Cara Mengganti Template di Beranda Blogger Baru

 Setelah sebelumnya berburu template baru, saya pun memutuskan untuk mengganti template salah satu blog saya tersebut. Ketika akan melakukan penggantian template blog, saya sempat terpaku dengan tampilan baru blogger, termasuk pengaturan template.

Jika mengganti template dengan template bawaan blogger sendiri, caranya mudah saja. Tinggal pilih template yang ingin dipakai, klik terapkan, dan selesai. Tapi ceritanya berubah ketika template yang digunakan berasal dari situs lain.


Pada pengaturan beranda blogger lama, terdapat pilihan upload untuk mengganti template yang ada. Kali ini pilihan tersebut tidak tersedia. Saya perlu berpikir sejenak untuk memahaminya.

Setelah diperhatikan pilihan menu yang ada, saya pun mulai mengerti cara yang bisa dilakukan untuk mengganti template di blogger baru. Cara ini sebenarnya cukup sering juga digunakan oleh blogger lain di tampilan blogger lama, hanya saja baru kali ini saya menggunakannya.

Cara Mengganti Template di Beranda Blogger

Tentukan dulu template baru yang ingin digunakan.
Buka file template baru dengan menggunakan notepad

Login ke beranda blogger blog yang ingin diganti templatenya
Pilih template/tema
Klik drop ke bawah di samping tulisan Sesuaikan
Pilih Cadangkan sebagai backup template lama untuk jaga-jaga.
Selanjutnya pilih Edit HTML
Cara Mengganti Template di Beranda Blogger Baru

Hapus semua kode HTML yang ada
Copas kode HTML dari template baru yang telah dibuka dengan aplikasi notepad
Klik Simpan/Save

Selanjutnya, silakan melihat tampilan baru blog dan melakukan pengeditan lanjutan sesuai kebutuhan. Setiap template baru biasanya perlu diedit lanjut terkait menu dropdown di bagian atas maupun kode sosial media dan meta tag. Mau tidak mau semua harus dilakukan melalui menu edit HTML.

Beberapa orang, ada yang suka melakukan pengeditan sebelum mengcopas kode ke beranda blogger. Ada pula yang melakukan pengeditan setelah memasangnya di blogger. Saya pribadi lebih suka mengeditnya setelah template baru terpasang. Dengan begitu akan lebih jelas bagi saya mana yang ingin diperbaiki.

Untuk memperbaiki posisi widget, bisa di atur pada menu Layout/Tata Letak. Kode iklan bisa diletakkan sebagai widget maupun pada menu edit HTML template.

Demikianlah cara mengganti template di baranda blogger baru. Semoga bermanfaat.

4 comments

  1. emang, gak bisa diupload lagi gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ngga nemu kata upload. Pilihan yang muncul hanya seperti pada gambar.

      Delete
  2. Hahahaha.. untung saya sudah pindah, jadi nggak bingung nyari menu upload lagi.. hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, Pak Anton pindah besar-besaran sih, jadi ngga ikut ngerasain. Kan seru Pak, suka duka dengan perubahan blogger, hehe 😅😅

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon