Kelebihan dan Kekurangan Beli Tiket Bioskop Online

October 22, 2018
Sudah beberapa kali saya menonton film di bioskop dan membeli tiketnya terlebih dahulu secara online. Boleh dikatakan saat ini saya lebih suka beli tiket bioskop online daripada beli langsung di bioskop. Beberapa film yang tiketnya saya beli secara online yaitu Avengers, Ant Man, Deadpool 2, dan Venom.

Saat ini ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membeli tiket bioskop secara online. Saya sendiri baru pernah menggunakan Traveloka dan Go-tix dari Gojek.

Berdasarkan pengalaman beberapa kali membeli tiket bioskop secara online, ada beberapa kelebihan dan kekurangan beli tiket bioskop secara online yang dapat saya simpulkan.

Kelebihan Beli Tiket Bioskop Online

1. Bisa Beli Tiket Bioskop Lebih Dulu

Saat film Avengers belum tayang di bioskop, tiket bioskopnya sudah tersedia beberapa hari lebih dulu di aplikasi Traveloka. Karena ajakan seorang teman, saya pun langsung membeli tiket untuk penayangan hari pertama. Waktu itu pertama kalinya saya beli tiket bioskop secara online. Kebetulan, hari itu ada temannya dan jadwal sedang tidak padat. Cocok sekali untuk menonton.

Beberapa film yang laris biasanya memang menyediakan tiket bioskop sebelum jadwal tayangnya. Istilahnya adalah presale. Mungkin dari sana jugala mereka mencoba memprediksi seberapa populer kemungkinan suatu film berdasarkan jumlah tiket yang sudah terjual sebelum hari penayangan.

2. Bebas Memilih Tempat Duduk

Pernah suatu hari saya menonton bioskop dengan duduk di bangku paling depan dan di pojok. Rasanya leher sakit karena harus mendongak. Belum lagi yang posisi gambarnya kurang enak karena dilihat dari samping.

Tapi saat membeli tiket bioskop online, saya bebas memilih tempat duduk yang saya sukai. Karena biasanya, saat membeli tiket bioskop secara online, tempat duduknya masih banyak yang kosong, suka pilih.

Saya sendiri lebih suka memilih tempat duduk di tengah, supaya pas ke kiri dan ke kanannya. Dari depan ke belakang pun saya juga memilih di tengah. Saya tidak suka duduk paling depann karena harus mendongak. Tapi saya juga tidak suka duduk paling belakang karena ukuran layarnya jadi kurang besar. Saya tidak suka melihat bagian tepi layar bioskop. Oleh karenanya tempat duduk favorit saya persis di tengah-tengah barisan penonton.

3. Tidak Perlu Antri

Sebagai seseorang yang berkerja, waktu libur saya saya dengan waktu libur orang lain. Begitu pula film yang saya suka juga hampir sama dengan film yang disukai oleh banyak orang. Oleh karenanya, waktu pergi ke bioskop biasanya berbarengan dengan banyak orang. Maka jumlah bioskop yang hanya satu di Banjarmasin dan satu di Banjarbaru menyebabkan antrian yang panjang untuk membeli tiket bioskop. Saya bahkan pernah melihat antrian pembeli tiket yang sampai keluar bioskop,,, tapi masih di dalam mall sih.

Dengan membeli tiket bioskop online, sekarang saya tidak perlu berdiri dalam antrian panjang. Saya cukup pergi ke loket khusus untuk mengambil tiket bioskop. Untuk bioskop di Q-Mall saya cukup menunjukkan aplikasi berisi kode booking kepada petugas. Kemudian saya diberi tiket dan langsung bisa masuk menuju ruang teater.

4. Tidak Dikejar Waktu

Saya bukanlah orang yang hobi pergi ke mall. Kadang pergi ke Mall hanya untuk ke Gramedia atau memang ingin menonton ke bioskop. Oleh karenanya pergi ke mall hanya sesuai keperluan.

Jika beli tiket bioskop secara offline, saya harus bergegas pergi ke mall yang jaraknya tidak dekat dari rumah saya. Karena nantinya harus antri untuk membeli tiket. Belum lagi rasa was-was takut kehabisan tiket film yang ingin ditonton.

Namun dengan membeli tiket bioskop secara online, saya bisa lebih santai untuk perginya. Cukup pergi ke mall sebelum waktu tayang film yang ingin ditonton agar tidak ketinggalan. Sangat membantu dalam mengatur waktu.

5. Metode Pembayaran Beragam

Sebagai aplikasi online, tentu saja pembayaran bukan menggunakan uang tunai. Untuk memudahkan pengguna ada beberapa metode yang bisa digunakan. Saat pakai aplikasi Traveloka, saya menggunakan saldoku. Sedangkan saat pakai aplikasi Go-Tix saya bayar dengan menggunakan Go-Pay. Saldo Go-Pay bisa diisi dengan BNI Mobile Banking.

6. Kadang Ada Diskon

Saya pernah menemui adanya diskon tiket bioskop, baik di Traveloka maupun Go-Tix. Sayangnya, saya menyadarinya setelah melakukan pembelian dan pembayaran tiket, sehingga saya tidak bisa ikut menikmati diskon yang ditawarkan.

Kekurangan Beli Tiket Bioskop Online

1. Harga Lebih Mahal

Beli bioskop secara online memang lebih mahal dari pada beli langsung di bioskop. Selisih harga tiketnya sebesar Rp 5.000,-. Selisih harga ini berlaku untuk satu tiket. Jika beli tiketnya sebanyak 6 buah, maka selisihnya menjadi Rp 30.000,-

Bagi saya pribadi harga yang lebih mahal ini masih sebanding dengan keuntungan yang saya peroleh karena membeli tiket bioskop secara online. Lagi pula, biasanya saya hanya nonton berdua.

2. Pembayaran Agak Ribet

Memang ada banyak metode pembayaran yang ditawarkan, tapi beberapa diantaranya agak ribet. Saya biasanya memilih metode yang paling mudah. Awalnya saya menggunakan Traveloka dan bayar pakai Saldoku. Tapi karena Saldoku sempat sulit untuk diisi akhirnya saya berpindah ke aplikasi Go-Tix dari Go-jek. Saya menggunakan Go-Pay dan harus isi saldo terlebih dahulu.

3. Aplikasi Error

Baru-baru ini saya beli tiket bioskop Venom lewat Go-tix. Entah sedang ada perbaikan atau apa, saya malah mendapat balasan Error.

Berhubung saya ingin sekali menonton Venom, saya pun mencoba lagi pada waktu berikutnya. Setelah melewati langkah-langkahnya sampai ke pembayaran menggunakan Go-Pay. Saya pun kembali mendapat balasan Error, Transaksi Gagal.

Tapi anehnya saya mendapat pesan WhatsApp yang menyatakan transaksi berhasil yang berisi rincian film yang ingin saya tonton beserta kode bookingnya.

Saat dilihat di aplikasi Go-Tix, laporannya gagal, tapi saldo Go-Pay saya berkurang. Saya tidak bisa melihat rincian tiket di aplikasi Go-Tix, karena laporannya memang gagal.

Tapi saya sih santai saja, karena ada pesan WA yang jadi bukti dan saya bisa memperlihatkannya untuk pengambilan tiket di bioskop.

Yang sempat jadi pemikiran saya, bagaimana jika pengguna lain mengalami hal serupa, tapi tidak memiliki akun WA untuk nomor yang terdaftar di Go-jek. Ia akan mendapati laporan gagal namun saldo berkurang. Saya juga mendapat email berisi rincian booking, tapi masuknya setelah waktu menonton bioskopnya lewat.

Saya pribadi tidak mengalami masalah dengan kejadian ini. Semoga yang lain pun jika mengalaminya, tetap mendapat solusi.

4. Kejadian Tak Terduga

Ini terjadi saat pertama kali saya beli tiket bioskop online. Keinginan untuk menonton Avengers waktu itu cukup menggebu-gebu. Tapi satu jam sebelum jam tayang film, hujan turun dengan lebat. Rencananya saya dan teman saya akan berangkat ke mall naik sepeda motor. Tapi hujan tak kunjung reda.

Tidak mungkin kami membatalkan niat menonton karena tiket bioskop sudah dibeli dan dibayar. Tidak ada pilihan untuk membatalkan atau refund seperti pada tiket pesawat.

Akhirnya, karena kami memang ingin banget menonton, kami berangkat menggunakan taksi online yaitu Grab car.

Demikianlah berbagai kelebihan dan kekurangan beli tiket bioskop secara online berdasarkan pengalaman saya. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

4 Comments

  1. Kalau saya sekarang mau nonton bioskop, cara yang saya lakukan adalah panggil si kribo cilik.. bilang pesen tiket sana, dan setelah itu saya tinggal jalan. Lebih mudah dibandingkan secara online... :-D

    Cuma lebih mahal karena biasanya setelah itu pesanan cemilan buat selama nonton bioskopnya banyak banget buat si kribo... :-D

    Maklum, sekarang kalau nonton bioskop selalu bertiga .. hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang cara Bapak belum bisa saya tiru. Karena saat ini, kami biasa menonton berdua saja, hehe.

      Delete
  2. Saya belum pernah beli online Mbak, nonton bioskop saja baru beberapa kali, itupun sudah lama sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya juga jarang banget nonton ke bioskop. Tapi sejak ada bioskop bar dekat tempat tinggal, bawaannya mau nonton kalo ada film seru.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *