WPS Office, Program Gratis Alternatif dari Microsoft Office

Saya baru selesai membaca artikel dari salah satu rekan blogger yang membahas cara mendapatkan microsoft Office 365 gratis. Riskasnya menggunakan akun student dari kampus. Sayangnya saya bukan mahasiswa lagi.

Saat mengunjungi halaman resmi microsoft saya melihat harga yang ditawarkan. Jika uangnya ditambah sedikit lagi, mungkin cukup buat beli tablet untuk baca ebook biar hurufnya tidak kekecilan. Akhirnya, saya nemu artikel di Jalan Tikus berisi beberapa program alternatif pengganti microsoft office. Pilihan teratas jatuh pada WPS Office.

Saya pun langsung mengunjungi halaman resmi WPS office. WPS Office sendiri bukanlah barang baru bagi saya. Nyatanya, selama ini saya menggunakan WPS Office pada HP Vivo yang saya gunakan. Tampilannya mirip dengan Microsoft Office.

Saat ini, WPS Office juga menyediakan aplikasi untuk PC. Ukurannya cuma 153 MB dan gratis. Saya pun langsung mendownload dan menginstalnya. 

Ada empat program utama pada WPS Office, yaitu document (docx), Spreadsheets (xlsx), presentation (ppt), dan PDF. Keempat program tersebut adalah program Office yang paling umum digunakan.

Selain bisa dipakai untuk membuat dokumen baru, program ini juga bisa digunakan untuk membuka dan mengedit dokumen yang sudah ada. Penggunaannya sangat mudah karena tidak jauh berbeda dengan Microsoft Office, meskipun tentu saja ada beberapa perbedaan.

Yang paling saya suka adalah program PDF nya. Karena terdapat menu untuk menconvert dari PDF ke dokumen maupun sebaliknya.

Selain versi gratis juga terdapat versi premium pada WPS Office. Untuk saat ini saya cuma menggunakan versi gratisnya. Bagi yang tidak mau pakai program Microsoft Office bajakan bisa mencoba beralih menggunakan WPS Office. Semoga bermanfaat.

3 comments

  1. Saya juga ada wps office bawaan hp Xiaomi tapi aku uninstall karena tidak terlalu butuh mbak. Biasanya aku menulis langsung di draf blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pake wps office di hp untuk membuka dokumen atau excel. Tapi kalo ngedit dan ngetik tetap pake laptop. Untuk urusan blogging di hp juga langsung lewat blogger.

      Delete
  2. Saya pake WPS juga looh mbak, gratis.. kalo pake microsoft office itu kan mbayar :D

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon