Suka Duka Kurs Dollar Bagi Publisher Adsense

August 25, 2018
Sebagai salah satu publisher Adsense yang menggunakan akun lama, kadang ada rasa campur aduk terkait dengan kurs rupiah terhadap dollar. Sebagai warga negara Indonesia, tentu saya sedih jika harga rupiah melemah. Tapi di sisi lain saat rupiah melemah terhadap dollar, maka rupiah yang diterima akan lebih banyak saat gajian adsense.

Dalam grup adsense biasanya ada pertanyaan terkait potongan adsense US jika dibayarkan lewat rekening. Saya pribadi kadang kurang mengerti, apa yang dimaksud dengan adsense US. Apakah terkait pembayarannya yang menggunakan USD atau, akun adsense yang beralamatkan di US.

Akun saya sendiri masih menggunakan mata uang USD. Namun untuk pembayaran saya menggunakan transfer langsung ke rekening. Dulu sempat menggunakan Western Union, tapi semenjak bisa pake rekening, saya memilih menggunakan rekening. Lebih cepat dan tidak pake ribet.

Beberapa alasan publisher lain yang lebih suka menggunakan WU adalah

- Tidak ada potongan.
- Lebih suka langsung menerima uang cash.
- Supaya terlihat bekerja, karena pergi mengambil uang gaji.

Terkait dengan potongan pembayaran adsense US melalui rekening ada info yang menyatakan adanya potongan dengan nilai bervariasi. Ada juga yang mengatakan bebas potongan.

Saya pribadi lebih percaya bahwa pembayaran yang saya terima tidak mengalami potongan. Karena memang saya tidak menemukan situs resmi yang menyatakan adanya potongan tersebut. Begitu pula di rekening saya tidak ada keterangan mengenai potongan.

Yang biasa saya lakukan adalah mengecek kurs dollar yang saya terima terkait pembayaran tersebut.

Pada bulan ini pun saya melakukan hal yang sama, yaitu menghitung kurs dollar yang saya terima. Uang rupiah yang saya terima melalui rekening BNI dibagi nilai dollar di akun adsense, hasilnya 14.380. Dengan kata lain, untuk bulan ini Kurs USD yang saya terima sebesar 14.380.

Untuk melihat apakah nilai tukar yang saya terima sudah cocok atau belum, saya pun membuka google untuk mengecek nilai tukar rupiah hari itu.


Kali ini Google tidak hanya memperlihatkan nilai tukar hari itu sebesar 14.633, tapi juga grafik yang menunjukkan pergerakan nilai tukar dollar terhadap rupiah yang terus menunjukkan pelemahan nilai rupiah dari tahun 2014.

Perasaan saya rasanya campur aduk, sebagai warga negara yang baik dan juga seorang publisher adsense. Nilai tukar rupiah sudah semakin lemah dan hampir mencapai angka 15.000.

Rasa penasaran pun ikut timbul terkait kurs dollar terhadap rupiah. Saya pun kembali memasukkan kata kunci terkait kurs dollar dari tahun ke tahun. Saya pun mendapatkan hasil yang mengejutkan di wikipedia sekaligus mengingatkan saya tentang kejadian dua puluh tahun yang lalu.


Pada tahun 1998 ketika krisis moneter melanda Indonesia, nilai rupiah melemah dan jatuh menjadi kurang dari setengahnya. 1 USD yang semula 5.915 rupiah pada Desember 1997 menjadi 14.800 pada Januari 1998. 1 USD bahkan pernah tembus di angka 16.800 rupiah pada Juni 1998.

Semoga kejadian tersebut tidak pernah terulang lagi di Indonesia. Sebagai publisher, saya memang senang mendapatkan banyak uang. Tapi sebagai warga negara Indonesia saya berharap nilai tukar Rupiah tidak melemah namun terus menguat terhadap dollar maupun mata uang lainnya.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

7 Comments

  1. Mengenai potongan kalau ditransfer, sebenarnya itu akan tergantung bank masing-masing.

    Biasanya ada yang menerapkan potongan untuk menerima transfer dalam USD dari luar negeri antara 0-30 dollar. Tergantung pada kebijakan masing-masing bank dan bukan dari pihak Adsense. Hal itu sudah biasa karena perusahaan saya yang bergerak di bidang ekspor pun kerap mendapatkan potongan ketika menerima pembayaran, misalkan uang 1000 dollar, maka resminya yang diterima 975 dollar karena bank memotong 25 dollar sebagai biaya administrasi.

    Masing-masing bank akan berbeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya jumlah yang diterima juga berpengaruh. Behubung saya belum pernah menerima sampai 1000 dollar, jadi tidak pernah dapat potongan segitu, ��

      Delete
  2. ada apa ama beking ku ini nor jajam 5 bisa aku cek pada pukul 12 udah ga terdaftar apa ini

    ReplyDelete
  3. kira-kira kalau pakai BCA kena potongan gak ya?

    tapi kayaknya lebih praktis via tranfer bank kalau gajian. kalau nunggu pin takut tukang posnya nyasar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. akun yang pake rupiah katanya tidak ada potongan mas.

      Kalo nungguin PIN memang harus, untuk verifikasi alamat.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *