Peraturan Baru Adsense, Situs Baru Harus Direview

December 03, 2018
Beberapa waktu yang lalu, adik saya mengabarkan berita gembira. Ia berhasil mendaftarkan blognya ke Google Adsense dan diterima. Sebelumnya ia sudah sering mendaftar adsense untuk blog dan selalu ditolak. Seakan harapan untuk diterima sudah tidak ada.

Beberapa pekan yang lalu ia iseng mendaftarkan salah satu blognya yang sudah lama tidak diupdate. Tidak disangka dalam waktu beberapa hari ia mendapat email balasan yang menyatakan blognya layak untuk menampilkan iklan adsense.
Ada yang berbeda pada email balasan adsense yang diterimanya dengan tampilan email diterima adsense yang sering saya lihat di forum biasanya. Pada email tersebut tertulis bahwa blognya sudah diterima. Di sini ditulis dengan jelas alamat blognya, bukan pernyataan umum bahwa akun adsensenya sudah diterima.

Tampilan email seperti ini tidak hanya berlaku untuk blog yang didaftarkan dengan domain blogspot. Tapi juga berlaku untuk blog dengan domain TLD yang saya lihat pada blog orang lain.

Selidik punya selidik, rupanya hal ini berkaitan dengan peraturan baru adsense tahun 2018 ini, bahwa setiap situs yang baru ditambahkan ke akun Adsense akan direview terlebih dahulu sebelum bisa menampilkan iklan Google Adsense.

Selama ini, seseorang yang sudah memiliki akun Adsense bebas meletakkan iklan di situs mana saja selama situs tersebut tidak melanggar kebijakan adsense. Review hanya dilakukan pada situs yang pertama kali didaftarkan untuk akun Adsense. Sedangkan untuk situs berikutnya, tidak perlu direview lagi, cukup langsung pasang kode iklan di blog.

Tapi rupanya, peraturan tersebut sudah tidak berlaku lagi. Beberapa hari yang lalu saya membuka daftar situs di beranda adsense saya dan melihat sedikit tampilan yang berbeda.

Ada pernyataan di sana bahwa jika saya ingin menambahkan situs baru, maka saya harus meminta review terlebih dahulu.

"Tempatkan kode pada setiap halaman yang diinginkan untuk menampilkan iklan. Setelah pemeriksaan kami selesai, situs Anda akan siap untuk menampilkan iklan."

Pada halaman bantuan Google Adsense dinyatakan bahwa review atau pemeriksaan situs biasanya kurang dari satu hari. Namun dalam beberapa kasus bisa berlangsung lebih lama.

Saya pribadi belum ada rencana untuk menambah blog baru. Apalagi dengan adanya aturan review kali ini jika ingin meletakkan iklan. Daripada membuat blog baru lagi, sepertinya lebih baik memaksimalkan blog lama yang banyak terbengkalai.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

10 Comments

  1. Kok di dashboard saya nggak muncul ya Nisa.. Tidak ada pernyataan sama sekali bahwa kalau masukkan site baru harus direview dulu.

    Kosong saja seperti biasa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya memang tidak semua akun, Pak. Kurang ngerti juga apa kriterianya. Tapi biarinlah,,, belum ada niat nambah blog.

      Delete
    2. Nggak Nisa.. ternyata setelah dicek lagi, hari ini sudah muncul seperti yang NIsa tulis.. :-D

      Delete
    3. Wah, ternyata akun Pak Anton juga mengalaminya. Saya tidak sendiri, hehe.

      Delete
  2. Uwooo terima kasih telah mnyinggung blog ulun disini. ^_^

    ReplyDelete
  3. gak bisa lagi naruh artikel di sembarang Blog dong, wah.. padahal saya suka asal taruh kode iklan di beberapa blog yang tidak terurus.

    mungkin untuk blog lama dan terlanjur di pasangi iklan tidak masalah kali ya. walaupun artikelnya sedikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog lama saya disetujui semua, meski isinya macam-macam. Tapi untuk blog baru sepertinya perlu perhatian khusus.

      Delete
  4. aduh, padahal baru aja bulan ini nambahin blog bule.. eh...

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *