DuckDuckGo Mesin Pencari Yang Tidak Melacakmu

September 03, 2018
Mesin pencari tidak hanya Google. Ada juga mesin pencari lain di internet, seperti Yahoo dan Bing. Hanya saja, saat ini Google memang menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan.

Karena Google paling banyak digunakan maka Url perujuk di statistik blog saya didominasi oleh Google. Hanya saja ada url lain yang rupanya juga merujuk ke blog saya yaitu duckduckgo.com

Url ini adalah baru bagi saya. Karena penasaran, saya pun mengikuti link yang merujuk ke situs tersebut.

Rupanya DuckDuckGo.com adalah situs mesin pencari juga. Situs ini bahkan memiliki slogan Mesin Pencari Yang Tidak Melacakmu.

DuckDuckGo

Masalah privasi memang menjadi isu yang sering dibahas di dunia elektronik seperti internet. Banyak orang yang ingin bebas berselancar tanpa takut data privasinya disalahgunakan.

Rupanya DuckDuckGo mencoba menjawab kegelisahan para pengguna internet dengan menghadirkan mesin pencari yang mengedepankan privasi penggunanya.

Secara umum, saya sendiri kurang paham, privasi seperti apa yang ditawarkan oleh DuckDuckGo ini. Namun berdasarkan statistik blog saya, beberapa orang telah menggunakan mesin ini dan sampai ke blog ini.

Saya mencoba mencari tahu lebih lanjut mengenai mesin pencari ini. Rupanya DuckDuckGo memang merupakan salah satu mesin pencari alternatif yang bisa digunakan selain Google.

Sebagaimana Yahoo dan Bing, DuckDuckGo memang tidak sebesar Google. Meski begitu bukan berarti tidak ada penggunanya. Hal ini terbukti dengan adanya pengunjung blog saya yang berasal dari mesin pencari ini.

Bagi yang ingin lebih menjaga privasi, mungkin DuckDuckGo bisa menjadi pilihan sebagai mesin pencari pengganti Google.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

6 Comments

  1. Duckduckgo termasuk sudah lama juga walau tidak sengetop Google/Yahoo/Bing.

    Coba juga Baidu, search engine ala China yang menduduki peringkat no 2 setelah Google..

    ReplyDelete
  2. Kalau mau IP-nya gak ke detek bisa pakai TOR browser.
    TOR browser bisa meng acak IP kita. jadi lokasi kita yang sesunguhnya gak kelacak. soalnya di acak ke beberapa negara. yang membuat penggunanya anonim. saya pernah coba dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh juga idenya. Tapi saya ngga nyampe ke sana mikirnya.

      Delete
    2. fungsinya bukan cuma itu, TOR browser dengan engine duckduckgo juga bisa menerjang situs - situs yang di blokir server atau pemerintah.

      kalau saya buat di gunain di kantor,bisa menembus proxy kantor yang membatasi situs belanja online dan social media. hihi

      Delete
    3. Nah ketahuan yah... suka menerobos internet positif.. Hayooo... kunjungi situas apa?

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *