Awas, Penipuan Tiket Tour & Travel Berkedok Lowongan Kerja

August 27, 2018
Adik saya meminta pendapat pada saya sehubungan salah seorang pelanggan yang baru memprint email di tempat kerjanya. Email tersebut berisi rincian yang menyatakann bahwa orang tersebut lulus seleksi berkas untuk lowongan kerja dan diminta untuk menghadiri interview. Sepintas tidak ada yang salah, tapi setelah saya baca emailnya dengan seksama, terlihat sesuatu yang mencurigakan di sana.

Awalnya seorang Bapak-bapak datang ke fotokopian adik saya dan bertanya apakah bisa melayani untuk mengirim email. Adik saya pun membantu orang tersebut untuk mengirim email lamaran kerja ke sebuah perusahaan batu bara.

Beberapa hari kemudian, orang tersebut datang lagi untuk menanyakan email balasan. Ia mengaku telah mendapat telpon dari yang mengatakan bahwa ia telah lulus seleksi berkas dan agar membaca rinciannya melalui email.

Adik saya pun membuka email dan memprintkan balasan email untuk Bapak tersebut. Ia hanya sempat membaca sekilas dan langsung menyerahkannya. Berhubung adik saya juga sibuk melayani pelanggan lain, jadi dia hanya mengerjakan sesuai pekerjaannya.

Saat ada waktu luang, adik saya yang penasaran pun membaca email tersebut lebih seksama. Dia pun menemukan beberapa kejanggalan dan akhirnya mendiskusikannya dengan saya.

Kejanggalan pertama adalah alamat email yang digunakan tidak menggunakan domain perusahaan, melainkan email gratisan dari gmail.com. Sedangkan perusahaan resmi biasanya menggunakan email resmi seperti hrd@appc.co.id

Paparan isinya terlihat cukup menggiurkan. Pelamar yang dinyatakan lulus berkas diharapkan mengikuti interview di Surabaya dengan jadwal dan rincian terlampir. Untuk biaya akomodasi seperti tiket pesawat dan lainnya akan digantikan oleh perusahaan begitu sampai di lokasi.

Saya pikir, tidak masalah jika uang akan diganti. Meskipun tidak lulus, anggap saja jalan-jalan ke pulau Jawa.

Bagian terakhir justru membuat kening saya berkerut dan kecurigaan meningkat. Untuk membelian tiket pesawat, diharapkan melakukan reservasi melalui Tour & Travel yang telah ditunjuk. Dilampirkan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk pemesanan.

Setahu saya, perjalanan dimana biaya transportasi dan akomodasi diganti, biasanya tidak membatasi dimana beli tiket dan sebagainya. Yang terpenting bisa melampirkan bukti pembayaran yang sah.

Kami pun mencoba mencari informasi dii Google, apakah ada penipuan dengan pola sejenis. Ternyata banyak yang mengalami penipuan dengan kasus serupa. Bahkan hal ini sudah ada dibahas di Kaskus sejak tahun 2013. Sampai sekarang pun, ternyata masih ada.

Pertama-tama korban melamar pekerjaan melalui email. Kemudian diminta datang untuk wawancara ke lokasi yang jauh. Semua biaya transportasi akan diganti, namun harus membeli tiket pada agen yang ditunjuk. Setelah uang ditransfer untuk beli tiket, tiket tidak kunjung tiba dan uang pun melayang. Penipuan jenis ini adalah penipuan tiket tour dan travel yang berkedok lapangan kerja.

Adik saya menghubungi Bapak yang melamar pekerjaan dan memperoleh email tersebut. Setelah melalui berbagai pertimbangan beliau pun memutuskan untuk tidak berangkat karena memang tidak yakin dengan email tersebut.

Di zaman teknologi kali ini pun, penipuan juga semakin canggih. Para korbannya bahkan orang-orang yang sedang memerlukan. Maka kita pun harus lebih berhati-hati dan teliti agar tidak menjadi korban penipuan.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

3 Comments

  1. Jempol untuk ini NIsa.. Usaha NIsa dan adik menghindarkan bapak itu dari kemungkinan tertipu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya tidak enak, Pak, ada orang yang hampir tertipu di sekitar kita dan dibiarkan. Walaupun kami cuma menyampaikan, Bapak itulah yg akhirnya memutuskan.

      Delete
    2. Betul Nisa.. kalau kita tidak memperingatkan ada rasa bersalah di hati

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *