Pengalaman Bayar Pajak Motor di Samsat Corner Q-Mall Banjarbaru, Cepat dan Mudah!

August 30, 2018
Sudah lebih dari lima tahun saya memiliki sepeda motor yang pajaknya harus saya bayar setiap tahun. Biasanya saya memperpanjang STNK dengan cara bayar pajak di kantor Samsat Martapura. Saya harus rela menunggu lama karena ada banyak berkas yang harus diurus oleh petugas di loket-loket yang ada.

Bulan ini saya kembali harus mengurus pajak sepeda motor tersebut. Saya mendengar bahwa bayar pajak motor di Samsat Corner Q-Mall Banjarbaru prosesnya lebih mudah dan cepat.

Berhubung hari ini jadwal pulang cepat, maka saya tidak langsung pulang ke rumah, tapi pergi ke Q-Mall Banjarbaru. Masih pukul 11.00, Insya Allah masih sempat berurusan.

Karena ini pertama kalinya saya akan ke Samsat Corner di Q-Mall, saya pun parkir motor di parkiran Q-Mall. Mau tidak mau saya pun harus mengambil karcis parkir.

Begitu memasuki mall, saya langsung bertanya pada satpam lokasi Samsat Corner. Ternyata lokasinya di bagian luar mall dan saya harus turun satu lantai.

Tiba-tiba saya bertemu salah seorang teman yang juga sedang berada di mall. Dengan baik hati, dia pun mengantarkan saya sampai ke Samsat Corner. Saya pun tidak perlu bingung mencari lokasinya.

Samsat Corner di Q-Mall Banjarbaru memang berupa ruko berukuran kecil. Semestinya saya tidak perlu masuk ke parkiran sepeda motor Q-Mall. Tapi langsung saja menuju Samsat Corner di Q-Mall lantai satu sebelah kiri. Untuk pengalaman pertama tidak masalah.

Tidak banyak orang yang antri di sana. Saya mengambil nomor antrian kemudian duduk menunggu. Karena Samsat Corner Q-Mall berada di Banjarbaru dan sepeda motor saya beli di Martapura, maka saya memilih antrian Samsat Corner Online.

Bayar Pajak Motor di Samsat Corner Q-Mall Banjarbaru

Karena proses yang cepat, tidak berapa lama nomor antrian saya dipanggil. Saya hanya menyerahkan nomor antrian dan STNK serta SKPD asli. Padahal saya sudah menyiapkan berbagai fotokopi termasuk KTP, ternyata tidak diperlukan. Mungkin karena online.

Saya kemudian diminta membayar pajak sebesar Rp 185.000,-. Saya sudah menyiapkan uang pas dari awal supaya tidak ribet. Kemudian saya menerima SKPD yang baru dan STNK yang sudah distempel tanda pengesahan.

Prosesnya sebentar sekali, tidak sampai setengah jam. Saya pun bisa melanjutkan untuk jalan-jalan di Mall karena sudah terlanjur ke sana. Walaupun ujung-ujungnya saya pulang tanpa membeli apa-apa.

Pembayaran pajak motor di Samsat Corner Q-Mall memang cepat dan mudah. Tahun depan, saya bayar di sini lagi saja.

Informasi Tambahan,

Samsat Corner Q-Mall melayani:

- Perpanjangan pajak untuk wilayah Kalimantan Selatan
- Syarat perpanjangan pajak sepeda motor (R2), yaitu : STNK asli dan SKPD asli
- Syarat perpanjangan pajak mobil (R4), yaitu : STNK asli, SKPD asli, KTP asli atas nama dan atau alamat yang sama tertera di STNK.

Samsat Corner tidak melayani:

- Perpanjangan pajak 5 tahunan sepeda motor dan mobil (dapat dilakukan di Samsat induk masing-masing)
- Perpanjangan pajak mobil plat kuning
- Proses balik nama

Himbauan kepada wajib pajak agar mempersiapkan persyaratan sebelum melakukan pembayaran. Pembayaran pajak bisa dilakukan 90 hari sebelum jatuh tempo.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

2 Comments

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *