalah pilihan terbaik untuk menuangkan ide.

Biasanya saya selalu menambahkan foto pada artikel yang saya buat. Kelemahan aplikasi blogger adalah tidak bisa mengatur posisi dan ukuran foto. Pengaturan defaultnya menyebabkan foto berada di akhir artikel.

Suatu ketika saya mengedit draf yang belum selesai dan menyelesaikannya. Kemudian saya mempostingnya lewat aplikasi blogger.

Setelah selesai posting saya membuka blog untuk melihat artikel yang baru saja saya publikasikan. Tapi saat saya mengunjungi beranda blog, saya tidak menemukan artikel tersebut. Padahal saat dibuka artikelnya sudah dipublikasiakan.

Setelah saya telusuri, ternyata tanggal terbit artikel tersebut adalah beberapa hari yang lalu pada saat draf-nya pertama kali dibuat. Meskipun baru dipublikasikan beberapa hari kemudian, tetapi tanggalnya teratur otomatis pada tanggal pertama kali artikel ditulis.

Saya pun harus mengubah tanggal terbit lewat laptop agar artikel baru tersebut bisa tampil pada beranda.


Dari pengalaman menggunakan aplikasi blogger tersebut, saya bisa menarik beberapa kesimpulan.

Kelebihan Aplikasi Blogger

- Mudah digunakan kapan dan di mana saja
- Nyaman untuk mengetik artikel jika dibandingkan dengan membuka lewat browser di HP.

Kekurangan Aplikasi Blogger

- Tidak bisa mengatur posisi gambar
- Tidak bisa mengatur tanggal posting
- Banyak menu yang tidak tersedia

Sampai saat ini saya masih menggunakan aplikasi blogger untuk menulis artikel. Namun artikel tersebut hanya sampai saya simpan sebagai draf. Untuk mengatasi berbagai kekurangan yang lain, maka saya menggunakan laptop atau browser untuk menyempurnakan artikel agar sesuai dengan apa yang saya inginkan.
Baca Juga

Post a Comment

12 Comments

  1. Untung saya memilih memakai tablet. Jadi saat di jalan pun menulisnya memakai browser biasa saja.

    Lebih enak dan tidak pernah mengalami masalah, kecuali saat internet lemotzzzky.

    Apalagi, mata saya jadi nggak usah kerja terlalu berat kalau pakai tablet dibandingkan Hp biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu pernah punya tablet, tapi saya pensiunkan karena sudah uzur dan error, hehe.

      Sekarang lebih nyaman pake HP, karena ringan dan mudah dibawa kemana saja.

      Tapi tetap saja ngga ada yang ngalahin ngetik lewat laptop. Puas ngeliat layarnya. :)

      Delete
  2. saya malah tidak pakai HP dan Tablet.... untuk menulis, kalau posting cuma mengandalkan komputer pinjaman dari Kantor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apapun yang dipakai, yang penting adalah kenyamanan yang memakainya. Biar lebih asik bloggingnya :)

      Delete
  3. Betul mbak.. Saat ini memang blogging menggunakan apk lebih mobile friendly, meskipun pada akhirnya kita harus kerja 2 kali. Ketika saat akan publikasi, harus sedikit sentuhan lagi agar nyaman dilihat pengunjung..

    Btw.. Desain blognya rapi banget mbak.. Jadi ngiri saya sama blog ini.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaupun jadi dua kali, yang penting bisa puas dengan hasilnya.

      Haha, ngga usah ngiri. Saya hanya pengguna, yang buat templatenya kan mba arlina :D

      Delete
  4. saya sendiri sempat curiga, aplikasi blogger ini tidak di launching resmi oleh google, sebab memang banyak kekurangan seperti yang sudah disebutkan dalam tulisan ini, wal hasil biasanya saya pakai aplikasi ini hanya untuk menulis dalam format draft, dan di publish saat sudah menggunakan laptop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun banyak kekurangannya, karena memang perlu penggunanya tetap banyak. Tapi ya itu tadi, harus dilengkapi dengan fasilitas lainnya.

      Delete
  5. Aplikasi Blogger untuk Anftoid juga sudah suport HTML
    Saya pun hanya sebatas untuk nulis artikel dan di jadikan draf.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyaman dalam menulis artikel adalah kelebihan yang menyebabkan blogger tetap menggunakan aplikasi ini.

      Delete
  6. saya lebih suka menulis ide di catatan hp, daripada harus pasang app blogger, seperti kekurangan yang sudah di dikatakan mbak Khairunnisa diatas, yang paling sering bermasalah adalah soal gambar dan pengaturannya... fiturnya tidak ada perubahan kayaknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kolo suma ide berupa judul, saya juga suja menulis di catatan HP. Tapi kalo sudah panjang berupa isi artikel, saya lebih suka aplikasi blogger. Setidaknya jika disimpan dalam draf, bisa langsung diedit lewat komputer.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar