Hindari Spam, Meskipun Penasaran, Jangan Diklik!

December 29, 2012
Beberapa hari yang lalu, saya mengunjungi beberapa group Facebook yang saya ikuti. Dan di sana saya menemukan banyak sekali postingan berulang yang mengajak untuk mengklik suatu link, dengan kata lain Spam. Ada rasa geregetan pada orang yang posting spam tersebut, ada juga penasaran ingin mengklik link yang ada.

Tapi rupanya, rasa penasaran di sini berbahaya. Jika seseorang mengklik link yang ada, maka ada kemungkinan Facebook orang tersebut akan terinfeksi dan menyebarkan postingan yang sama ke group yang dia ikuti. Dengan kata lain, pemilik Facebook kebanyakan tidak sadar bahwa dia sudah mengirim spam kemana-mana karena tidak tahu telah menjadi korban.

Cara untuk mengatasinya adalah, jangan pernah sekali-kali mengklik link yang diberikan. Dan para admin group hendaklah menghapus spam tersebut agar korban tidak bertambah banyak dan tidak mengotori group itu sendiri dengan postingan tidak berguna.
Hindari Spam, Meskipun Penasaran, Jangan Diklik!

Sebenarnya apa manfaat bagi orang yang membuat spam tersebut? Selain digunakan untuk menyebarluaskan spam itu kembali, tentu ada hal lain yang saya sendiri kurang tahu. Jika facebook korban bisa digunakan untuk mengirim spam, ada kemungkinan juga bisa digunakan untuk sekedar like status orang lain. Biasanya tidak ada notifikasi/pemberitahuan untuk status yang disukai/like.

Spam memang merupakan sesuatu yang tidak disukai. Maka kita pun harus menghindari agar diri kita tidak mengirim spam meskipun tidak sengaja. Ini tidak hanya di facebook, tapi juga berlaku untuk email dan lainnya. Meskipun penasaran, jangan diklik!

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

8 Comments

  1. Setuju dengan anda, spam linknya bermacam macam, biasanya berupa link yang menarik, sehingga membuat penasaran untuk mengekliknya.

    ReplyDelete
  2. kayak ride spamming jack...kitqa dibawan pada suatu konten spam yang bisa menyebabkan virus atau auto konten yang akan muncul pada beberapa link kita. ini kerjaan orang-orang iseng dan kadang mereka merupakan orang yang merasa terkucil karena tidak diperhatikan oleh orang sekelilingnya dalam dunia maya mereka sendir. ok nice share dan salam sahabat blogger dan sukses selalu. happy blogging

    ReplyDelete
  3. setiap hari ada pesan spam di gmail saya, bagaimana cara agar pembuat spam itu berhenti mengirimkan pesan spam tersebut? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan tandai email tersebut sebagai spam. Berikutnya, apa bila email dari pengirim yang sama datang, tidak akan masuk ke folder email masuk, melainkan folder spam.

      Delete
  4. bagaimana cara menghapus akun yang lupa kata sandi dan no hp yang sudah tidak aktif

    ReplyDelete
  5. bagaimana cara menghapus akun yang lupa kata sandi dan no hp yang sudah tidak aktif

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *