Cara Mengisi Biodata Tanpa Nama Belakang

Di Indonesia memiliki nama yang pendek dan hanya terdiri dari satu kata adalah hal yang biasa. Seperti halnya nama saya, Khairunnisa tanpa ada nama belakang adalah hal yang lumrah. 

Keperluan akan adanya nama belakang muncul ketika seseorang mengisi form biodata yang bersifat internasional seperti di internet. Biasanya seseorang bisa mengarang sesuka hati dalam mengisi form yang ada. Misalnya dengan mengarang nama belakang sendiri seperti menambahkan nama saya menjadi Khairunnisa Ast. Hal ini tidak menjadi masalah selama tidak ada yang mempermasalahkan. 

Masalah muncul ketika seseorang diharuskan mengisi data yang valid tapi memerlukan nama belakang. Contohnya membuat rekening paypal di internet. Jika tidak mengisi kolom nama belakang maka tidak akan berhasil membuat akun. Namun kesalahan pada penulisan nama bisa menyebabkan tidak bisa mencairkan uang yang ada di rekening paypal itu sendiri. Lalu bagaimana untuk mengatasinya? 
cara mengisi biodata tanpa nama belakang

Dulu, saya pikir memberi spasi pada nama sendiri adalah solusi terbaik. Misalnya dengan menulis Khairunnisa menjadi Khairun Nisa. Ternyata hal ini tidak diterima. Karena nama depan jadi berbeda dimana Khairunnisa dan Khairun tidaklah sama. 

Cara yang benar untuk mengisi biodata tanpa nama belakang adalah dengan mengulang nama tersebut pada kolom nama belakang. 

Misalnya Khairunnisa menjadi Khairunnisa Khairunnisa

Saya melakukan hal ini pada akun paypal saya dan menghubungkannya dengan rekening bank BNI dimana nama saya hanya tertulis Khairunnisa sesuai KTP. Alhamdulillah saya bisa mencairkan uang ke rekening bank dalam tempo dua hari tanpa masalah. 

Tidak hanya pada Paypal, hal ini juga berlaku pada form lainnya seperti pembelian tiket online dan lain-lain. Dan supaya anak saya tidak mengalami hal serupa, saya akan memberinya nama yang minimal terdiri dengan dua kata. Bagaimana dengan Anda?
Baca Juga

Post a Comment

11 Comments

  1. thanks infonya.... tercerahkan...

    ReplyDelete
  2. sudah dijamin bisa seperti itu..??? soalnya sy punya account paypal atas nama risnaldi risnaldi, tetapi direk bank lokal hanya risnaldi. itu sudah pasti dijamin bisa cair...???
    thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mungkin tidak punya hak untuk menyatakan pasti cair. Tapi saya sudah membuktikan akun Paypal saya atas nama Khairunnisa Khairunnisa bisa dicairkan di BNI atas nama Khairunnisa :-)

      Delete
  3. Saya juga punya nama tanpa nama belakang, tapi setiap kali isi form selalu saya pisah, contoh Syamsudun menjasi Syam sudin.
    Dan ternyata tidak ada masalah dan lancar-lancar saja, termasuk di payoneer dan Paypal yang terintegrasi pada no rek Bank.

    ReplyDelete
  4. tapi saya baca di blog lain kok hanya dengan menambahkan karakter titik saja di nama belakang ya? saya bingung dengn penulisannya yang benar bagaimana karena belum ada standar yang formal dan bisa diterima di semua instansi .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk beberapa layanan online, ada yang menerima hanya dengan titik saja. Tapi ada juga yang tidak bisa hanya diisi dengan titik

      Delete
  5. saya mau tanya ni mbak...kan saya masuk kriteria penerima blt bpjs ketenagakerjaan...nah masalahnya di buku rekening yang saya pegang namanya wahyudi...pas saya cek di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id nama rekening nya wahyudi wahyudi...dan saya tadi udah ke bank untuk konfirmasi...padahal untuk usulan baru sudah tidak bisa...menurut mbak apakah nanti dana tersebut bisa cair? karna aturan nama rekening harus sama ktp...di ktp juga cuma wahyudi...makasi sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah, semoga bisa cair. Nama saya di buku rekening adalah Khairunnisa. Tapi saat dicek di mobile banking malah tertulis Khairunnisa Khairunnisa. Meski begitu maksudnya tetap sama, yaitu saya. Lagi pula data lain seperti ttl dan nik adalah sama.

      Delete
  6. Ini masalah saya, aturan sebenarnya bagaimana ya....

    ReplyDelete
  7. Sya mau tanya pak.. tdi sya beli e tiket di traveloka, di e tiketnya nama sya M sazili zili sedangkan di ktp M sazili. apakah nanti bermasalah pada saat sya mau boarding pass / penerbangan.? terima kasih bnyak sebelumnya.

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar