Kelebihan dan Kekurangan BNI Mobile Banking

July 30, 2018
Beberapa tahun terakhir saya menggunakan BNI Mobile Banking untuk memudahkan transaksi perbankan. Meskipun saya adalah nasabah BNI Syariah, namun saya juga dapat menikmati kemudahan yang diberikan oleh BNI Mobile Banking.

Sebagai sebuah aplikasi BNI mobile banking tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan BNI Mobile Banking berdasarkan pengalaman saya.

Kelebihan dan Kekurangan BNI Mobile Banking

Kelebihan BNI Mobile Banking

1. Tidak Perlu Pulsa

Karena BNI mobile banking menggunakan jaringan internet, maka tidak masalah meskipun tidak punya pulsa. Jaringan internetnya bisa menggunakan kuota dari kartu SIM ataupun dari wifi

2. Tidak Perlu Token BNI

Berbeda dengan internet banking yang harus menggunakan token untuk validasi, BNI mobile banking cukup dengan memasukkan password transaksi saja. Jadi tidak perlu bawa token kemana-mana.

3. Bisa untuk Isi Pulsa HP dan token PLN

Saat ini pulsa dan token PLN sudah menjadi kebutuhan primer. Meskipun lebih sering menggunakan kuota internet, saya biasanya mengisi pulsa yang kemudian digunakan untuk membeli paket data. Dengan adanya BNI mobie banking, saya bisa isi pulsa langsung dari HP sendiri.

Baca Juga Cara Beli Pulsa Lewat BNI Mobile Banking

Adapun keberadaan token PLN lebih sangat membantu lagi. Tidak perlu pergi keluar rumah hanya untuk membeli token PLN, baik siang hari, apalagi malam hari.

4. Bayar Tagihan BPJS, PDAM, dan Listrik Pasca Bayar

Hampir semua orang punya tagihan bulanan, bahkan orang yang tidak punya hutang sekalipun. Termasuk saya yang harus membayar iuran BPJS dan Tagihan PDAM. Untungnya ada BNI mobile banking. Saya cukup menggunakan aplikasi tersebut untuk membayar tagihan. Apalagi menu PDAM di BNI Mobile Banking lebih lengkap daripada aplikasi lainnya. Karena beberapa aplikasi lain belum menjangkau PDAM Intan Banjar.

Baca Juga
Bayar Tagihan PDAM Lewat BNI Mobile Banking
Bayar Tagihan Listrik Via BNI Mobile Banking dan Internet Banking

5. Mudah Untuk Top Up Go-Pay, Grabpay, dan Lainnya

Sebagai pengguna Gojek maupun Grab, pembayaran menggunakan Gopay dan Grabpay tentu lebih murah. Walaupun beberapa orang lebih suka menggunakan uang tunai. Namun ada masanya saya memang harus menggunakan Gopay seperti saat melakukan pembelian lewat Go-tix.Oleh karenanya bisa mengisi saldo gopay dengan BNI Mobile Banking menjadi sangat memudahkan.

Baca Juga Cara Isi Saldo Gopay Lewat BNI Mobile Banking

6. BNI Debit Online, Solusi Kartu Debit

Mobile Banking BNI kini juga menyediakan menu BNI Debit Online. Sangat berguna untuk pembayaran online yang menggunakan kartu kredit atau debit. Saya cukup melakukan request VCN pada menu yang sudah disediakan. Meskipun tidak punya kartu kredit, saya bahkan bisa beli domain di google domain.

Baca Juga Cara Menggunakan BNI Debit Online Lewat BNI Mobile Banking

Masih banyak lagi menu yang bisa diakses di BNI Mobile banking, namun tidak saya sebutkan semuanya. Setidaknya yang saya sebutkan diatas adalah berbagai kelebihan langsung saya rasakan manfaatnya.

Selain memiliki kelebihan, BNI Mobile Banking tentu juga ada kekurangan. Inilah sederet kekurangannya yang sempat saya rasakan.

Kekurangan BNI Mobile Banking

1. Harus ada jaringan internet

Agar bisa menggunakan BNI Mobile Banking, maka smartphone harus terhubung lewat jaringan internet. Oleh karenanya, pada lokasi yang susah dijangkau oleh jaringan seperti daerah pedalaman, aplikasi ini tidak bisa digunakan.

2. Hanya bisa digunakan pada satu HP

Sebagai aplikasi keuangan dan perbankan yang merupakan milik pribadi dan bersifat rahasia, BNI mobile banking hanya bisa digunakan pada satu HP saja. Jika nasabah berencana untuk menggunakannya di HP lain, maka harus melakukan pengintalan aplikasi dan login di HP baru. Akibatnya, mobile banking di HP lama pun tidak bisa digunakan.

Satu HP hanya untuk satu rekening. Maka tidak lah bisa saya login ke akun mobile banking saya pada aplikasi di HP teman saya. Karena saat pertama kali diaktifkan, aplikasi di HP tersebut menggunakan nomor rekening dan kartu ATM yang telah dihubungkan.

Hal ini dilakukan tentu saja untuk keamanan akun perbankan itu sendiri. Oleh karenanya satu rekening BNI hanya bisa dihubungkan dengan satu HP saja.

Demikianlah artikel kelebihan dan kekurangan BNI Mobile Banking. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

6 Comments

  1. satu lagi kekurangan BNI Syariah, ganti kartu ATM + nama harus nunggu 1 bulan.

    ReplyDelete
  2. Saya belum menggunakan BNI mobile Banking, tapi informasinya cukup menambah pengetahuan saya Mbak. :)

    Ngomong2 kalau saya perhatikan kok jarang update ? seperti blog saya. :) sibuk jalan2 yach Mbak, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sibuk dengan dunia nyata, kegiatan blogging tertunda sementara, =D

      Delete
  3. sama berarti sama BCA mobile saya.gak bisa di lain HP. jadi kalau hp ketinggalan saya mending putar balik. sebab mesti ATM di pegang sama kumendan saya masih bisa tarik tunai. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mobile banking bisa menggantikan ATM untuk urusan belanja2.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *